ANALISIS BUTIR SOAL

02 Maret, 2010


Butir soal yang baik akan diperoleh melalui analisis butir soal seperti tingkat kesulitan dan daya pembeda secara teoritik dan empirik. Untuk melakukan hal tersebut diperlukan pengetahuan yang cukup tentang konsep analisis butir soal, baik secara klasik maupun modern.
Analisis soal pada dasarnya terbagi menjadi dua kategori yaitu analisis soal secara kualitatif dan secara kuantitatif. Fokus dalam bab ini adalah membahas Analisis butir soal secara kuantitatif. Analisis butir soal secara kuantitatif menekankan pada analisis karakteristik internal tes melalui data yang diperoleh secara empirik. Karakteristik internal yang dimaksud meliputi parameter butir soal tingkat kesukaran dan daya pembeda soal.
Analisis tingkat kesukaran soal artinya mengkaji soal-soal tes dari tingkat kesulitannya sehingga diperoleh soal-soal mana yang termasuk mudah, sedang dan sukar. Sedangkan analisis daya pembeda artinya mengkaji soal-soal tes dari segi kesanggupan tes tersebut dalam membedakan siswa yang memiliki kemampuan rendah dengan siswa yang memiliki kemampuan tinggi. 

Download selengkapnya!
Download format powerpointnya!

7 komentar

Poskan Komentar

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi