IKMK UNY bedah buku "Menjadi Manusia, belajar dari Aristoteles"

12 June, 2009


Senin, 8 Juni kemaren IKMK UNY kembali menggelar acara penting bertajuk “bedah buku”. Acara yang berlangsung di aula SC lantai 3 ini merupakan bagian dari program Biro Studi kepengurusan IKMK UNY 2009. Bedah buku kali ini mengambil tema, “Menjadi Manusia, belajar dari Aristoteles” karangan Frans Magnis Suseno. Yang menjadi pembicara dalam acara ini adalah Den Baguse Ngarso dan Rm. Mulyatno, Pr. Sementara itu sebagai sponsor utama, Percetakan Kanisius menawarkan buku-buku dengan harga murah.

Sekitar 100 orang peserta yang hadir dalam acara ini berasal dari berbagai kalangan baik mahasiswa maupun dosen, juga dari kampus-kampus sekitar UNY seperti UGM. Mereka sangat antusias selama acara berlangsung, sebab selalu disuguhkan dengan guyonan khas Den Baguse Ngarso yang menggelikan. Antusias peserta juga terlihat saat sesi dialog atau tanya jawab. Salah satu pertanyaan dari peserta adalah mengapa sih kita harus belajar dari sang Aristoteles untuk menjadi manusia yang bahagia?

Pertanyaan kritis seperti ini ditanggapi dengan jawaban reflektif dari pembicara bahwa konsep pemikiran Aristoteles sangat masuk akal. Bahwa manusia akan menjadi bahagia jika dirinya bermoral dan bertanggung jawab. Jelasnya lagi, manusia dengan bermoral bisa tau mana yang harus dilakukan dan mana yang tidak harus dilakukan. Walaupun keseluruhan pembahasan dalam buku tersebut adalah mengandung unsur filsafat, hal tersebut tidak mengurangi niat peserta untuk serius mengikutinya dari awal hingga akhir.

Di akhir acara, panitia membagikan 3 buah buku kepada para peserta yang berani maju untuk menceritakan apa yang telah didapatkannya selama acara berlangsung. Kesempatan ini tidak disia-siakan peserta dan hampir berebutan maju. Selamat buat peserta yang mendapatkan buku secara gratis. Selamat juga buat panitia yang sukses menjalankan acara ini. Semoga acara selanjutnya lebih kreatif lagi.

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi