CERITA LAIN DIBALIK PPL 1 PGSD FIP UNY

09 March, 2009

Oleh: Ferdy H. Pantar

Lain dari biasanya. Malam sebelum keesokkan harinya terjun ke SD, segenap mahasiswa PGSD UPP 1 seolah tersihir oleh kesibukkan banyak hal. Ada yang sibuk menyemir sepatunya. Ada yang asyik menyetrika baju dan celana serta jas almamater sampai-sampai gosong. Ada yang mulai menata rambut seindah mungkin menyerupai guru yang professional, walaupun belum jelas seperti apa sih penampilan guru yang professional tersebut. Banyak aktivitas lain yang sungguh lain dari biasanya. Semua itu dilakukan dalam rangka mewujudkan harapan masyarakat akan sosok seorang guru yang professional.

Pagi harinya, waktu baru menunjukkan pukul 06.00 wib. Hiruk pikuk asrama mulai terdengar. Hempasan air di kamar mandi yang tiada hentinya menandakan kalau calon-calon guru SD ini sedang membersihkan tubuh mereka alias mandi. Selang beberapa waktu kemudian, beberapa mahasiswa mondar-mandir seputar lobi dengan berpakaian hitam putih dilapisi jas kebanggaan kampus. Pada hal acara penyerahan di SD baru terlaksana pada pukul 10.00 wib. Senyum ceria tampak dari raut wajah menggambarkan semangat bakti mereka untuk memberikan yang terbaik bagi sekolah dan para siswa. Kendati baru sekedar penampilan, hal ini telah menunjukkan hasrat yang positif. Rasa solidaritas ditunjukkan dengan usaha membangunkan teman yang masih terlelap tidur. Mereka yang bangun tidur terlambat dikarenakan persiapannya sampai larut malam.

Disambut Dengan Keceriaan Siswa dan Keramahan Kepala Sekolah (kelompok 2: SDN Condong Catur, Sleman)

Memasuki pintu gerbang sekolah langkah kaki seolah teratur. Kewibawaan seorang guru menjadi acuan kami. Satu per satu kami disalami siswa yang kebetulan sedang istirahat. Keramahan dan keceriaan mereka membuat kami tersanjung. Pak Kepala Sekolah sedang menunggu kami di depan pintu kantornya. Dia mempersilahkan kami masuk sambil menunggu kehadiran dosen pembimbing. Tepat pukul 10.00 kami menuju ruangan kelas tempat acara penyerahan berlangsung. Hadir juga beberapa orang guru yang sengaja diminta Kepala Sekolah untuk menyambut kami.

Pertemuan dibuka langsung oleh Kepala Sekolah dengan doa dan ucapan selamat datang di SDN Condong Catur. Selanjutnya dosen pembimbing (Bu Sekar, S.Pd) menjelaskan maksud dan tujuan kehadiran para mahasiswa di SDN Condong Catur. Ibu yang saat ini sedang dalam tahap akhir menyelesaikan studi S2-nya di UNY ini mengharapkan kerjasama pihak sekolah untuk mendampingi dan mengarahkan mahasiswa selama observasi berlangsung. Harapan tersebut diamini oleh bapak Kepala Sekolah yang pada kesempatan itu juga menyampaikan maaf bila selama observasi nanti terdapat hal-hal yang kurang berkenan.

Upacara penyerahan selesai, para mahasiswa langsung dengan tugasnya melakukan observasi. Hari pertama masih pada tahap pengamatan fisik sekolah. Pada hari kedua baru mengadakan pengamatan di dalam kelas. Secara keseluruhan mahasiswa merasa sangat terbantu selama proses observasi. Pihak sekolah SDN Condong Catur khususnya para gurunya sangat ramah dan mudah diajak kerja sama. Hal itu terbukti dengan begitu lancarnya para mahasiswa mendapatkan data-data yang berkaitan dengan kegiatan KKN-PPL nantinya. Semoga semua ini menjadi awal yang baik untuk melanjutkan program KKN-PPL kelompok yang terdiri dari Lukas (S6J), Ferdy (S6J), Suri (S6J), Agah (S6J), Lewi (S6J), Novia (S6A), Nida (S6A), Fida (S6A), Tyas (S6A) dan Suci (S6A). Moga sukses ya Friend…

* * *

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi