REALIABILITAS

02 March, 2010


Keandalan (reliabilitas) merupakan suatu yang dibutuhkan tetapi bukan persyaratan mutlak untuk validitas instrumen. Moss (1996) membuat suatu kasus dimana keandalan bukan suatu yang dibutuhkan dalam penilaian kelas. Dalam penilaian formatif, batasan-batasan atas keandalan ditangani dengan cara yang berbeda meskipun tetap penting untuk dipertimbangkan (Wiliam & Black, 1996). Jika penilaian berlangsung sepanjang waktu, seorang guru dapat mengeluarkan informasi yang menyarankan bahwa suatu penilaian dan keputusan sebelumnya tidaklah mewakili penyelenggaraan.
Para guru bagaimanapun juga, harus tetap terbuka untuk terus menerus menantang dan meninjau ulang untuk menilai kemampuan siswa. Hasil penelitian para ahli menyatakan bahwa para guru seringkali mencari bukti yang menguatkan mengenai kemampuan mereka sendiri (Airasian, 1991) dan tidak mudah untuk memodifikasi keputusan atas prestasi setiap siswa (Goldman, 1996; Rosenbaum, 1980).

Download selengkapnya

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi