PENILAIAN KINERJA

02 March, 2010


Penggunaan penilaian dengan pendekatan konvensional seperti tes tertulis (essay) dan pilihan ganda, belum dapat memberikan gambaran secara komprehensip mengenai kemampuan individu peserta didik. Oleh sebab itu, penilaian kinerja menjadi alternatif  untuk mngungkap secara utuh kemampuan individu tersebut dan sangat cocok diterapkan dalam penilaian kelas.

A. Penilaian Kinerja
                Penilaian kerja diartikan sebagai suatu proses pengumpulan data dengan cara pengamatan yang sistematik untuk membuat keputusan tentang individu yang diamatai. Dalam penilaian kinerja ada lima elemen utama yang tersirat dan tersurat pada defenisi tersebut, yaitu proses, pengumpulan data, pengamatan sistematik, intergrasi data, dan keputusan individu.
                Penilaian kinerja sangat terkait dengan teori belajar sebagai landasan psikologinya. Teori belajar fleksibilitas kognitif dari R. Spiro (Zainul, 2001) menegaskan bahwa belajar pada dasarnya merupakan sesuatu yang kompleks dan tidak terstruktur. Artinya bahwa proses belajar tidak pernah berakhir, ada proses adaptasi, dan selalu berubah. Oleh karenanya, penilaian dibutuhkan untuk menyertai seluruh kegiatan belajar dan pembelajaran.

Download selengkapnya!
Download format Powerpointnya!

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi