Mahasiswa Berasrama Perlu Tinggal di Kost ???

14 July, 2009


Menjelang pelaksanaan KKN-PPL PGSD FIP UNY 2009 muncul kebingungan di kalangan mahasiswanya. Kebingungan ini berasal dari kelompok mahasiswa ikatan dinas dan berasrama UPP 1 dan UPP 2. Berdasarkan lokasi sekolah tempat KKN-PPL 2009, ada beberapa sekolah yang jarak tempuhnya cukup jauh dari lokasi asrama sehingga cukup sulit dijangkau. Atas dasar ini beberapa dari antara mereka mengusulkan ke pihak fakultas untuk memberikan ijin tinggal di sekitar lokasi sekolah.
Sebagai contoh adalah kelompok 3 yang berlokasi di SDN Condong Catur Sleman DIY. Sekolah yang beralamat di jalan kaliurang km. 6,5 ini termasuk sekolah yang berada di luar kota karena berada di luar lingkar ringroad. Jarak yang dibutuhkan sampai ke sekolah ini dari asrama UPP 1 sekitar 30 menit. Sebenarnya tidak masalah jika hanya masuk pada pagi hari saja. Namun karena program KKN kali ini bersamaan dengan pelaksanaan PPL, itu berarti selama satu hari penuh mahasiswa harus beraktivitas di sekolah. Jadi, harus pulang dulu untuk makan siang dan kembali lagi untuk mengerjakan program KKN.
Menanggapi usulan tersebut diatas, Pembantu Dekan III FIP UNY bapak Bambang Saptono, M.Si sebagaimana yang diinformasikan Ketua Asrama UPP 1 mengatakan bahwa sah-sah saja jika anak-anak asrama tinggal di kost. Asalkan seluruh biayanya ditanggung sendiri dan hanya berlaku untuk mahasiswa yang lokasi sekolahnya jauh dari asrama. Demikian juga Pembina Asrama UPP 2 bapak Drs. Afandi yang telah memberikan ijin kepada mahasiswanya untuk tinggal di kost selama KKN-PPL berlangsung. Semuanya dalam rangka membantu mahasiswa dalam kelancaran KKN-PPL nantinya. Sementara itu, Pembina Asrama UPP 1 bapak Deni Hartanto, S.Pd belum sepenuhnya memberikan kepastian akan diijin atau tidaknya para mahasiswa untuk tinggal di kost. Beliau masih meminta pertimbangan dengan pihak fakultas untuk masalah ini.
Jika ijin benar-benar diberikan maka beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh setiap mahasiswa tersebut antara lain berkelakuan baik dengan tetap menjaga nama baik UNY. Pergunakan kesempatan tinggal di kost untuk membantu kelancaran KKN-PPL, bukan untuk bebas tidak terkendali. Menjaga ketertiban lingkungan kost juga harus menjadi perhatian para mahasiswa, selain membangun relasi yang baik dengan warga masyarakat.

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi