Ujian Real Pupil Telah Dimulai

05 May, 2009


Dengan mempertimbangkan jadwal ujian sekolah SD dan jadwal kuliah mahasiswa, pelaksanaan ujian Real Pupil akhirnya dipercepat. Jadwal yang semula ditentukan pada minggu ke-3 bulan Mei dimajukan menjadi minggu ke-4 bulan April. Kebijakan ini berani diambil oleh sebagian kelompok KKN-PPL dengan alasan untuk menyesuaikan jadwal sekolah. Disamping itu, microteaching kebetulan juga hampir selesai.

Dari pengakuan beberapa kelompok yang sudah tampil, banyak keluhan yang berkaitan dengan kemampuan guru untuk menguasai kelas. Khusus bagi kelas rendah, suara harus kuat dan kencang. Berkaitan dengan proses pembelajaran, pada dasarnya tergantung kesiapan kita sebagai guru. Jika kita persiapan mengajarnya lebih matang, proses pembelajarannya pun berjalan dengan lancar. Hanya saja akan berbanding terbalik dengan suasana pembelajaran selama microteaching, sebab yang dihadapi sekarang ini benar-benar aslinya anak SD. Kalau yang selama ini dihadapi saat micro adalah anak SD yang “dikondisikan”, wajar jika mudah diarahkan.

Cerita menarik datang dari teman-teman yang berhasil menarik perhatian siswa melalui media yang mereka persiapkan. Para siswa benar-benar terkagum dengan variasi dan kreatifnya media yang ditampilkan guru. Ini membuktikan bahwa guru yang baik adalah guru yang tak henti-hentinya mencari cara agar siswa merasa tertarik dengan pelajarannya. Mudah-mudahan menjadi bahan evaluasi bagi yang sudah tampil, sekaligus pelajaran penting bagi yang belum tampil. Selamat mencoba ya, pak guru...

***

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi