RUBRIK PENSKORAN

02 Maret, 2010


A. Pengertian Rubrik Penskoran
Kriteria atau rubrik adalah pedoman penilaian kinerja atau hasil kerja peserta didik. Dengan adanya kriteria, penilaian yang subjektif, tidak adil dapat dihindari atau paling tidak dikurangi, guru menjadi lebih mudah menilai prestasi yang dapat dicapai peserta didik, dan peserta didik pun akan terdorong untuk mencapai prestasi sebaik-baiknya karena kriteria penilaiannya jelas. Rubrik terdiri atas dua hal yang saling berhubungan yaitu skor dan kriteria yang harus dipenuhi untuk mencapai skor itu.
Rubrik merupakan alat evaluasi yang menjelaskan kualitas pekerjaan pada skala kontinum dari sangat baik ke sangat tidak baik atau sebaliknya. Rubrik merupakan seperangkat kriteria dan skala penskoran yang digunakan untuk menilai dan mengevaluasi hasil kerja peserta didik. Sering rubrik dipakai untuk mengidentifikasi level atau peringkat masing-masing kriteria untuk semua level.
Rubrik penskoran merupakan suatu pekerjaan khusus ketika suatu keputusan tentang kualitas diperlukan untuk mengevaluasi aktivitas dan materi pembelajaran. Misalnya, ketika seorang guru bahasa Indonesia ingin mengevaluasi karangan siswa dalam suatu topik, maka diperlukan rubrik penskoran. Keputusan mengenai kualitas karangan siswa bergantung pada kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing evaluator. Ada evaluator yang menekankan pada struktur bahasa, evaluator lainnya mungkin lebih tertarik dengan argumen persuasif yang ditampilkan. Untuk menghindari subjektivitas evaluator, maka perlu didefinisikan kriteria penilaian dalam bentuk rubrik penskoran.

Download selengkapnya!
Download format Powerpointnya!

3 komentar

Poskan Komentar

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi