Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 04/Diri Sendiri/I/ 1/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Diri Sendiri
Subtema : Anggota Tubuh
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
Pendidikan Kewarganegaraan | 1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa | 1.1.4 Membedakan dan mengelompokkan nama teman sekelas berdasarkan suku bangsa 1.1.5 Menjalin kerukunan tanpa membedakan suku, agama, dan jenis kelamin | |
Bahasa Indonesia | 2.3 Mendeskripsikan benda-benda di sekitardan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana 2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai 3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat 3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar 4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar | 2.3.1 Mendeskripsikan anggota tubuh 2.4.1 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat 2.4.2 Mendeklamasikan puisi dengan gerak yang sesuai 3.1.1 Membaca suku kata dengan lafal yang jelas 3.2.1 Membaca kalimat sederhana dengan lafal yang jelas 3.2.2 Membaca teks pendek dengan suara nyaring 4.3.1 Menuliskan huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf lepas dan tegak bersambung 4.4.1 Melengkapi kata dengan huruf yang tepat 4.4.2 Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat | |
Matematika | 1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 2 1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20 | 1.3.7 Mengurangkan sekumpulan benda 1.3.8 Mengurangkan 2 bilangan 1 angka 1.3.11 Mengurangkan 3 bilangan secara berturut-turut 1.4.2 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan | |
Ilmu Pengetahuan Alam | 1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya | 1.1.2. Menjelaskan kegunaan anggota tubuh 1.1.4 Menjelaskan cara merawat anggota tubuh 1.1.5 Merasakan pahit, manis, asin, dan asam dari berbagai jenis makanan 1.1.6 Menjelaskan fungsi lidah | |
Seni Budaya dan Keterampilan | 1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar 2.2 Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/ menyobek melipat 4.5 Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal | 1.2.1 Mewarnai gambar dengan teknik yang benar 2.2.1 Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting, menempel, dan membentuk 4.5.2 Menyanyikan salah satu lagu anak-anak secara kelompok di depan kelas | |
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 4.1 Mempraktikkan gerak bebas berirama tanpa menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama 4.2 Mempraktikkan gerak bebas berirama menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama | 4.1.1 Melakukan gerak jalan di tempat sesuai aba-aba 4.2.1 Melakukan gerakan sesuai lagu yang dinyanyikan |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Balonku. 2. Menjelaskan isi lagu yang dikaitkan dengan pengurangan. Inti 3. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait dengan pengurangan. 4. Mengurangkan 2 kumpulan benda. 5. Mengurangkan 2 bilangan satu angka bilangan paling besar 10. Penutup 6. Mendengarkan cerita yang berjudul Pencuri di Toko Paman Jesi | 15 menit 45 menit 50 menit 45 menit 20 menit | Teks lagu Balonku. Balon Benda-benda di dalam kelas. Benda-benda yang dimiliki siswa. Bilangan. Cerita Pencuri di Toko Paman Jesi | |
II. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Anak Ayam. Inti 2. Mengurangkan bilangan satu angka dengan cara bersusun. 3. Mengurangkan 3 bilangan secara berturut-turut. Penutup 4. Membuat topeng | 20 menit 45 menit 40 menit 70 menit | Teks lagu Anak Ayam Benda-benda di kelas. Teknik Pengurangan Kertas karton, kertas warna, lem, gunting, karet gelang. | |
III. | Pembukaan: 1. Membaca puisi yang berjudul Tubuhku dengan gerakan yang sesuai. Inti 2. Mendeskripsikan angota tubuh. 3. Membedakan rasa. 4. Memasangkan nama makanan berdasarkan rasanya. 5. Menentukan rasa dari suatu makanan dengan cara memberi tanda cek (√ ) pada table. Penutup 6. Menyanyikan lagu yang berjudul Nama-nama Rasa ciptaan Pak Kasur. | 35 menit 35 menit 35 menit 15 menit 20 menit 35 menit | Puisi Tubuhku. Anggota tubuh. Gambar-gambar anggota tubuh. Macam-macam buah, gula, garam, kopi, keju, asam. Pare, dll. Teks lagu Nama-nama Rasa. | |
IV. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Sakit Gigi ciptaan Pak Kasur. Inti 2. Membaca bacaan pendek yang berjudul Sakit Gigi. 3. Melengkapi kalimat berdasarkan bacaan. 4. Menyusun kata menjadi kalimat. Penutup 5. Menyanyikan lagu Anggota Tubuh | 25 menit 45 menit 35 menit 50 menit 20 menit | Teks lagu Sakit Gigi. Bacaan Sakit Gigi. Kartu kata. Teks lagu Anggota Tubuh. | |
V. | Pembukaan: 1. Mendengarkan cerita yang berjudul Berbagi Pengalaman. Inti 2. Membaca suku kata, kata, dan kalimat sederhana, penekanan huruf j,r,w, y. 3. Menuliskan kembali kata-kata yang diucapkan guru. 4. Menulis, huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana. Penutup 5. Mewarnai gambar | 15 menit 55 menit 20 menit 50 menit 35 menit | Cerita Berbagi Pengalaman. Kartu huruf, suku kata, dan kata. Gambar skrtsa sesaji |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | Tertulis | Pilihan Ganda Isian singkat Uraian terbatas | Soal terlampir |
2. | Bahasa Indonesia | Tertulis Kinerja | Isian singkat Skala Penilaian | Soal terlampir Format Penilaian |
3. | Matematika | Tertulis | Isian singkat | |
4. | Ilmu Pengetahuan Alam | Tertulis Kinerja | Pilihan ganda Isian Uraian terbatas Skala penilaan | Soal terlampir Format Penilaian |
5. | Seni Budaya dan Ketrampilan | Produk Kinerja | Analitik Skala Penilaian | Format Penilaian |
6. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | Kinerja | Skala Penilaan | Format Penilaian |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
No | Nama Siswa | Aspek penilaian | Nilai akhir | ||
Lafal | Intonasi | Keberanian | |||
Mata Pelajaran : IPA
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Merasakan pahit, manis, asin, dan asam dari berbagai jenois makanan
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Ketepatan menebak | Keberanian | Waktu menebak | |||
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Menyanyikan salah satu lagu anak-anak secara individu di depan kelas
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Keberanian | ekspresi | vokal | |||
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Produk
Indikator : Mengekpresikan diri melalui teknik menggunting, menempel, dan membentuk
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Kelengkapan alat | Kerapian | Hasil | |||
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Penjaskes
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Melakukan gerak jalan di temapat sesuai aba-aba
Melakukan gerak sesuai lagu yang dinyanyikan
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Kesesuaian dengan aba-aba | Percaya diri | kedisiplinan | |||
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...