Pembekalan KKN-PPL II S1 PGSD FIP UNY Sangat Membosankan

27 June, 2009



Masuk sesuai jadwal pukul 08.30 WIB, pembukaan Pembekalan berlangsung datar-datar saja. Bapak Suryadi selaku pembicara pertama pada sesi I menyampaikan materi tentang Mekanisme Pelaksanaan KKN-PPL. Sekitar pukul 10.00 wib, masuk sesi II dengan pembicara Bapak M. Yusup, M.Pd dan membawakan materi tentang Evaluasi KKN-PPL. Dilanjutkan lagi dengan sesi III dengan penyampaian tentang Program KKN-PPL S1 PGSD di SD oleh Bapak Mardjuki, M.Pd.

Terlihat sangat membosankan bukan karena kurang menariknya materi yang disampaikan tetapi reaksi para peserta (mahasiswa) yang tidak terlalu antusias. Hal ini dibuktikan dengan suasana riuh selama penyampaian materi oleh setiap pembicara pada acara tersebut. Mahasiswa lebih tertarik dengan aktivitasnya sendiri termasuk ngobrol dengan teman disampingnya. Maklum, pemilihan waktu pelaksanaan KKN-PPL berdekatan dengan jadwal berkhirnya UAS. Setelah selama kurang lebih 2 minggu bergelut dengan buku dan soal-soal ujian, selang sehari kemudian langsung diberikan materi pembekalan (Sabtu, 28 Juni 2009). Singkatnya otak mereka masih butuh penyegaran (istirahat).

Sampul buku Materi Pembekalan dan Panduan KKN-PPL dirancang oleh Tommy dan Asin (Mahasiswa Kalimantan)

Pada bagian depan buku setelah daftar isi terdapat tulisan TIM PENYUSUN dan salah satunya adalah bagian perancang sampul oleh Tomi Adiantos (buku Panduan KKN-PPL) dan Klaudius Asin (buku Materi Pembekalan).Keduanya adalah Juara I dan II lomba desain sampul Panduan KKN-PPL UNY tahun 2009 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa peserta KKN-PPL se-UNY 2009. Pencapaian prestasi yang sangat membanggakan mengingat keduanya adalah mahasiswa berasrama UPP 1 asal Kab. Melawi dan Kab. Landak - Kalimantan Barat. Sebagai apresiasi atas prestasi ini, mereka berdua dihadiahi sebuah sertifikat serta uang pembinaan sebesar Rp 400.000 (juara I) dan Rp 300.000 (juara II) oleh UPPL UNY.

Saat ditanyakan apa perasaannya ketika melihat hasil karyanya dipakai sebagai sampul buku KKN-PPL, Asin mengatakan kalau dirinya bangga sekaligus tak percaya bahwa desainnya terpilih menjadi yang terbaik. Lebih dari itu, prestasi ini akan memotivasinya untuk memberikan yang terbaik selama KKN-PPL nanti. Tidak heran jika uang hadiah lomba sepenuhnya diserahkan untuk kelancaran program KKN-PPL kelompoknya. Sebuah tindakan yang patut dicontoh. Selamat ya…

***


0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi