KONSEP PENGEMBANGAN ICT DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

06 November, 2009

Pendahuluan

Dampak globalisasi mengakibatkan terjadinya persaingan secara bebas dalam dunia pendidikan dan tenaga kerja sebagai akibat mekanisme pasar. Lembaga pendidikan harus menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu memenuhi tuntutan permintaan pasar tenaga kerja yang cenderung berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi. Hanya bangsa yang berkualitas yang akan mampu bersaing. Kualitas suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumberdaya manusia. Kualitas sumberdaya manusia juga ditentukan oleh kualitas pendidikan bangsa tersebut. Kenyataan menunjukan bahwa untuk meningkatkan kualitas pendidikan harus dipenuhi berbagai persyaratan salah satunya adalah memiliki sarana prasarana yang memenuhi standar seperti pemanfaatan ICT dalam pendidikan. Dengan hadirnya ICT dunia pendidikan bisa membawa dampak positif apabila teknologi tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi bisa menjadi masalah baru apabila sekolah tidak siap. Untuk itu, perlu dilakukan suatu kajian tentang dampak positif dan negatif dari pemanfataan Teknologi Komunikasi dan Informasi (ICT) sebagai media komunikasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Perkembangan teknologi komunikasi begitu cepat sehingga berdampak pada berbagai sendi kehidupan manusia.

Dalam memasuki era globalisasi sekarang ini, lembaga pendidikan mempunyai tanggung jawab mempersiapkan dan menghasilkan sumberdaya manusia yang mampu menghadapi semua tantangan perubahan yang ada di sekitarnya yang berjalan sangat cepat. Bahkan sebagai dampak globalisasi mengakibatkan terjadinya persaingan secara bebas dalam dunia pendidikan maupun tenaga kerja. Kondisi tersebut menuntut perlu adanya suatu sistem pendidikan yang bermutu yaitu sistem pendidikan yang mampu menyediakan sumberdaya manusia yang dapat bersaing dalam menghadapi persaingan global. Karena itu pendidikan perlu diarahkan agar mampu menyediakan sumberdaya manusia yang mampu menghadapi tantangan zaman secara efektif sejak usia sekolah dengan memanfaatkan kemajuan terknologi.

Media komunikasi merupakan suatu alat dimana komunikator menggunakannya untuk mengirim pesan kepada komunikan. Dalam pendidikan, media komunikasi biasanya disebut sebagai media pengajaran. Media komunikasi dalam pendidikan merupakan segala bentuk alat dan sumber belajar yang digunakan untuk membantu memperlancar proses belajar mengajar. Sumber belajar meliputi buku-buku, majalah, manusia, perpustakaan, labolatorium dan ICT seperti internet dan lain-lain. Media pendidikan digunakan untuk menyalurkan pesan atau isi pelajaran, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan siswa. Tanpa media pendidikan, efektifitas belajar maupun mutu pendidikan tidak akan tercapai. Demikian pula dengan jika tersedia media pendidikan tetapi kita tidak memiliki kemampuan pemilihan media mana yang paling efektif dan efisien maka efektifitas pembelajaran pun tidak dapat tercapai.

1. Teknologi Informasi dalam pembelajaran

Istilah TI (teknologi informasi) lahir pada abad ke-20 yang diawali tebentuknya masyarakat informasi. Istilah TI yang menggunakan kata informasi, pada dasarnya sangat berkaitan dengan istilah TK (teknologi komunukasi) yang dikenal lebih dahulu. Kita melihat ada komunikasi yang berfungsi menyalurkan informasi, ada teknologi komunikasi yang berfungsi sebagai pengolah informasi dan ada pula teknologi yang berfungsi menyimpan dan mengolah informasi. Fungsinya yang terakhir inilah yang menyebabkan kemudahan ada orang yang menyebutkan teknologi komunikasi sebagai teknologi informasi.

Richard Winer dalam Webster’ss New Word Dictionary and communication disebutkan bahwa teknologi informasi adalah pemrosesan, pengolahan, dan penyebaran data oleh kombinasi computer dan telekomunikasi. Teknologi informasi lebih kepada pengerjaan terhadap data. TI menitik beratkan perhatiannya kepada bagaimana data diolah dan diproses dengan computer dan telekomunikasi.

Dengan demikian semakin jelas istilah TI didasari pengembagnan teknologi pengolahan data. Bila teknologi komunikasi merupakan alat untuk menambah kemampuan orang berkomunikasi, maka teknologi informasi adalah pengerjaan data oleh computer dan telekomunikasi.

Menurut Wawan Wardiana dalam Munir (2008:9) mengemukakan bahwa Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan yang merupakan aspek strategi pengambilan keputusan.

Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sekarang ini memberikan pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Terjadinya perubahan dalam proses pembelajaran, yaitu pembelajaran yang biasanya dilakukan terbatas di ruang kelas dengan jadwal yang telah ditentukan berkembang menjadi pembelajan yang bisa dimanapun dan kapanpun.

Mengintegrasikan TIK ke dalam pembelajaran antara lain meningkatkan kompetensi pengajar dalam mengajar dan meningkatkan mutu belajar peserta didik. TIK yang sifatnya inovatif dapat meningkatkan apa yang dilakukan sekarang, serta apa yang belum kita lakukan tetapi akan dapat dilakukan ketika kita akan mulai menggunakan teknologi informasi komunikasi. Oleh karena itu pengajar hendaknya memanfaatkan seluruh kemampuan dan potensi teknologi untuk meningkatkan pembelajaran, terutama melakukan pembaharuan dalam upaya mengembagkan proses belajar peserta didik.

Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi atau ICT dalam pembelajaran, antara lain dengan:

1. Pengajar dan peserta didik mampu mengakses kepada teknologi informasi dan komunikasi.

2. Pengajar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, karena pengajar berperan sebagai peserta didik yang harus belajar terus menerus sepanjang hayat. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas professional dan kompetensinya.

3. Tersedia materi pembelajaran yang berkualitas dan bermakna (meaning full).

2. Penerapan ICT dalam Pembelajaran

Penggunaan atau penerapan media pembelajaran yang berbasis TIK merupakan hal yang tidak mudah. Dalam menggunakan media tersebut harus memperhatikan beberapa teknik agar media yang dipergunakan itu dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan tidak menyimpang dari tujuan media tersebut. Salah satu contohnya adalah Komputer dan LCD Proyektor.

Penerapan teknologi informasi dan komunikasi atau ICT dalam pendidikan secara umum, dideskripsikan sebagai berikut:

1) ICT sebagai objek pembelajaran yang kebanyakan terorganisir dalam kursus-kursus spesial. Apa yang dipelajari tergantung pada bentuk pendidikan dan level siswa. Pendidikan ini mempersiapkan siswa untuk menggunakan ICT dalam pendidikan, keterampilan masa depan dan dalam kehidupan sosial.

Contoh: microsoft power point

Microsoft power point merupakan program yang seharusnya dikuasai oleh para dosen, mahasiswa, dan para presenter. Microsoft power point sangat mudah dibuat dan sangat efektif digunakan untuk mempresentasikan suatu informasi. Kemampuan persentasi secara baik amat diperlukan dalam era globalisasi.

2) ICT sebagai ”alat bantu (tool)”, yang biasa digunakan ketika membuat tugas-tugas, mengumpulkan data, dan dokumentasi serta melaksanakan penelitian. Umumnya ICT digunakan dalam memecahkan permasalahan secara independen.

Contoh: E-learnig

a. E-learning adalah konvergensi antar belajar dan internet (Bank of America securities).

b. E-learning adalah penggunaan jaringan kerja teknologi untuk mendesain, mengirim, memilih, mengorganisir pembelajaran (Elliut Masie).

c. E-learning adalah pembelajaran yang dapat terjadi di internet (cisco system).

d. E-learning adalah dinamik, beroperasi pada waktu yang nyata, kolaborasi, individu, konprehensif (grek priest).

e. E-learning adalah keseluruhan variasi internet dan teknologi web untuk membuat, mengirim, dan memfasilitasi pembelajaran (Robert Piterson & Piper Jafray).

Pada akhirnya e-learning dapat didefinisikan sebagai upaya menghubungkan pembelajaran antara siswa dengan sumber belajar (data base, pakar/guru, perpustakaan) yang secara fisik terpisah atau bahkan berjalan. Interaktivitas dalam hubungan tersebut dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.

E-learning merupakan merupakan inovasi yang sangat tepat untuk dikembangkan di sekolah saat ini sesuai dengan perkembangan teknologi yang sedemikian pesat, demikian pula dengan perkembangan informasi yang tak kalah pesatnya.

Oleh karena itu, ada beberapa hal agar e-learning (pemanfaatan internet), berjalan optimal:

· Setiap lembaga pendidikan harus memiliki komputer yang dapat diakseskan ke internet (langkah ini perlu difasilitasi oleh pemerintah).

· Setiap lembaga pendidikan harus memiliki jaringan telepon.

· Perlu Diklat yang dapat melatih guru atau pembimbing agar terampil menggunakan komputer.

3) ICT sebagai medium proses pembelajaran, dimana guru dapat mengajar dan murid dapat belajar.

Contoh: Bahan Ajar Berbasis Komputer

Bahan Ajar Berbasis Komputer ialah bahan ajar yang dipaket, disusun, dan diakses dengan komputer. Kemajuan dibidang teknologi informasi dan computer memudahkan para pendidik menyusun bahan-bahan yang akan diajarkan atau yang akan dipelajari siswa. Konsep-konsep penting yang akan diajarkan dapat dipaket secara sistematis baik dari segi logika berpikir maupun konsekuensinya menggunakan kaidah-kaidah belajar dengan bantuan computer. Gambar, skema, dan bagan yang menjelaskan konsep dapat disertakan. Gambar yang menunjukkan proses dapat dibuat dalam bentuk animasi sehinnga bahan ajar menjadi lebih menarik. Dengan bantuan komputer dan asesorisnya, teks, suara, gambar, dan video dapat dipadukan menjadi multimedia yang dapat ditayangkan dengan computer dan dapat pula diakses melalui jaringan komputer internasional atau internet.

Kesimpulan

Pendidikan terus berupaya menyesuaikan dengan perkembangan dan tuntutan global, tak terkecuali pola pendidikan bagi guru. Jadi menurut kelompok, penggunaan ICT dalam pendidikan dapat dijadikan sebagai alternatif untuk penyelenggaraan pendidikan bagi para calon guru dan para guru profesional.

Atas dasar pentingnya bahan pembelajaran berbasis ICT yang dirancang oleh guru bagi peningkatan kualitas pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi dan untuk kepentingan publikasi komunikasi dan informasi lembaga, maka sudah menjadi kebutuhan yang mendesak untuk adanya peningkatan kemampuan para pelaku pendidikan/pelatihan terutama guru untuk memiliki kemampuan dalam merancang multimedia interaktif untuk mengemas berbagai materi-materi pelajaran. Dengan demikian diperlukan adanya kegiatan Pelatihan Pembuatan Multimedia Interaktif berbasis Komputer.

Daftar Pustaka

DR. Munir, M.IT. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunukasi. Bandung: Alfabeta.

Sungkono Dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: UNY Press.

Udin Saefudin Sa’ud, Ph.D. (2008). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

http://syopian.net/blog/?p=861

http://nayzachan.blogspot.com/2009/10/peranan-ict-dalam-pendidikan.html

http://blog.unila.ac.id/effendisanusi/?p=332

Cahyana Ahmadjayadi. 2006. Penerapan dan Pemanfaatan e-Government Dalam Mewujudkan Masyarakat Informasi Indonesia. Bandung: Departemen Komunikasi dan Informatika

25 comments

Anonymous said...

huff Q kire profesor mane yg buat artikel nhi....ternyata...???? hee makaceh

14 January 2010 at 18:10
Anonymous said...

makasih artikelnya,,,bagus banget!!

12 June 2010 at 11:01
Anonymous said...

If you desire to get a good deal from this post then you have to apply such strategies to
your won website.
my web page :: Public Nakedness

11 December 2012 at 13:00
Anonymous said...

Paragraph writing is also a fun, if you be familiar with after
that you can write if not it is complex to write.
Here is my web site : cartoon harry porn potter

13 December 2012 at 02:46
Anonymous said...

I'm not sure why but this site is loading incredibly slow for me. Is anyone else having this problem or is it a issue on my end? I'll check back later on and see if the problem still exists.
Also visit my web-site ; Free Porn - Daily XXX Video Fix of teen porn with naked girls sex movies

14 December 2012 at 04:28
Anonymous said...

May I simply say what a comfort to find somebody who genuinely knows what they are talking
about online. You definitely know how to bring a problem
to light and make it important. More people should check this out and
understand this side of your story. It's surprising you're not more popular because you most
certainly have the gift.
Visit my website - film hermaphrodite in porn

14 December 2012 at 07:17
Anonymous said...

Hi there! Do you use Twitter? I'd like to follow you if that would be ok. I'm absolutely enjoying
your blog and look forward to new updates.
My page: carolyn murphy porn

15 December 2012 at 07:40
Anonymous said...

Hello my family member! I want to say that this article is amazing, great written and come with almost all significant infos.

I'd like to peer extra posts like this .
Feel free to surf my website hookah in Orlando fl

24 December 2012 at 22:16
Anonymous said...

Thanks for the marvelous posting! I definitely
enjoyed reading it, you're a great author.I will be sure to bookmark your blog and may come back later on. I want to encourage you to definitely continue your great job, have a nice evening!
My page :: Oregon mortgage aid

15 January 2013 at 03:39
Anonymous said...

Hi I am so delighted I found your website,
I really found you by accident, while I was browsing on Bing for something
else, Nonetheless I am here now and would just like to say cheers
for a tremendous post and a all round enjoyable blog (I also love
the theme/design), I don't have time to read through it all at the moment but I have bookmarked it and also included your RSS feeds, so when I have time I will be back to read more, Please do keep up the excellent work.
Feel free to surf my website ... nc esc

15 January 2013 at 07:39
Anonymous said...

Hi, i feel that i saw you visited my weblog so i got here
to go back the prefer?.I'm attempting to find issues to enhance my site!I assume its ok to use a few of your ideas!!
Here is my web page - unemployment benefits michigan

15 January 2013 at 14:40
Anonymous said...

bookmarked!!, I like your website!
Feel free to visit my blog Special Effects Photography

15 January 2013 at 20:14
Anonymous said...

Do you have a spam problem on this blog; I also am a blogger, and I was wondering your situation; we have created some nice
procedures and we are looking to swap methods with others, please shoot me an email
if interested.
Also see my web page > Photography Special Effects

21 January 2013 at 17:08
Anonymous said...

Having read this I thought it was really informative. I appreciate you taking the
time and effort to put this content together.
I once again find myself personally spending a lot of time both reading and leaving comments.
But so what, it was still worthwhile!
Have a look at my web blog - Boating & Yachting advertising

26 January 2013 at 08:20
Anonymous said...

Hi there to all, since I am in fact keen of reading this blog's post to be updated daily. It contains good stuff.
Also see my page - DSL Anbieter

12 February 2013 at 18:35
Anonymous said...

I simply couldn't depart your website before suggesting that I extremely loved the standard info a person supply in your guests? Is gonna be again ceaselessly in order to check out new posts
Check out my page ; DSL Anbieter

12 February 2013 at 18:35
Anonymous said...

I will right away grab your rss as I can not to find your email subscription link or newsletter service.
Do you have any? Kindly allow me know so that
I may just subscribe. Thanks.

Feel free to surf to my site: electronic cigarettes

15 February 2013 at 06:29
Anonymous said...

Have you ever considered about adding a little
bit more than just your articles? I mean, what you say is fundamental
and everything. Nevertheless just imagine if you added some great graphics or video clips to
give your posts more, "pop"! Your content is excellent but with images and video clips, this
blog could certainly be one of the best in its niche. Great blog!


Here is my blog - quit smoking tobacco cigarettes

15 February 2013 at 06:29
Anonymous said...

Howdy! I could have sworn I've been to your blog before but after going through a few of the articles I realized it's new to me.
Anyways, I'm definitely happy I came across it and I'll be bookmarking it and checking back often!



Check out my web blog wii u blog

27 February 2013 at 17:01
Anonymous said...

I am really inspired along with your writing talents as well as
with the structure to your blog. Is this a paid theme or did you modify it yourself?
Either way keep up the nice quality writing, it is rare to look a
great weblog like this one nowadays..

Also visit my web site ... Turkey Apartments
My web site :: villas in Avsallar for sale

2 March 2013 at 20:35
Anonymous said...

I was recommended this website by way of my cousin.
I am no longer certain whether or not this submit is written through him as nobody else know such
designated approximately my problem. You are wonderful!
Thank you!

Also visit my homepage - quotes on people who are fake
Also see my web page :: Fingerprint Building in Thailand

5 March 2013 at 04:34
Anonymous said...

Have you ever thought about publishing an ebook or
guest authoring on other sites? I have a blog centered on
the same topics you discuss and would love to have you share some stories/information.
I know my viewers would enjoy your work.
If you are even remotely interested, feel free to shoot me an email.


Also visit my blog post ... facebook quotes

5 March 2013 at 04:58
Anonymous said...

Hello There. I found your blog using msn. This is a really well
written article. I will make sure to bookmark it and come back to read more of your useful information.
Thanks for the post. I will definitely return.

Also visit my blog ... jasa web

7 March 2013 at 06:48
Anonymous said...

I am genuinely thankful to the owner of this website who has shared this fantastic post at here.


Feel free to visit my web blog: http://www.teenpornpost.com/

27 May 2013 at 22:09
Anonymous said...

Hey There. I discovered your blog the usage of msn. This is an extremely smartly written article.

I'll be sure to bookmark it and return to learn more of your helpful information. Thanks for the post. I'll
definitely comeback.

Feel free to surf to my page - zorporno.com

28 May 2013 at 07:27

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi