Hei sobat, ne postingan pertamaku di bulan Mei. Lama banget ne off dari blog. Benar-benar dibuat pusing gara-gara sibuk di penelitian sekaligus rampungkan laporannya. Syukur semuanya berjalan lancar dan tanpa ada hambatan yang berarti. Gelar sarjana sudah hamper di tangan, kini saatnya bersiap menghadapi tantangan baru di dunia kerja. Pada wall facebook beberapa hari yang lalu, aku dikirimi oleh seorang teman sebuah catatan yang kiranya bagus tuk direnungkan. Tidak hanya buat aku sih, bisa juga buat para fresh graduate lainnya. Berikut petikan catatannya;
Ada 6 hal penting yang sering diabaikan para fresh graduate selama menjalani pekerjaan pertamanya. Apa saja?
1. Karena saya bergelar sarjana, saya tak perlu berurusan dengan hal-hal yang remeh. Ini pemikiran yang salah. Kebanyakn fresh graduate justru memulai dari bawah. Apapun gelar Anda, cara terbaik untuk mempelajari bisnis adalah dengan merangkak dari bawah, mengerjakan hal-hal kecil yang dianggap "kurang penting". Tenang saja, jika Anda mengerjakan tugas ini dengan baik, Anda pasti akan diberi tugas yang jauh lebih menantang.
2. Berpikiran sempit
Mahasiswa biasanya sangat idealis. Mereka punya opini pro atau kontra terhadap semua hal, dan memegang teguh pandangannya itu. Sedangkan di tempat kerja, kita dituntut untuk mempertimbangkan semua pilihan, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.
3. Menganggap enteng social media
Para fresh graduate biasanya tidak memikirkan dampak dari isi Facebook dan Twitter mereka terhadap pekerjaan. Bukan hanya bisa merusak imej profesional, menggunakan social media dengan kurang bijak bisa membuat Anda dipecat.
4. Menunda-nunda
Saat kuliah, jika Anda menunda mengerjakan tugas hingga mepet deadline, hanya Anda yang akan dirugikan. Sementara di tempat kerja, jika Anda menunda pekerjaan, pekerjaan orang lain pun akan ikut terganggu. Imej Anda di mata atasan pun akan rusak.
5. Tidak bergaul dengan senior
Memang lebih asyik makan siang dengan rekan-rekan kerja yang seumuran. Tapi jika ingin mendaki tangga karier dengan lebih cepat, Anda juga harus bergaul dengan para senior.
6. Lupa berterima kasih
Sekecil apapun bantuan yang diberikan oleh rekan kerja atau atasan Anda, jangan pernah lupa untuk mengucapkan terima kasih secara tulus. Jika Anda terkesan tidak peduli, mereka akan berpikir dua kali jika harus membantu Anda lagi.
So, silahkan direnungkan ya. Pastinya masih banyak kan hal-hal yang sangat perlu kita perhatikan selaku pendatang baru di dunia kerja? Enam poin penting di atas cukup sebagai referensi bagi kita sebelum terjun ke dunia kerja. Selamat berkarya kawan…
1 comment
wah info yang sangat menarik nih untuk para pekerja profesional menghadapi tantangan dunia kerja di luar sana, oh ya aq ada tips menarik soal dunia kerja disini http://goo.gl/7e1RLF
24 April 2014 at 18:16Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...