PENILAIAN DIRI SISWA

02 March, 2010


Penilaian diri dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab pada diri siswa karena penilai yang tahu persis tentang diri siswa adalah siswa sendiri dan siswa menjadi penilai yang terbaik atas hasil pekerjaannya sendiri.
Selama ini penilaian keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran pada umumnya dilakukan oleh guru, sedangkan siswa menjadi obyek penilaian. Sehingga informasi yang diperoleh belum menunjukkan gambaran yang sesungguhnya tentang siswa. Sebagai contoh, seorang guru memberi nilai rendah pada siswanya yang suka mengganggu temannya pada saat guru mengajar. Disini guru memberikan keputusan bukan berdasarkan kemampuan siswa itu sendiri, tetapi hanya berdasarkan perilaku siswa yang dilihat guru secara kasat mata saja, padahal guru belum mengetahui secara jelas apa atau mengapa siswa tersebut menggangu temannya.
David Boud  (1995), menulis tentang penilaian diri pada pendidikan tinggi yang membuat banyak batas yang relevan untuk sekolah, guru dan murid. Dia mulai dengan mengindikasikan sifat alami radikal yang sungguh potensial tentang isu penilaian diri. “Penilaian diri, biasanya dilukiskan sebagai teknik untuk meningkatkan pembelajaran, yang lebih transformatif, sukar dipahami dan bertolak belakang dengan pengajaran konvensional dibanding dengan biasanya yang lebih mudah untuk dikenali”.
            Dalam bab ini, guru berusaha melatih siswanya menggunakan penilaian diri.  Proses penilaian diri membantu mereka berpikir tentang cara belajar mereka sendiri dan memahaminya dengan baik.

 Download selengkapnya! 
Download format Powerpointnya!

4 comments

Fauzi Bhustomi said...

saya sangat tertarik dengan Penilain Diri Siswa Ini, Tolong Kirimkan Filenya ke Email Sya fauzibhustomi@yahoo.com

soalnya saya mencoba untuk mendownloadnya tetapi filnya tidak ditemukan.
trimakasih sebelumnya.

8 October 2010 at 10:16
Anonymous said...

Tidak bisa di download ya pak...?
klo berkenan tolong kirim dong ke email saya peabang_theeye@yahoo.com

terima kasih sebelumya,..
Nice post..

21 September 2011 at 12:13
Anonymous said...

aku juga mau donk dikirimin ke emailku.
endangp90@ymail.com
maksih pak

22 November 2011 at 19:32
Anonymous said...

Sayang tidak bisa di download pak...?
kalau berkenan tolong saya dikirim ke email saya herlinasulistiani@gmail.com

terima kasih banyak atas bantuannya.

28 January 2012 at 17:23

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi