Sekolah Dasar : ……………
Tahun Ajaran : 2008 / 2009
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / semester : I (satu) / I
Alokasi waktu : 1 X PERTEMUAN
Standar Kompetensi : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan 1 sampai 20
Kompetensi Dasar : Membilang banyak benda
Indikator :
O Menyebutkan bilangan 1 sampai 5
O Menyebut banyaknya benda
O Membaca dan menulis lambang bilangan
Materi Ajar : Bilangan 1 sampai 5
Metode Pembelajaran :
* Permainan dan Pengamatan
Media Pembelajaran :
* Gambar badan/tubuh manusia dengan keterangannya pada kertas manila
* Potongan-potongan kertas bertuliskan angka 1-5
Langkah Pembelajaran :
- Kegiatan Awal
- Guru membuka pelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam
- Siswa bersama guru menyanyikan lagu (teks asli “Balonku”) sebagai wujud apersepsi.
- Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari hari ini.
- Kegiatan Inti
- Siswa mengamati dan memperhatikan gambar yang ditempelkan guru di depan kelas.
- Siswa menyebutkan bagian-bagian anggota tubuh yang terdapat pada gambar tersebut dan menghitung jumlahnya.
- Siswa menempelkan angka pada bagian-bagian tubuh pada gambar sesuai dengan jumlahnya.
- Siswa memperhatikan urut-urutan bagian-bagian tubuh seperti yang dijelaskan guru dan menghafalnya (1=tangan, 2=mulut, 3=hidung, 4=mata, 5=telinga). Urut-urutan ini berlaku untuk permainan selanjutnya.
- Siswa melakukan permainan pertama “cepat tangkas”. Siswa yang salah disuruh ke depan dan melakukan (membantu) perintah guru.
- Siswa yang maju diberikan kertas yang bertuliskan angka 1 sampai 5. Angka 1 dipegang 1 orang, angka 2 dipegang 2 orang, dan seterusnya sampai angka 5.
- Siswa melakukan permainan kedua “tepuk angka”. Pujian diberikan kepada siswa yang melakukan tepuk angka dengan benar.
- Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah disampaikan dalam bentuk sebuah lagu “Dua Mata Saya” dengan penggubahan yang telah dibuat guru sambil bertepuk tangan.
- Kegiatan Akhir
- Siswa diberikan tugas menghitung perabot rumahnya dan dikerjakan di rumah sebagai tindak lanjut.
- Siswa diberi motivasi dan pujian atas antusiasnya selama pelajaran berlangsung
- Guru memberikan salam penutup tanda berakhirnya pelajaran.
Sumber Belajar : Buku “Dunia Matematika” untuk SD/MI Kelas I (Purnomosidi, S.Pd, Wiyanto, S.Pi., M.Si, Endang Supadminingsih, S.P., M.P), diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Evaluasi :
a. Prosedur Tes
§ Proses (keaktifan)
§ Produk (hasil evaluasi)
b. Jenis Tes
- tes awal diberikan secara lisan (keaktivan)
- tes dalam proses dilaksanakan selama kegiatan pembelajaran
- tes akhir berupa LKS sebagai tindak lanjut (PR)
c. Bentuk Tes
§ Isian jawaban singkat
§ Tanya jawab
§ Keaktivan siswa selama pelajaran
Lampiran :
* Ringkasan Materi
* LKS untuk PR
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...