RPP SIMULASI MATEMATIKA KELAS I SEM 1

17 April, 2009

Sekolah Dasar : ……………

Tahun Ajaran : 2008 / 2009

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas / semester : I (satu) / I

Alokasi waktu : 1 X PERTEMUAN

Standar Kompetensi : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan 1 sampai 20

Kompetensi Dasar : Membilang banyak benda

Indikator :

O Menyebutkan bilangan 1 sampai 5

O Menyebut banyaknya benda

O Membaca dan menulis lambang bilangan

Materi Ajar : Bilangan 1 sampai 5

Metode Pembelajaran :

* Permainan dan Pengamatan

Media Pembelajaran :

* Gambar badan/tubuh manusia dengan keterangannya pada kertas manila

* Potongan-potongan kertas bertuliskan angka 1-5

Langkah Pembelajaran :

  1. Kegiatan Awal

- Guru membuka pelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam

- Siswa bersama guru menyanyikan lagu (teks asli “Balonku”) sebagai wujud apersepsi.

- Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari hari ini.

  1. Kegiatan Inti

- Siswa mengamati dan memperhatikan gambar yang ditempelkan guru di depan kelas.

- Siswa menyebutkan bagian-bagian anggota tubuh yang terdapat pada gambar tersebut dan menghitung jumlahnya.

- Siswa menempelkan angka pada bagian-bagian tubuh pada gambar sesuai dengan jumlahnya.

- Siswa memperhatikan urut-urutan bagian-bagian tubuh seperti yang dijelaskan guru dan menghafalnya (1=tangan, 2=mulut, 3=hidung, 4=mata, 5=telinga). Urut-urutan ini berlaku untuk permainan selanjutnya.

- Siswa melakukan permainan pertama “cepat tangkas”. Siswa yang salah disuruh ke depan dan melakukan (membantu) perintah guru.

- Siswa yang maju diberikan kertas yang bertuliskan angka 1 sampai 5. Angka 1 dipegang 1 orang, angka 2 dipegang 2 orang, dan seterusnya sampai angka 5.

- Siswa melakukan permainan kedua “tepuk angka”. Pujian diberikan kepada siswa yang melakukan tepuk angka dengan benar.

- Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah disampaikan dalam bentuk sebuah lagu “Dua Mata Saya” dengan penggubahan yang telah dibuat guru sambil bertepuk tangan.

  1. Kegiatan Akhir

- Siswa diberikan tugas menghitung perabot rumahnya dan dikerjakan di rumah sebagai tindak lanjut.

- Siswa diberi motivasi dan pujian atas antusiasnya selama pelajaran berlangsung

- Guru memberikan salam penutup tanda berakhirnya pelajaran.

Sumber Belajar : Buku “Dunia Matematika” untuk SD/MI Kelas I (Purnomosidi, S.Pd, Wiyanto, S.Pi., M.Si, Endang Supadminingsih, S.P., M.P), diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Evaluasi :

a. Prosedur Tes

§ Proses (keaktifan)

§ Produk (hasil evaluasi)

b. Jenis Tes

    • tes awal diberikan secara lisan (keaktivan)
    • tes dalam proses dilaksanakan selama kegiatan pembelajaran
    • tes akhir berupa LKS sebagai tindak lanjut (PR)

c. Bentuk Tes

§ Isian jawaban singkat

§ Tanya jawab

§ Keaktivan siswa selama pelajaran

Lampiran :

* Ringkasan Materi

* LKS untuk PR

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi