Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 02 / Lingk. Rmh / 2 / Ganjil / ........
Satuan Pendidikan :
Kelas : 2
Tema : Lingkungan Rumah
Subtema : Ciri-ciri Benda
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
NO | MATA PELAJARAN | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | |
1. | Bahasa Indonesia | Berbicara 2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa | 2.1.2 Melakukan tanya jawab berdasarkan teks tentang kegiatan sehari-hari 2.1.3 Menanggapi isi percakapan | |
| | Membaca 3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar Menulis 4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat | 3.1.1 Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang tepat 3.1.2 Menjawab dan mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca 4.1.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat | |
2. | Matematika | 1.1 Membandingkan bilangan sampai 500 | 1.1.3 Menentukan suatu bilangan lebih kecil, lebih besar atau sama besar dengan bilangan lain 1.1.4 Membandingkan suatu bilangan dengan menuliskan tanda > , < atau =" dengan"> | |
3. | Ilmu Pengetahuan Alam | 2.1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di sekitar | 2.1.2 Menceritakan ciri-ciri benda padat dan benda cair |
|
4. | Ilmu Pengetahuan Sosial | 1.1 Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya | 1.1.2 Mengidentifikasi dokumen diri dan dokumen keluarga |
|
5. | Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 1.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan, dan memahami diri sendiri | 1.2.2 Melakukan permainan sederhana |
|
II. Kegiatan Belajar
Hari/Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana/Sumber | Catatan Guru |
I | Pembukaan: 1. Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar dan menyebutkan ciri-ciri benda pada gambar Inti: 2. Mengelompokkan benda padat dan benda cair dengan mengisi tabel 3. Melakukan percobaan benda padat dan benda cair dan mencatat hasil percobaan 4. Membuat kesimpulan dari hasil percobaan Penutup: 5. Menyanyikan lagu berjudul Main Musik | 40 menit 105 menit 30 menit | Gambar keluarga Bima di teras rumah dan benda-benda di sekitarnya Pensil, cangkir, gelas, mangkok, air ,tabel Lagu Main Musik | |
II | Pembukaan: 1. Melakukan percakapan Inti: 2. Membandingkan banyak benda dengan menjawab pertanyaan -pertanyaan 3. Membandingkan bilangan dengan kata lebih besar,sama besar,atau lebih kecil 4. Mengisi tabel tentang menyatakan perbandingan banyak benda dan bilangan dengan lambang <, > , atau = Penutup: 5. Bermain petak jongkok | 35 menit 95 menit 45 menit | Teks percakapan Gambar percakapan, tabel, bilangan, simbol < , > , = Guru , lapangan | |
III | Pembukaan: 1. Melakukan percakapan Inti: 2. Menceritakan isi akte kelahiran Bima, kemudian menuliskan data diri Bima 3. Menceritakan data diri sendiri, kemudian menuliskan data diri itu dengan mengamati akte kelahiran 4. Mendengarkan data diri teman kemudian menuliskannya pada tabel 5. Membaca teks bacaan dan melengkapi kalimat sesuai bacaan Penutup: 6 .Menyanyikan lagu Hadiah untuk Adik | 30 menit 115 menit 30 menit | Teks percakapan Identitas diri , akte kelahiran, bacaan Lagu Hadiah untuk Adik | |
IV | Pembukaan: 1. Membaca teks pendek Inti: 2. Melakukan percakapan 3. Mengenal tokoh dalam cerita 4. Membuat kalimat menggunakan nama-nama tokoh pada bacaan 5. Menceritakan kembali percakapan dengan kata-kata sendiri,kemudian menuliskannya dengan huruf tegak bersambung Penutup: 6. Mendengarkan cerita Beki tertangkap basah | 15 menit 105 menit 35 menit | Teks pendek Teks percakapan Cerita Beki tertangkap Basah | |
v | Pembukaan 1. Membaca teks yang berjudul Membantu Orang Tua Inti: 2. Menjawab pertanyaan sesuai bacaan 3. Melengkapi cerita menggunakan kata-kata yang tepat tentang membantu orang tua Penutup: 4. Menuliskan pesan dan kesan tentang membantu orang tua | 20 menit 120 menit 35 menit | Bacaan Gambar kegiatan membantu orangtua Kertas kosong untuk menulis pesan | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Bahasa Indonesia | Kinerja, tertulis | Skala penilaian, isian, uraian | |
2. | Matematika | Tertulis | Pilihan ganda, benar salah | |
3. | IPA | Tertulis | Uraian | |
4. | I P S | Tertulis | Isian | |
5. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | Kinerja | Skala penilaian | |
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas 2
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...