USIA SANG AYAH SAAT MENIKAH MENENTUKAN TINGKAT KECERDASAN ANAK

21 March, 2009

Kaum pria dianjurkan untuk menikah dibawah usia 30 tahun. Sebab anak yang terlahir dari ayah berusia tua memiliki kemampuan berpikir rendah. Pria yang telat menajadi ayah biasanya yang bersangkutan telat menikah. Ada banyak alasan yang menyebabkan seorang pria menunda membina mahligai rumah tangganya, seperti; belum mapan, belum siap mental, belum menemukan pasangan yang pas, dan banyak alasan lainnya lagi.

Selama ini anjuran “jangan telat menikah” sepertinya hanya dicamkan pada kaum wanita. Pada hal, jam biologis ternyata tidak mengenal gender. Apalagi ketika anda menginginkan keturunan berotak brilian, disarankan untuk menikah antara usia 20 – 30 tahun.

Sebuah penelitian terbaru di Amerika Serikat mengungkapkan hal demikian. Dalam laporan itu disebutkan bahwa bayi dan anak-anak yang terlahir dari ayah yang sudah berumur tua memiliki kecerdasan dan kemampuan berpikir lebih rendah dibandingkan teman-teman mereka yang berayahkan pria dewasa muda. Sebuah bukti nyata dari hasil penelitian ini mengungkapkan, anak yang terlahir dari ayah yang berusia 20 tahun memiliki skor tes IQ rata-rata 106, 8 poin. Sementara anak-anak yang terlahir dari ayah yang berusia lebih tua (diatas 30 tahun) memiliki rata-rata skor lebih rendah, yaitu 100, 7 poin.

Uniknya anak-anak yang terlahir dari ibu yang berumur lebih tua ternyata memiliki skor kecerdasan lebih tinggi dibandingkan dengan yang beribukan wanita muda. Hal ini disebabkan karena pada umumnya ibu yang berusia lebih tua memiliki pengalaman yang lebih matangn dan lingkungan perawatan yang lebih baik.

Tentunya penelitian ini bukan menjadi sebuah harga mati untuk menentukan tingkat kecerdasan anak. Ada banyak factor termasuk diantaranya adalah factor genetic dan social ekonomi. Namun kiranya hasil penelitian tersebut diatas menjadi bahan pertimbangan anda (khususnya kaum pria) dalam mengambil keputusan ‘menikah sekarang atau tidak’. Semoga bermanfaat.

* * *

Sumber: SINDO edisi 18 Maret 2009

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi