VALIDITAS

02 March, 2010


Isu tentang validitas mengarah pada apakah alat ukur suatu penilaian mengukur atau mengungkap apa yang hendak diukur? Maka pertanyaan selanjutnya adalah apa yang dimaksudkan dengan mengukur atau mengungkap? Atkin, Black, & cofey (2001) mengatakan bahwa kesahihan memiliki banyak dimensi, termasuk tiga yang akan dibahas di sini, yakni kesahihan isi (content validity), kesahihan konstruk (construct validity), dan kesahihan instruksional (instructional validity).
Kesahihan isi mengacu pada tingkatan dimana suatu peniliti mampu mengukur area isi yang diharapkan. Kesahihan konstruk mengacu pada tingkatan dimana penilaian mengukur konstruk teori atau kemampuan yang diharapkan. Terakhir, suatu penilaian menggambarkan kesahihan instruksional, apabila materi atau isi sepadan dengan apa yang benar-benar diajarkan.
A. Ciri Umum Validitas
Para ahli psikometri telah menetapkan kriteria bagi suatu alat ukur psikologis untuk dapat dinyatakan sebagai alat ukur baik dan mampu memberikan informasi yang sesuai dengan diadakannya suatu pengukuran. Kriteria itu antara lain adalah valid dan reliabel. Sifat valid dan reliabel diperlihatkan oleh tingginya  reliabilitas dan validitas hasil ukur suatu tes. Suatu alat ukur yang tidak reliabel atau tidak valid akan memberikan informasi yang keliru mengenai keadaan subjek atau individu yang dikenai tes itu. Apabila informasi yang keliru itu dengan sadar atau tidak digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pengambilan suatu keputusan, maka keputusan itu tentu bukan merupakan suatu keputusan yang tepat (mengandung bias).
Validitas didefinisikan sebagai ukuran seberapa cermat suatu alat ukur melakukan fungsi ukurnya. Misalnya, tes hanya dapat dilakukan fungsinya dengan cermat kalau ada "sesuatu" yang diukurnya. Jadi, untuk dikatakan valid, tes harus mengukur sesuatu dan melakukannya dengan cermat (Mardapi, 2004). Penekanan definisi tersebut terletak pada seberapa cermat suatu alat ukur melakukan fingsi ukurnya, sehinngga memberikan hasil ukur sesuai dengan yang hendak diukur.

Download Selengkapnya!

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi