Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 07/Keluarga/I/ 1/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Keluarga
Subtema : Saling Menyayangi
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Pendidikan Kewarganega raan | 2.1 Menjelaskan penting nya tata tertib di rumah dan di sekolah | 2.1.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah 2.1.2 Menjelaskan manfaat tata tertib di rumah 2.1.3 Menyebutkan contoh peraturan di rumah |
2. | Bahasa Indonesia | 3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar | 3.2.2 Membaca teks pendek dengan suara nyaring 4.4.2 Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat 4.4.4 Melengkapi kalimat dengan persamaan kata 4.4.5 Menulis surat cinta sederhana untuk orangtua, guru, dan teman |
3 | Matematika | 1.3. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20 | 1.3.7 Mengurangkan sekumpulan benda 1.3.9 Mengurangkan 2 bilangan 2 angka dan 1 angka 1.3.10 Mengurangkan 2 bilangan 2 angka 1.4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan |
4 | Ilmu Pengetahuan Alam | 1.3 Membiasakan hidup sehat | 1.3.1 Melakukan olahraga secara teratur 1.3.2 Menjelaskan manfaat olahraga 1.3.3 Menyebutkan macam-macam olahraga 1.3.4 Menjelaskan akibat tidak berolahraga secara teratur |
5 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 1.3 Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga | 1.3.1 Menyebutkan bentuk kasih sayang orang tua kepada anak 1.3.2 Menjelaskan kasih sayang anak terhadap orang tua |
Seni Budaya dan Kesenian | 3.1 Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia 12.1 Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi | 3.1.1 Menyebutkan unsur musik yang dapat dihasilkan oleh anggota tubuh 12.1.1 Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan | |
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 4.2 Mempraktikkan gerak bebas berirama menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama | 4.2.2 Melakukan senam sesuai iringan musik |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu berjudul Senam Inti: 2. Menjelaskan manfaat senam 3. Mengisi tabel tentang jenis olah raga dan alat olah raga 4. Membaca nyaring bacaan berjudul Lari Pagi 5. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan 6. Melengkapi kalimat dengan kata-kata yang tersedia 7. Membuat kalimat berdasarkan gambar Penutup 8. Menyanyikan lagu Senam | 20 menit 35 menit 35 menit 20 menit 15 menit 20 menit 15 menit | Lagu Senam, Halaman sekolah Tabel, Gambar-gambar Bacaan, Kalimat, Lagu Senamagu | |
II. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Aku Sayang Ibu ciptaan A.T. Mahmud. Inti: 2. Mengamati gambar tentang membalas kasih sayang orang tua. 3. Menjelaskan cara membalas kasih sayang orang tua. 4. Menulis 5. Membaca nyaring bacaan berjudul Ayah Sakit. 6. Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan 7. Melengkapi kalimat dengan kata-kata yang tersedia 8. Membuat kalimat berdasarkan gambar Pembukaan: 9. Mendengarkan cerita berjudul Tira yang Rajin | 20 menit 15 menit 20 menit 25 menit 20 menit 20 menit 10 menit 30 menit 15 menit | Lagu Aku Sayang Ibu, buku Tematik 1b Grasindo hal 86 Gambar tentang kasih sayang ibu Bacaan Ayah sakit Cerita Tira yang Rajin | |
III. | Pembukaan: 1. Mendengarkan cerita berjudul Kentongan Inti: 2. Menjelaskan cara menjaga keamanan rumah dengan cara melengkapi kalimat dengan kata yang tersedia 3. Membaca nyaring bacaan berjudul Menangkap Pencuri 4. Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan 5. Melengkapi kalimat sesuai isi bacaan 6. Melengkapi kalimat dengan persamaan kata. Penutup: 7. Mendengarkan cerita dari guru. | 20 menit 120 menit 35 menit | Cerita Kentongan Bacaan Menangkap Pencuri. Kalimat Cerita, | |
IV. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu berjudul Tinggal Berapa Inti: 2. Mengubah syair lagu dalam bentuk kalimat matematika 3. Mengurangkan 2 kumpulan benda. 4. Mengerjakan soal pengurangan berdasarkan gambar 5. Mengurangkan dua bilangan dua angka dan satu angka secara bersusun panjang Penutup: 6. Melakukan senam bersama. | 25 menit 100menit 50 menit | Lagu Tinggal Berapa. Benda-benda di dalam kelas Gambar Senam | |
V. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Tinggal Berapa dan membahas isi lagu Inti: 2. Mengurangkan dua bilangan dua angka dan satu angka dengan cara bersusun pendek 3. Mengurangkan dua bilangan dua angka dan satu angka dengan cara mendatar. Penutup: 4. Mendengarkan cerita Mengapa Si raksasa Marah. | 20 menit 65 menit 60 menit 30 menit | Lagu Tinggal Berapa Gambar, benda-benda di sekitar. Cerita Mengapa si Raksasa marah. |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | Tertulis | Pilihan Ganda Isian singkat / melengjapi kalimat | Soal terlampir |
2. | Bahasa Indonesia | Kinerja Tertulis | Skala Penilaian Isian singkat / melengkapi kalaiamt | Format penilaian terlampir Soal terlampir |
3. | Matematika | Tertulis | Isian singkat/melengkapi | Soal terlampir |
4. | Ilmu Pengetahuan Alam | Kinerja Tertulis | Skala Penilaian Pilihan ganda Isian singkat / melengkapi Uraian terbatas | Format penilaian terlampir Soal terlampir |
5 | Ilmu Pengetahuan Sosial | Tertulis | Pilihan ganda Isian singkat Uraian | Soal terlampir |
5. | Seni Budaya dan Ketrampilan | Kinerja | Skala Penilaian | Format penilaian terlampir |
6. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | Kinerja | Skala Penilaan | Format penilaian terlampir |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Membaca teks pendek dengan suara nyaring
No | Nama Siswa | Aspek penilaian | Nilai akhir | ||
Lafal | Intonasi | Ketepatan | |||
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Memilih gerak tari yang disukai
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Kesesuaian | ekspresi | keberania | |||
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Penjaskes dan IPA
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Melakukan olah raga secara teratur
Melakuakn snam sesuai iringan musik
Melakuakn snam sesuai iringan musik
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Kesesuaian gerakan | Ketepatan | Keberanian | |||
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...