Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 01 / Lingk. Rumah / 2 / Ganjil / ........
Satuan Pendidikan :
Kelas : 2
Tema : Lingkungan Rumah
Subtema : Macam-macam Benda di Rumah
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
NO. | MATA PELAJARAN | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | |
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | 1.2 Melaksanakan hidup rukun,saling berbagi,dan tolong menolong di rumah dan di sekolah | 1.2.1 Menyebutkan bentuk-bentuk kerukunan 1.2.2 Menceritakan praktik hidup rukun di rumah dan di
1.2.3 Menjelaskan manfaat hidup rukun di rumah dan
| |
2. | Bahasa Indonesia | Berbicara 2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa Membaca 3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar | 2.1.1 Mengajukan pertanyaan tentang kegiatan
3.1.1 Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal
3.1.2 Menjawab dan mengajukan pertanyaan dari isi
| |
3. | Matematika | 1.1 Membandingkan bilangan sampai 500 | 1.1.1 Menghitung kumpulan suatu benda 1.1. 2 Membandingkan dua kumpulan benda dengan istilah lebih sedikit, lebih banyak, atau sama
1.1.3 Menentukan suatu bilangan lebih kecil,lebih
| |
4. | Ilmu Pengetahuan Alam | 2.1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar | 2.1.1 Menunjukkan contoh benda padat dan benda cair
| |
5. | Ilmu Pengetahuan Sosial | 1.1 Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya | 1.1.1 Menunjukkan contoh dokumen penting diri dan
1.1.3 Menceritakan cara memelihara dokumen dan
| |
6. | Seni Budaya dan Keterampilan | 2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif | 2.1.1 Membuat gambar ekspresif/ gambar nyata
|
|
7. | Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 1.3 Mempraktikkan gerak dasar
| !.3.5 Memindahkan bola ke tempat tertentu |
|
II. Kegiatan Belajar
Hari/Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana / Sumber | Catatan Guru |
I | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu berjudul Rumah Kami Inti: 2. Mendengarkan cerita berjudul Kerja Kelompok dan menjawab pertanyaan tentang isi cerita. 3. Membaca percakapan tentang membandingkan banyak benda 4. Mengisi tabel tentang jumlah benda Penutup: 5. Membuat gambar rumah | 35 menit 90 menit 50 menit | Lagu Rumah Kami Cerita, benda-benda di sekitar, tabel Pensil, alat mewarnai | |
II | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Hujan Rintik-Rintik Inti: 2. Menceritakan gambar tentang suasana hujan 3. Mengelompokkan benda-benda menurut jenisnya dengan mengisi tabel Penutup: 4. Bermain memindahkan bola | 15 menit 105 menit 60 menit | Lagu Hujan Rintik-Rintik Gambar suasana hujan, tabel bola | |
III | Pembukaan: 1. Menceritakan salah satu dokumen keluarga, misalnya foto keluarga Inti: 2. Melakukan percakapan tentang dokumen 3. Mengelompokkan macam-macam dokumen dengan mengisi tabel yang terdiri atas dokumen diri dan dokumen keluarga 4. Menceritakan cara memelihara dokumen 5. Mengerjakan tugas membuat dokumen kelompok yang terdiri dari foto-foto anggota kelompok, kemudian menghias dokumen tersebut Penutup: 6. Memajang hasil kerja kelompok | 40 menit 35 menit 70 menit 30 menit | Foto keluarga Gambar percakapan, tabel KK, rapor, KTP, akte kelahiran Foto diri, lem, gunting, karton manila putih, alat mewarnai, hiasan Hasil kerja masing-masing kelompok | |
IV | Pembukaan: 1. Menceritakan salah satu dokumen keluarga , misalnya foto keluarga , kartu keluarga Inti: 2. Membaca cerita tentang dokumen dan mengajukan pertanyaan sesuai bacaan 3. Membandingkan dua kumpulan benda 4. Menghitung jumlah benda sesuai gambar 5. Membaca dan menuliskan lambang bilangan Penutup: 6. Melakukan permainan pernyataan bilangan | 35 menit 105 menit 35 menit | Foto keluarga, kartu keluarga Cerita, murid, benda di sekitar Kartu lebih besar, lebih kecil, sama dengan | |
v | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu berjudul Keluarga Inti: 2. Membaca teks berjudul Kerukunan dalam Keluarga 3. Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan Kerukunan dalam Keluarga 4. Menceritakan pengalaman tentang bekerja bersama-sama di rumah Penutup: 5. Mendengarkan cerita berjudul Lebah Madu | 30 menit 115 menit 30 menit | Lagu Keluarga Bacaan, gambar, pengalaman siswa Cerita Lebah Madu | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | P Kn | Tertulis | Uraian | |
2. | Bahasa Indonesia | Kinerja , tertulis | Skala penilaian, pilihan ganda | |
3. | Matematika | Tertulis | Pilihan ganda, benar salah, menjodohkan | |
4. | IPA | Tertulis | Uraian | |
5. | IPS | Tertulis | Isian , uraian | |
6. | Seni Budaya dan Ke-terampilan | Produk | Analistik | |
7. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | Kinerja | Skala penilaian | |
...................., ................ 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas 2
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...