UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN OPERASI PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SD NEGERI CONDONGCATUR SLEMAN YOGYAKARTA

22 Juni, 2010


Oleh: Ferdinandus Husen Pantar
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V B SD Negeri Condongcatur melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru mata pelajaran Matematika kelas V B SD Negeri Condongcatur.
Subjek penelitian adalah siswa kelas V B SD Negeri Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2009/2010. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Siklus pertama terdiri atas 3 kali pertemuan, yaitu pertemuan pertama dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 6 Februari 2010, pertemuan kedua dilaksanakan pada hari Senin tanggal 8 Februari 2010 dan pertemuan ketiga untuk evaluasi dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 10 Februari 2010. Demikian juga pada siklus kedua terdiri atas tiga kali pertemuan, yaitu pertemuan pertama dilaksanakan pada hari Senin tanggal 15 Februari 2010, pertemuan kedua dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 17 Februari 2010 dan pertemuan ketiga untuk evaluasi dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 18 Februari 2010.  Analisis data dalam  penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi serta catatan lapangan.    
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Pendekatan Matematika Realistik dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V B SDN Condongcatur berupa peningkatan nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas semula adalah 43,07, meningkat menjadi 75,30 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 82,46 pada siklus II.


Kata Kunci       : pendekatan matematika realistik, hasil belajar siswa.

Download  selengkapnya...

0 comments

Poskan Komentar

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi