RPP Kelas 2 Format Matriks Tema Lingkungan Rumah (sub tema: Macam-macam Benda di Rumah)

03 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 01 / Lingk. Rumah / 2 / Ganjil / ........

Satuan Pendidikan :

Kelas : 2

Tema : Lingkungan Rumah

Subtema : Macam-macam Benda di Rumah

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

NO.

MATA PELAJARAN

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

1.2 Melaksanakan hidup rukun,saling berbagi,dan tolong menolong di rumah dan di sekolah

1.2.1 Menyebutkan bentuk-bentuk kerukunan

1.2.2 Menceritakan praktik hidup rukun di rumah dan di
sekolah

1.2.3 Menjelaskan manfaat hidup rukun di rumah dan
di sekolah

2.

Bahasa Indonesia

Berbicara

2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa

Membaca

3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar

2.1.1 Mengajukan pertanyaan tentang kegiatan
sehari-hari di rumah secara lisan

3.1.1 Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal
yang tepat

3.1.2 Menjawab dan mengajukan pertanyaan dari isi
teks yang dibaca

3.

Matematika

1.1 Membandingkan bilangan sampai 500

1.1.1 Menghitung kumpulan suatu benda

1.1. 2 Membandingkan dua kumpulan benda dengan

istilah lebih sedikit, lebih banyak, atau sama
banyak

1.1.3 Menentukan suatu bilangan lebih kecil,lebih
besar,atau sama besar dengan bilangan lain

4.

Ilmu Pengetahuan Alam

2.1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar

2.1.1 Menunjukkan contoh benda padat dan benda cair
yang ada di sekitar

5.

Ilmu Pengetahuan Sosial

1.1 Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya

1.1.1 Menunjukkan contoh dokumen penting diri dan
keluarga

1.1.3 Menceritakan cara memelihara dokumen dan
koleksi benda berharga milik pribadi dan keluarga

6.

Seni Budaya dan Keterampilan

2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif

2.1.1 Membuat gambar ekspresif/ gambar nyata
dengan berbagai tema

7.

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

1.3 Mempraktikkan gerak dasar
melempar, menangkap,
menendang, dan menggiring
bola ke berbagai arah dalam
permainan sederhana serta
nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab,
menghargai lawan, dan
memahami diri sendiri

!.3.5 Memindahkan bola ke tempat tertentu

II. Kegiatan Belajar

Hari/Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana / Sumber

Catatan Guru

I

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu berjudul Rumah Kami

Inti:

2. Mendengarkan cerita berjudul Kerja Kelompok dan menjawab pertanyaan tentang isi cerita.

3. Membaca percakapan tentang membandingkan banyak benda

4. Mengisi tabel tentang jumlah benda

Penutup:

5. Membuat gambar rumah

35 menit

90 menit

50 menit

Lagu Rumah Kami

Cerita, benda-benda di sekitar, tabel

Pensil, alat mewarnai

II

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Hujan Rintik-Rintik

Inti:

2. Menceritakan gambar tentang suasana hujan

3. Mengelompokkan benda-benda menurut jenisnya dengan mengisi tabel

Penutup:

4. Bermain memindahkan bola

15 menit

105 menit

60 menit

Lagu Hujan Rintik-Rintik

Gambar suasana hujan, tabel

bola

III

Pembukaan:

1. Menceritakan salah satu dokumen keluarga, misalnya foto keluarga

Inti:

2. Melakukan percakapan tentang dokumen

3. Mengelompokkan macam-macam dokumen dengan mengisi tabel yang terdiri atas dokumen diri dan dokumen keluarga

4. Menceritakan cara memelihara dokumen

5. Mengerjakan tugas membuat dokumen kelompok yang terdiri dari foto-foto anggota kelompok, kemudian menghias dokumen tersebut

Penutup:

6. Memajang hasil kerja kelompok

40 menit

35 menit

70 menit

30 menit

Foto keluarga

Gambar percakapan, tabel

KK, rapor, KTP, akte kelahiran

Foto diri, lem, gunting, karton manila putih, alat mewarnai, hiasan

Hasil kerja masing-masing kelompok

IV

Pembukaan:

1. Menceritakan salah satu dokumen keluarga , misalnya foto keluarga , kartu keluarga

Inti:

2. Membaca cerita tentang dokumen dan mengajukan pertanyaan sesuai bacaan

3. Membandingkan dua kumpulan benda

4. Menghitung jumlah benda sesuai gambar

5. Membaca dan menuliskan lambang bilangan

Penutup:

6. Melakukan permainan pernyataan bilangan

35 menit

105 menit

35 menit

Foto keluarga, kartu keluarga

Cerita, murid, benda di sekitar

Kartu lebih besar, lebih kecil, sama dengan

v

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu berjudul Keluarga

Inti:

2. Membaca teks berjudul Kerukunan dalam Keluarga

3. Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan Kerukunan dalam Keluarga

4. Menceritakan pengalaman tentang bekerja bersama-sama di rumah

Penutup:

5. Mendengarkan cerita berjudul Lebah Madu

30 menit

115 menit

30 menit

Lagu Keluarga

Bacaan, gambar, pengalaman siswa

Cerita Lebah Madu

III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

P Kn

Tertulis

Uraian

2.

Bahasa Indonesia

Kinerja , tertulis

Skala penilaian, pilihan ganda

3.

Matematika

Tertulis

Pilihan ganda, benar salah, menjodohkan

4.

IPA

Tertulis

Uraian

5.

IPS

Tertulis

Isian , uraian

6.

Seni Budaya dan Ke-terampilan

Produk

Analistik

7.

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Kinerja

Skala penilaian

...................., ................ 20...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas 2

________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi