ASESMEN PEMBELAJARAN BERBASIS KTSP

22 Juni, 2010


Pemikiran Dasar
Ditetapkannya UU No. 20 Th. 2003 dan PP No. 19 tahun 2005 membawa implikasi terhadap sistem dan penyelenggaraan pendidikan termasuk pengembangan dan pelaksanaan kurikulum. Kebijakan pemerintah tersebut mengamanatkan kepada setiap satuan pendidikan dasar dan menengah untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
PP No. 19 Th. 2005 Pasal 1 ay.5  menyatakan bahwa KTSP merupakan kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Oleh karena itu Sekolah (guru dan kepala sekolah) dan komite sekolah mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasarkan SKL di bawah supervisi dinas pendidikan kota/kabupaten.
KTSP berorientasi pada ketercapaian kompetensi siswa, baik secara individual maupun klasikal. Proses pembelajaran berdasarkan KTSP menekankan pada: learming to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together (Insyirah/tasamuh). KTSP juga berorientasi pada hasil belajar (learning outcomes), dan keberagaman. Penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan dan metode secara bervariasi .
Bagaimana dengan proses evaluasi pembelajarannya?
Silahkan download selengkapnya…

1 comment

Poskan Komentar

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi