UJIAN AKHIR SEMESTER PGSD FIP UNY

12 June, 2009


Masa-masa mendebarkan bagi sebagian mahasiswa UNY dalam beberapa hari ke depan. Mulai Senin, 15 Juni 2009 mereka akan mengadakan ujian akhir semester genap tahun ajaran 2008-2009. Khusus jurusan S1 PGSD, ujian dilaksanakan selama 2 minggu sampai tanggal 25 Juni 2009. Setiap harinya ada satu sampai dua mata kuliah yang diuji.

Kebijakan baru dikeluarkan pihak jurusan dimana untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun belakangan format pelaksanaan ujian sedikit berbeda. Jika selama ini ketentuan soal berdasarkan kesepakatan dosen dan biasanya memakai satu format soal untuk satu angkatan, kali ini kebebasan penuh diberikan setiap dosen untuk masing-masing kelas menyusun soalnya sendiri. Intinya adalah setiap kelas dalam satu angkatan tidak akan mendapatkan soal yang sama. Ada kemungkinan pilihan ini sebagai upaya untuk mengurangi kecurangan selama ujian berlangsung.

Kembali ke pembahasan awal, persoalan menghadapi ujian sebetulnya bukan hal yang baru bagi setiap mahasiswa. Menghadapi ujian semester sudah menjadi menu utamanya sejak dia mengenal bangku sekolah (SD). Tetapi rasa cemas dan kawatir setiap menghadapi ujian selalu menjadi momok yang menakutkan, sehingga tak jarang tensi darah naik drastis.

Bagi sebagian orang yang sudah mempersiapkan secara matang alias belajar sejak awal, hal ini bukan sebuah persoalan besar. Justru mereka dengan tenang menghadapinya. Namun menjadi sebuah petaka besar bagi mereka-mereka yang kurang persiapan, sehingga tak jarang metode SKS menjadi pilihan terakhir. Jika ini yang terjadi, gelar mahasiswa abadi siap dikantongi.

Bagaimana dengan anda? Sudahkah dipersiapkan dengan baik dan matang? Ini adalah pilihan, anda ingin cepat berhasil maka jadilah mahasiswa yang rajin dan tekun belajar. Selamat berjuang, semoga berhasil. Sertakan doa yang tulus kepada Tuhan agar segala usaha anda (belajar) membawa hasil yang memuaskan.

***

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi