Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Diri Sendiri
Subtema : Merawat Tubuh
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Bahasa Indonesia | 3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat 3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar | 3.1.1 Membaca suku kata dengan lafal yang jelas 3.2.1 Membaca kalimat sederhana dengan lafal yang jelas 4.3.1 Menuliskan huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf lepas dan tegak bersambung |
2. | Matematika | 1.2 Mengurutkan banyak benda 1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 2 1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahandan pengurangan sampai 20 | 1.2.6 Membilang loncat 2, 3, 4, atau 5 1.2.7 Melengkapi urutan bilangan 1.3.1 Menjumlahkan 2 kumpulan benda 1.3.2 Menjumlahkan 2 bilangan 1 angka 1.4.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan |
3 | Ilmu Pengetahuan Alam | 1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya 1.3 Membiasakan hidup sehat | 1.1.2 Menjelaskan kegunaan anggota tubuh 1.1.3 Menggosok gigi dengan benar 1.1.4 Menjelaskan cara merawat anggota tubuh 1.3.10 Menerapkan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari |
4 | Seni Budaya dan Keterampilan | 2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif 4.5 Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal 11.1 Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat | 2.1.2 Menggambar wajah diri sendiri 4.5.1 Menyanyikan salah satu lagu anak-anak secara individu di depan kelas 11.1.1 Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya |
5 | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 5.1 Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit 12.1 Menjaga kebersihan gigi dan mulut | 5.1.1 Menjelaskan cara menjaga kesehatan tubuh 5.1.2 Menjelaskan cara merawat kesehatan tubuh 12.1.1 Mempraktikkan cara menggosok gigi |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan: 1. Bermain loncat-loncatan di halaman sekolah. 2. Menjelaskan pengertian meloncat. Inti 3. Membilang loncat 2,3,dan 4. 4. Melengkapi urutabn bilangan loncat. Penutup 5. Menyanyikan kembali lagu Satu, Dua, Tiga, Empat ciptaan Pak Kasur. | 50 menit 60 menit 45 menit 20 menit | Teknik permainan. Lambang bilangan loncat. Garis bilangan. Teks lagu Satu,Dua, Tiga, Empat. | |
II. | Pembukaan: 1. Mendengarkan cerita yang berjudul Belajar Bersama. Inti 2. Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan penjumlahan 2 bilangan 1 angka. 3. Menjumlahkan 2 kumpulan benda. 4. Menjumlahkan 2 bilangan 1 angka dengan cara bersusun. Penutup 5. Menyanyikan lagu yang berjudul Tanganku Ada Dua ciptaan Pak Kasur. | 20 menit 50 menit 35 menit 35 menit 35 menit | Naskah cerita Belajar Bersama. Benda-benda di dalam kelas. Gambar-gambar benda. Teks lagu Tanganku Ada Dua | |
III. | Pembukaan: 1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Tanganju Ada Dua ciptaan Pak Kasur. 2. Bertanya jawab tentang isi lagu. Inti 3. Menjelaskan fungsi anggota tubuh dengan praktik langsung. 4. Memasangkan gambar anggota tubuh sesuai kegunaannya. 5. Menjelaskan cara merawat anggota tubuh. 6. Menjelaskan akibat tidak merawat tubuh. 7. Menyebutkan alat-alat yang digunakan untuk merawat tubuh dengan cara memasangkan gambar. Penutup 8. Mendengarkan cerita yang berjudul Bau Mulut. | 15 menit 35 menit 25 menit 30 menit 30 menit 25 menit 15 menit | Teks lagu Tanganku Ada Dua. Anggota tubuh. Gambar-gambar anggota tubuh. Alat-alat kebersihan ( sabun,sampho, sikatgigi, sisir, contton bud, pemotong kuku dll.) Cerita Bau Mulut. | |
IV. | Pembukaan: 1. Bermain pantomim merawat tubuh bersama kelompoknya. Inti 2. Menjelaskan cara menjaga kesehatan tubuh dengan menjawab pertanyaan berdasarkan gambar. 3. Menjelaskan akibat tidak menjaga kesehatan dengan memasangkan gambar 4. Praktik menggosok gigi Penutup 5. Melengkapi gambar wajah. | 25 menit 45 menit 15 menit 55 menit 35 menit | Teknik permainan. Gambar-gambar anak menjaga kesehatan dan anak tidak menjaga kesehatan tubuh. Sikat gigi, odol, gelas/gayung, air bersih. Gambar sketsa wajah. | |
V. | Pembukaan: 1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Tangnku Ada Dua ciptaan Pak Kasur. Inti 2. Mengamati gambar anggota tubuh. 3. Menirukan kata-kata yang di baca guru. 4. Membaca suku kata, kata, dan kalimat sederhana penekanan huruf s, k, g, t. 5. Menulis hurus, suku kata, kata, dan kalimat sedehana dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung. Penutup 6. Menyanyikan lagu Bangun Tidur. | 10 menit 10 menit 30 menit 40 menit 70 menit 15 menit | Teks lagu Tanganku Ada Dua. Gambar-gambar anggota tubuh. Kartu huruf, suku kata, kata dan kalimat. Teks lagu Bangu Tidur. |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Bahasa Indonesia | Tertulis Kinerja | Isian singkat/ Melengkapi kalimat Uraian terbatas Skala Penilaian | Soal terlampir Format Penilaian |
2. | Matematika | Tertulis | Isian singkat/ melengkapi kalimat | Soal terlampir |
3. | Ilmu Pengetahuan Alam | Tertulis Kinerja | Pilihan ganda Isian Singkat Uraian terbatas Skala Penilaian | Soal terlampir Format Penilaian |
4. | Seni Budaya dan Ketrampilan | Produk Kinerja | Analitik Skala Penilaian | Format Penilaian |
5. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | Kinerja | Skala Penilaan | Format Penilaian |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Membaca kalimat sederhana dengan lafal yang jelas
No | Nama Siswa | Aspek penilaian | Nilai akhir | ||
Lafal | Intonasi | Kebenaran | |||
Mata Pelajaran : IPA
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Menggosok gigi dengan benar
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | |||
Kelengkapan alat | Kebenaran | Kebersihan | Kebenaran | ||
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Menyanyikan salah satu lagu anak-anak secara individu di depan kelas
Mrngindentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Keberanian | ekspresi | vokal | |||
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Produk
Indikator : Menggambar wajah diri sendiri
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Kerapian | Komposisi warna | Kesesuaian | |||
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...