Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 24/Energi/I/ 2/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Energi
Subtema : Energi Pegas
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Bahasa Indonesia | 6.2 Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai 7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat 8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung | 6.2.1 Membaca percakapan sederhana secara berpasangan 6.2.2 Memerankan percakapan secara berpasangan 7.1.1 Membaca teks dengan lancar dan intonasi yang tepat 8.1.1 Menuliskan kalimat sederhana dengan ejaan yang benar 8.1.3 Menulis kalimat dengan tegak bersambung dan ejaan yang benar 8.1.4 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung |
2. | Matematika | 4.3 Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan 4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan 2 angka | 4.3.3 Menuliskan bentuk panjang suatu bilangan berdasarkan nilai tempatnya 4.4.1 Menjumlahkan 2 bilangan 2 angka |
3. | Ilmu Pengetahuan Alam | 4.2 Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (baterai, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet) | 4.2.3 Mendata alat-alat yang digerakkan oleh tenaga manusia 4.2.4 Mendata mainan/alat yang menggunakan energi pegas/per |
4. | Ilmu Pengetahuan Sosial | 2.2 Mendeskripsikan letak rumah | 2.2.1 Menyebutkan ruangan-ruangan di dalam rumah 2.2.1 Menyebutkan benda-benda yang ada dalam setiap ruangan |
5. | Seni Budaya dan Keterampilan | 11.2 Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah 12.3 Mengekspresikan diri melalui gerakan sendiri | 11.2.1 Menampilkan gerak tari sesuai iringan lagu 12.3.1 Memeragakan tarian pendek secara individu |
6. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 7.1 Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam posisi diam | 7.1.1 Melakukan sikap baris berbaris di tempat |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Layang Layang. Inti 2. Mewarnai gambar bermacam-macam alat permainan yang dapat dibuat sendiri. 3. Bercerita kepada teman cara membuat mainan itu. 4. Menjelaskan keuntungan membuat mainan sendiri. 5. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Ingin Membuat Ketapel. 6. Menjawab pertanyaan bacaan secara lengkao. 7. Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung dengan menggunakan huruf besar yang tepat. Penutup 8. Bermain bersama di halaman. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Layang Layang”. Bermacam-macam alat permainan dan gambar. Teks bacaan “Ingin Membuat Ketapel”. Karet gelang Teknik Permainan. Buku Tematik 1 F Grasindo halaman38-42. | |
II. | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Jam Dinding. Inti 2. Mengamati benda-benda yang menggunakan per atau pegas. 3. Menunjukkan bagian dari benda-benda tersebut yang disebut per atau pegas. 4. Menjelaskan akibat bila benda-benda tersebut per atau pegasnya di lepas. 5. Menyempurnakan kalimat dengan kata yang sesuai. Penutup 6. Mendengarkan ceritayang berjudul Saat Jam Istana Mogok. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu”Jam Dinding” Jam beker, bolpoin, ketapel, dan gambar-gambar benda yang menggunakan per atau pegas. Buku Tematik 1 F Grasindo halaman43-46. Cerita Saat jam Istana Mogok. Buku Tematik 1 F Grasindo halaman46-49. | |
III | Pembukaan 1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Jam Dinding. Inti 2. Membaca Percakapan. 3. Memerankan percakapan secara berpasangan di depan kelas. 4. Membuat kalimat dengan kata. 5. Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat. 6. Menuliskan kembali kalimat yang didiktekan guru. Penutup 7. Mendengarkan cerita yang berjudul jangan Tunda samapi Besok Apa yang Bisa kau Lakukan Hari Ini. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu”Jam Dinding” Teks percakapan Buku Tematik 1 F Grasindo halaman 49-51. Cerita ”Besok Apa yang Bisa kau Lakukan Hari Ini”. Buku Tematik 1 F Grasindo halaman 52-53. | |
IV | Pembukaan 1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Jam Dinding. Inti 2. Menyebutkan benda-benda di sekitar yang menggunkan pegas. 3. Menuliskan bentuk panjang suatu bilangan. 4. Menggambarkan bilangan dengan ikatan lidi. Penutup 5. Memperagakan gerakan di depan kelas sambil menyanyi. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu”Jam Dinding Gambar benda-benda yang menggunakan pegas. Lidi, karet. Buku Tematik 1 F Grasindo halaman54-56. | |
V. | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Tidurlah ciptaan A.T. Mahmud. Inti. 2. Membaca percakapan. 3. Menjawab pertanyaan sesuai isi percakapan. 4. Menyebutkan kegunaan rumah dengan melengkapi kalimat berdsarkan gambar yang diamati. 5. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru. 6. Menjumlahkan dua bilangan dua angka. Penutup 7. Melakukan gerak sesuai aba-aba. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “ Tidurlah” Teks percakapan. Gambar-gambar yang menunjukkan kegunaan rumah. Ikatan lidi puluhan dan lidi satuan. Buku Tematik 1 F Grasindo halaman59-65. | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Bahasa Indonesia | | | |
2. | Matematika | | | |
3. | Ilmu Pengetahuan Alam | | | |
4. | Ilmu Pengetahuan Sosial | | | |
5. | Seni Budaya dan Keterampilan | | | |
6. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | | | |
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...