Suasana Hutan Mewarnai Ruangan Perpustakaan SDN Condong Catur Sleman DIY

08 Juli, 2009


Salah satu sasaran yang hendak dicapai dalam mendesain ruangan perpustakaan SDN Condong Catur pada awalnya adalah menarik sebanyak mungkin siswa datang membaca di perpustakaan. Sebab dengan banyak membaca pengetahuan siswa akan terus bertambah. Maka didesainlah pada bagian depan perpustakaan dengan gambar-gambar menarik seperti pemandangan dan siswa SD yang sedang baca buku.

Melihat begitu cerahnya warna-warni dinding depan perpustakaan, akhirnya kelompok (KKN-PPL) memutuskan untuk menambahkan gambar lagi pada salah satu sisi dalam dinding. Tujuannya adalah memberikan suasana alamia alias natural saat sedang membaca di dalam perpustakaan. Sehingga digambarlah sebuah pemandangan indah di tengah hutan oleh sang perancang gambar Yulius Agah Setiadi Boncat. Hasilnya sangat indah. Saat kita berada di dalam ruangan, seolah berada di tengah hutan yang rindang, sejuk, indah dan tenang. Tentunya suasana ini membantu konsentrasi orang yang sedang membaca.

Upaya ini juga sebagai bagian dari kampanye Global Warming yang sering diperbincangkan oleh orang-orang dewasa. Isu akan bahaya kerusakan lingkungan perlu ditanamkan juga pada anak sejak dini. Gambaran akan hutan yang indah harus diperkenalkan agar muncul niat dalam hati mereka untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungannya.

Kegiatan diatas merupakan rangkaian aktivitas program KKN kelompok S1 PGSD FIP UNY di SDN Condong Catur Sleman DIY. Memasuki hari keenam pelaksanaan KKN-PPL, hamper 75 persen program berjalan. Penataan dan pengelompokan buku masih terus dilakukan dan pemilahan barang-barang yang masih layak untuk disimpan di dalam perpustakaan. Berikut foto-fotonya: sabar ya... lagi diproses.

***

6 komentar

Poskan Komentar

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi