PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP SENDI-SENDI KEHIDUPAN BANGSA

21 December, 2008

Disampaikan untuk memenuhi tugas matakuliah Pendidikan Pancasila

PGSD FIP UNY

I. Latar Belakang

Berbicara tentang globalisasi, pikiran kita mengacu kepada kemajun dalam bidang teknologi komunikasi elektronik dan teknologi computer atau informasi. Kedua bidang ini secara otomatis akan mempengaruhi bidang-bidang lain, seperti bidang politik, sosial, pendidikan, ekonomi dan budaya yang diakibatkan oleh luasnya dan cepatnya jaringan komunikasi bekerja. Paduan antara teknologi computer dengan teknologi komunikasi akan semakin terasa dampaknya di seluruh dunia. Kemajuan teknologi ini akan memungkinkan tiap individu memperoleh informasi dari manapun dalam waktu yang amat singkat. Interaksi antar individu juga akan makin meningkat dan melampaui batas-batas negara

Patut disadari pula bahwa globalisasi secara tidak langsung telah membawa kehidupan kita ke arah yang lebih maju. Namun harus disadari pula bahwa sebuah kemajuan secara tidak langsung menimbulkan dampak positif dan dampak negatif.

Globalisasi disatu pihak mememang mempercepat penambahan khasanah pengetahuan kita dan memperkaya kita dengan bahan-bahan pertimbangan yang dibutuhkan dalam mengambil keputusan. Akan tetapi proses globalisasi ini tentu memuat pula kepentingan-kepentingan,nilai-nilai budaya ataupun idiologi-idiologi.Kepentingan-kepentingan tersebut tentunya tidak seluruhnya sejalan dengan kepentingan nasional dan nilai-nilai budaya serta idiologi.

II. Tujuan penulisan

Globalisai telah membawa pengaruh yang sangat mendasar bagi setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai warga negara kita patut memahami dan mengetahui apa dan bagaimanakah globalisai itu, apa pengaruhnya terhadap sendi-sendi kehidupan bangsa dan bagaima sikap pemerintah menghadapi arus globalisasi.

III. Rumusan masalah

Berdasarkan latar belakang dan tujuan penulisan diatas,berikut berbagai permasalahan yang kami anggap penting atau mendasar, yaitu:

  1. Pengertian Globalisasi
  2. Pengaruh globalisasi terhadap sendi-sendi kehidupan bangsa
  3. Bagaimana pemerintah menyikapi globalisasi
bersambung...

1 comment

duh bro mantap bangat ide-ide nya......ntar q tebing bt ngerjain kita-kta

24 July 2009 at 01:10

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi