ASRAMA MAHASISWA UPP 1

04 February, 2009

Asramanya Para Pemuda Harapan Bangsa

Oleh: Ferdy H. Pantar


Demikianlah ungkapan yang pertama kali keluar dari mulut bapak Deni Hardianto selaku pengelola baru Asrama Mahasiswa UPP 1 FIP UNY. Ungkapan tersebut disampaikan dalam pertemuan perdana dengan para mahasiswa UPP 1 di ruang pertemuan asrama hari Jumat tanggal 30 Januari 2009. Ditemani oleh ibu Unik Ambarwati yang tak lain adalah istrinya, mereka berdua akan bersama-sama para mahasiswa membangun kembali suasana asrama menjadi yang lebih baik. Ungkapan di atas sangat tidak berlebihan. Mengingat segenap mahasiswa ini adalah utusan dan pilihan masing-masing daerah, maka selayaknyalah mereka dibimbing dan diarah untuk menjadi pribadi yang berkualitas.

Dalam sambutannya beliau dan istrinya berusaha menjadikan asrama sebagai sebuah keluarga. Rasa saling percaya dan saling memahami akan mewarnai seluruh kehidupan di asrama nantinya. Ada sesuatu yang harus ditumbuhkan dalam asrama ini dan itu pasti bisa dilakukan jika kita berkomitmen sejak awal, ungkap bapak satu anak ini. Sebab dari pantauan saya di antara para mahasiswa ini terdapat pribadi-pribadi yang penuh prestasi, lanjutnya. Tujuan diadakannya pertemuan tersebut selain sebagai perkenalan juga sebagai ajang tukar informasi. Sebab banyak informasi yang diterima selama ini hanya dari orang-orang di luar asrama saja dan dirasa tidak adil jika belum mendengar langsung dari para mahasiswa sendiri.

Setelah mendengar beberapa informasi dari sebagian perwakilan mahasiswa termasuk ketua asrama, mantan Ketua BEM FIP UNY ini langsung mengambil kesimpulan bahwa sejujurnya permasalahan mendasar dari semua itu adalah KOMUNIKASI. Antara mahasiswa dan pengelola asrama harus terjalin komunikasi yang baik, bukan malah sebaliknya. Jika komunikasi terjaga dengan baik maka segala permasalahan dapat diatasi dengan baik tanpa ada yang disalahkan. Upaya baik ini mendapat sambutan baik dari segenap warga asrama UPP 1 FIP UNY. Berikut beberapa tawaran program kerja untuk dilaksanakan selama hari-hari kedepan;

1. Pengembangan Akademik:

a. Diskusi/debat/workshop

b. Bedah buku

c. Bedah atau nonton film

2. Pengembangan Bakat-Minat:

a. Olah raga

b. Kesenian (musik, tari, lukis)

c. Kerohanian

3. Pengembangan Soft-Skill:

a. Out Boand

b. Latiahan Kepemimpinan

c. Latihan Kewirausahaan

d. Pelatihan Komputer

Program-program tersebut di atas akan dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan bersama dan akan disesuaikan waktunya.

Semoga program-program ini bermanfaat dan dapat mengembangkan kepribadian mahasiswa baik segi akademik, bakat-minat, maupun kemampuan interaksinya dengan sesama. Namun perlu diperhatikan juga bahwa semuanya akan sia-sia jika tanpa ada kebersamaan dan niat dari masing-masing individu untuk mau berkembang. Selamat Datang bapak-ibu Pengelola Asrama Baru. Selamat menjalankan tugasnya dan Selamat bergabung dalam Keluarga Besar Asrama Mahasiswa PGSD UPP 1 FIP UNY. Semoga segala sesuatu yang kita harapkan bersama dapat tercapai sesuai dengan harapan kita bersama.


* * *

3 comments

Anonymous said...

wah, bu suyatinah diganti ya.
akhirnya tergoyahkan jg posisinya di asrama upp 1.
thanks ya bu ats binaannya selama ini.
bwt pak dheni dan bu unik, mat tgas aja.
moga asrama upp 1 bs jadi t4 tk berkreasi bagi para penghuninya.

6 February 2009 at 01:47
Anonymous said...

berapa orang sih anak melawi di asrama upp 1?
trus ada gx forum t4 berkumpulnya ank2 melawi di jogja,

6 February 2009 at 20:18
Anonymous said...

bagaimana mau jadi harapan bangsa sedangkan bea siswa yang biasanya per bulan dapat 700 disunat menjadi 200. tapi keyakinan menjadi sangat mulia dengan tugas seorang guru mendidik anak bangsa walau dengan imbalan yang amat masih menyiksa ialah pahlawan tanpa tanda jasa. kami cukup bersyukur walau pun dalam keadaa..........an yang kurang memungkinkan masih dapat melihat dan merasakan kebijakan yang kurang adil ini dari ATASAN kami.

11 March 2009 at 14:56

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi