Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 13/Kebersihan dan Kesehatan /I/ 1/ .....- ......
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Kebersihan dan Kesehatan
Subtema : Lingkungan dan Kesehatan
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator | |
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | 1.2 Memberi contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah 1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah 4.1 Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah | 1.2.4 Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah 1.3.3 Menerapkan sikap hidup rukun di sekolah 4.1.2 Menerapkan tata tertib di sekolah 4.1.5 Melaksanakan tata tertib di sekolah |
|
2. | Bahasa Indonesia | 3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat 3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar 4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar 6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti | 3.1.3 Menyusun kata-kata menjadi kalimat 3.2.1 Membaca kalimat sederhana dengan lafal yang jelas 3.2.2 Membaca teks pendek dengan suara nyaring 4.4.2 Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat 4.3.4 Menulis kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung 6.1.1 Menceritakan isi gambar tunggal tentang peristiwa menyenangkan 6.1.4 Menjawab pertanyaan berdasarkan isi cerita bergambar |
|
3 | Ilmu Pengetahuan Alam | 2.1 Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat 2.2 Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat 2.4 Memelihara lingkungan sehat | 2.1.1 Menjelaskan cara menjaga kebersihan lingkungan 2.1.2 Mengelompokkan sampah basah dan sampah kering 2.2.1 Menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat 2.2.2 Menyebutkan ciri-ciri lingkungan tidak sehat 2.2.3 Mengidentifikasi penyebab lingkungan tidak sehat 2.2.4 Menilai kebersihan lingkungan dengan cermat 2.4.1 Menjaga lingkungan agar tetap sehat 2.4.2 Membersihkan lingkungan |
|
4. | Seni Budaya dan Keterampilan | 6.1 Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerak spontan Menampilkan unsur gerak tari di depan penonton | 6.1.1 Melakukan gerakan bebas berirama sesuai iringan musik yang diperdengarkan 6.2.1 Melakukan gerak tari di depan kelas secara kelompok |
|
5. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 6.2.2 Melakukan gerak mengayun dengan alat sederhana 11.1.1 Menilai kebersihan tempat-tempat di lingkungan sekolah |
|
II. Kegiatan Belajar
Hari/Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana/Sumber | Catatan Guru |
I | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu berjudul Bersihkan Halaman dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu Inti: 2. Membandingkan gambar lingkungan 3. Membaca nyaring bacaan Sekolahku yang Bersih 4. Menjawab pertanyaan bacaan 5. Menjelaskan cirri-ciri lingkungan Penutup: 6. Mendengarkan cerita Bunga Bugenvil | 35 menit 120 menit 20 menit | Lagu Bersihkan Halaman Gambar lingkungan sekolah Alat mewarnai Bacaan berjudul Sekolah yang Bersih Cerita Bunga Bugenvil | |
II | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu Sampah Lagi Sampah Lagi dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu Inti: 2. Mengamati lingkungan sekolah 3. Melengkapi kalimat 4. Menulis dengan tulisan tegak bersambung Penutup: 5. Menyanyikan lagu Sampah Lagi Sampah Lagi | 35 menit 125 menit 15 menit | Lagu Sampah Lagi Sampah Lagi Tempat-tempat di lingkungan sekolah Lagu Sampah Lagi Sampah Lagi | |
III | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu Bersihkan Halaman dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu Inti: 2. Mengidentifikasi penyebab lingkungan kotor 3. Menjelaskan cara menjaga kebersihan 4. Melengkapi kalimat dengan lawan kata Penutup: 5. Membuat tempat sampah sederhana | 35 menit 105 menit 35 menit | Lagu BersihkanHalaman Lingkungan tempat sekitar Tabel Kertas buffalo, kertas lipat, lem, dan gunting | |
IV | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu Bersih dan Sehat Inti: 2. Membaca nyaring bacaan Piket Kelas 3. Melengkapi kalimat sesuai bacaan 4. Kerja bakti membersihkan halaman sekolah Penutup: 5. Bermain bersama | 30 menit 45 menit 65 menit 35 menit | Lagu Bersih dan Sehat Bacaan berjudul Piket Kelas Sapu lidi dan alat kebersihan yang lain Beberapa tongkat | |
V | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Bersih dan Sehat dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu Inti: 2. Menceritakan gambar 3. Menjawab pertanyaan sesuai gambar 4. Membuat kalimat berdasarkan gambar tentang kegiatan anak membersihkan lingkungan 5. Menyusun kata-kata menjadi kalimat dimulai dengan kata yang dicetak tebal Penutup: 6. Menyanyi sambil menari | 35 menit 105 menit 35 menit | Lagu Bersih dan Sehat Gambar anak bekerja bakti Lagu Bersih dan Sehat | |
III. Penilaian
No. | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Pend. Kewarganegaraan | tertulis | isian singkat | Soal terlampir pada RPP subtema Kebersihan Tubuh |
2. | Bhs | kinerja tertulis | skala penilaian melengkapi kalimat | Format dan aspek penilaian terlampir Soal terlampir pada RPP subtema Kebersihan Tubuh |
3. | IPA | tertulis | isian singkat, uraian terbatas, pilihan ganda | Soal terlampir pada RPP subtema Kebersihan Tubuh |
4. | SBK | kinerja | skala penilaian | Format dan aspek penilaian terlampir |
5. | Penjaskes | kinerja | skala penilaian | Format dan aspek penilaian terlampir |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Membaca teks pendek dengan suara nyaring
No | Nama Siswa | Aspek penilaian | Nilai akhir | |
Lafal | Intonasi | |||
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Penjaskes
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Melakukan gerakan dengan alat sederhana
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | |
Tekhnik | Ketahanan fisik | |||
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
……………………., ………20….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas 1
__________________ __________________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...