Pelajar Melawi Dihantui Narkoba

11 February, 2009

Melawi,- Peredaran Narkoba dan Miras terus menyebar luas bukan saja dalam kota namun sudah masuk ke pehuluan dan pedalaman. Kabar menyedihkan Narkoba dan Miras diindikasikan sudah merambah di kalangan pelajar. Karenanya masyarakat berharap agar peredaran Narkoba dan Miras diawasi denga ketat.


Menurut Kusmas Hadi Saputra-ketua 1 Ikatan pelajar Mahasiswa Kabupaten Melawi (IPMKM)- kondisi tersebut akan membawa dampak negatif bagi kelangsungan perjalanan hidup remaja. "Karena di usia yang masih belia sudah diracuni Narkoba yang merupakan musuh utama bagi Negara kita dan generasi penerus, terutama di wilayah kecamatan Tanah Pinoh."

Bila hal itu tak segera diatasi, menurutnya, dikhawatirkan akan terus bertambah banyak korban Narkoba. Dan Narkoba yang lagi ngetren saat ini jenis ineks (pil Ekstasi-red). "Bila generasi muda, terutama pelajar, sudah mulai masuk Narkoba, kondisi itu cukup gawat," katanya.

Menurutnya di usianya yang belasan tahun para remaja cenderung ingin tahunya lebih kuat ketimbangan lainnya. "Tapi tak mampu memfilter (menyaring-red), maka benda haram itu terus merambah mereka sampai membuat ketagihan."

Melihat kondisi itu, lanjutnya, diminta pihak terkait segera mengambil langkah, terutama untuk mengatasi peredaran Narkoba dan Miras bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah. "Karena dalam perjalanan mereka, memang diharapkan untuk dapatkan ilmu bukan menyesatkan."

Untuk mengatasi hal ini, kata Dia, semua komponen yang ada harus ikut serta terutama pihak penegak hukum (kepolisian) serta para orang tua. Kemudian untuk di sekolah-sekolah memang diperlukan sosialisasi mengenai bahayanya Narkoba. Apalagi sekarang ini, kondisi demikian mengancam mereka. Diminta pada para pelajar itu sendiri untuk segera menjauhi Narkoba. "Karena Narkoba itu bukan membuat hidup bahagia malahan akan menghancurkan diri sendiri." (bd)

<>

1 comment

Anonymous said...

jika kenyataan narkoba sudah merambah ke pelajar melawi terus dibiarkan, maka dapat dibayangkan buruknya masa depan generasi penerus bangsa. sekiranya semua jajaran baik pemerintah maupun sekolah dan orang tua perlu mengambil langkah. secara khusus bagi para orang tua untuk mengontrol anaknya secara intensif. peran guru di sekolah juga sangat diperlukan. siswa harus terus dikenalkan dengan bahaya narkoba. bila perlu diadakan seminar khusus tentang narkoba. hal ini akan sangat membantu mengurangi keterlibatan para siswa dalam mengkonsumsi narkoba. semoga......

16 February 2009 at 20:26

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi