RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Diri Sendiri (sub tema: Pengalamanku)

02 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 19/Pengalaman/I/ 2/ ... - ...

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Pengalaman
Subtema : Pengalamanku

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

3.1 Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar, dengan gembira dan didengar pendapatnya

3.1.1 Menceritakan pengalaman saat bermain di rumah

3.1.2 Menceritakan pengalaman saat belajar di rumah

3.1.3 Menceritakan pengalaman saat mengajukan pendapat

3.1.4 Menyebutkan contoh hak anak di rumah

2.

Bahasa Indonesia

6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti

6.2Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai

7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat

8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

6.1.2 Menceritakan isi gambar tunggal tentang peristiwa menyedihkan

6.1.3 Menceritakan isi gambar seri sesuai urutan

6.2.1 Membaca percakapan sederhana secara berpasangan

7.1.1 Membaca teks dengan lancar dan intonasi yang tepat

8.1.1 Menuliskan kalimat sederhana dengan ejaan yang benar

.

3.

Matematika

4.1 Membilang banyak

benda

4.2 Mengurutkan banyak

benda

4.1.1 Membilang dan menyebutkan banyak benda

4.1.2 Membaca lambang bilangan

4.1.3 Menulis lambang bilangan

4.2.1 Membandingkan banyak benda

4.2.2 Mengurutkan lambang bilangan dari yang terbesar atau terkecil

4.2.3 Melengkapi urutan bilangan

4.2.4 Membilang loncat

4.

Ilmu Pengetahuan Sosial

1.2 Menceritakan pengalaman diri

1.2.1 Menyebutkan pengalaman dirinya yang menyenangkan

1.2.2 Menceritakan pengalaman dirinya yang menyenangkan

1.2.3 Menyebutkan pengalaman dirinya yang menyedihkan

1.2.4 Menceritakan pengalaman dirinya yang menyedihkan

5.

Seni Budaya dan Ketrampilan

7.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar

8.2 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel

7.1.1 Menyebutkan warna benda di alam sekitar sesuai aslinya

8.2.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni dengan teknik melipat, menggunting, dan menempel

6.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

9.2 Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti bunyi-bunyian secara individu, serta nilai estetika

9.2.1 Melakukan permainan tanpa alat dengan mengikuti bunyi-bunyian secara berkelompok

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana Sumber

Catatan Guru

I.

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Sekolah Saya Sekolah Dasar ciptaan Ibu Sud.

Inti

2. Membaca Nyaring bacaan yang berjudul Sekolah Darurat.

3. Melengkapi kalimat berdasarkan bacaan.

4. Menceritakan gambar seri tentang hak anak sebagai korban bencana tanah longsor.
Menuliskan hak-hak anak di rumah.

5. Menyusun kata menjadi kalimat.

Penutup

6. Melakukan permainan “Gembala Kehilangan kambing.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu yang berjudul Sekolah Saya Sekolah Dasar. Buku Tematik 1Ehalaman 40.

Teks bacaan yang berjudul Sekolah Darurat.

Gambar seri.

Buku Tematik 1E halaman 40-43.

Teknik Permainan.

Buku Tematik 1E halaman 44.

II.

Pembukaan

1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Sekolah Saya Sekolah Dasar ciptaan Ibu Sud.

Inti

2. Menceritakan gambar tunggal dengan melengkapi kalimat sesuai gambar.

3. Bercerita pengalaman yang menyenangkan dan pengalaman yang menyedihkan.
Menuliskan contoh-contoh pengalaman menyenangkan dan menyedihkan.

4. Membuat kalimat dengan kata-kata yang telah ditentukan.

Penutup

5. Mewarnai gambar tentang pemandangan alam.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu yang berjudul Sekolah Saya Sekolah Dasar. Buku Tematik 1E halaman 45

Gambar-gambar.

Buku Tematik 1E halaman 46-49.

Gambar sketsa pemandangan alam. Buku Tematik 1E halaman 50.

III

Pembukaan

1. Melakukan permainan tentang Meneruskan Kabar.

Inti

2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul mengumpulkan sumbangan.

3. Menjawab pertanyaan bacaan secara lengkap.

4. Menghitung banyak benda bilangan paling besar 100.
Menghitung banyak gambar.

5. Membaca lambang bilangan 1-100

6. Menuliskan lambang bilangan dan nama bilangan. 1-100.

Penutup

7. Membuat lampion dari kertas lipat dengan teknik meronce.

35 menit

105 menit

35 menit

Teknik Permainan “Meneruskan Kabar. Buku Tematik 1E halaman 51.

Teks bacaan dari Buku Tematik 1E halaman 52.

Benda-benda di kelas.
gambar-gambar.

Buku Tematik 1E halaman53-57.

Teknik membuat lampion. Kertas lipat, lem, gunting.

Buku Tematik 1E halaman57-58.

IV

Pembukaan

1. Melakukan olahraga “Bola Keranjang”.

Inti

2. Membaca Percakapan.

3. menjawab pertanyaan sesuai isi percakapan.

4. Melengkapi kalimat dengan kata yang berlawanan artinya.

5. membandingkan banyak benda dengan istilah lebih banyak daripada dan lebih sedikit daripada.

Penutup

6. Mendengarkan cerita yang berjudul Tak Mau Iseng lagi.

35 menit

105 menit

35 menit

Bola dan keranjang. Buku Tematik 1E halaman 58.

Teks percakapan.

Buku Tematik 1E halaman 59

Benda-benda di kelas.

Buku Tematik 1E halaman 60-62.

Cerita yang berjudul Tak Mau Iseng Lagi

Buku Tematik 1E halaman 62-65.

V.

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Satu Dua Tiga dan Empat ciptaan Pak Kasur.

Inti

2. Membacanyaring “Mengelompokkan Sumbangan.

3. melengkapikalimat berdasarkan bacaan.

4. bermain kartu bilangan.

5. Melengkapi urutan bilangan dari yang kecil fdan yang besar dan sebaliknya.

6. Mengurutkan bilangan dari yang terkecil sampai ter besar dan sebaliknya.

7. Melengkapi urutan bilangan loncat.

Penutup

8. Bermain bersama “ Berjalan di Atas Papan”.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu “ Satu Dua Tiga dan Empat. Buku Tematik 1E halaman 66.

Teks bacaan

Buku Tematik 1E halaman 67.

Kartu bilangan.

Buku Tematik 1E halaman 67-71.

Papan atau kertas karton.

Teknik permainan. Buku Tematik 1E halaman71-72.

III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

2.

Bahasa Indonesia

3.

Matematika

4.

Ilmu Pengetahuan Sosial

5.

Seni Budaya dan Ketrampilan

6.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

...................., .................... 20...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas I

________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi