CERPE DIEM; Raihlah Kesempatan !

09 March, 2009

By: Ferdy Pantar

Dalam film yang berjudul Dead Poets Society yang kemudian dijadikan nama sebuah club (geng) pada sebuah sekolah (Welton High School), sebuah ungkapan terlontar dari mulut sang guru idola “Cerpe Diem”. Konon, ungkapan ini memacu semangat para siswanya untuk membuka diri dari kungkungan segala bentuk aturan-aturan kaku dan menjenuhkan. Mereka berubah menjadi siswa yang kreatif, penuh imajinasi dan sangat ambisius. Mr. Keating yang adalah sang guru idola mengajarkan kepada siswanya akan pentingnya sebuah “impian” dalam hidup. Dengan impian orang bisa berusaha dan bekerja. Orang yang tidak memiliki impian dalam hidupnya, akan menjadi orang yang paling miskin dari yang termiskin.

Semangat yang ditunjukkan Mr. Keating dalam pengajarannya patut kita cermati. Dengan metode mengajar yang variatif, ia mampu membangun pengetahuan siswanya yang sebetulnya memang sudah ada. Siswa yang suka diam menjadi aktif. Siswa dibuatnya menjadi berani dan mencoba melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Hal tersebutlah yang kiranya menjadi harapan guru masa kini. Kehadiran guru sekiranya mampu mendobrak tembok pengajaran yang masih bersifat klasik. Ketentuan-ketentuan yang sifatnya terikat dan terpaku pada kebijakan-kebijakan pusat (kurikulum) harus diubah dan diganti dengan terobosan-terobosan baru melalui system pengajaran yang kreatif, inovatif dan kontekstual.

Pemutaran film Dead Poets Society di hadapan para mahasiswa Asrama UPP 1 telah memberikan pemahaman sekaligus inspirasi untuk memiliki gambaran akan guru yang ideal masa kini. Sebab bukan jamannya lagi seorang guru mentransferkan ilmunya secara mentah-mentah kepada siswanya, melainkan bagaimana membangun pengetahuan siswa yang sudah ada menjadi sesuatu yang sangat istimewa. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk meraih pengetahuannya sebanyak mungkin dengan daya kreativitasnya adalah sesuatu yang harus diperhatikan oleh seorang pendidik.

* * *

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi