Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No : 32./ Peristiwa Alam/2/.../ ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Peristiwa Alam
Sub tema : Benda-benda di Sekitar Kita
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1 | Bahasa Indonesia | 6.1 Menjelaskan isi gamba tung gal atau gambar seri seder hana dengan bahasa yang mudah dimengerti 7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang ter diri atas 3-5 kata dengan in tonasi yang tepat 8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru de ngan huruf tegak bersam bung | 6.1.4 Menjawab pertanyaan berdasarkan isi cerita bergambar 7.1.1 Membaca teks dengan lancar dan intonasi yang tepat . 8.1.1 Menuliskan kalimat sederhana dengan ejaan yang benar 8.1.3 Menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung dan ejaan yang benar |
| Matematika | 4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan 2 angka 4.5 Menggunakan sifat operasi pertukaran dan pengelom pokan 4.6 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlah an dan pengurangan bilang an 2 angka 6.1 Mengenal segitiga, segiempat, dan lingkaran 6.2 Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya | 4.4.5 Menjumlahkan dan mengu rangkan bilangan paling besar 99 4.5.2 Menggunakan sifat pertukaran pada penjumlahan 4.6.5 Menyelesaikan masalah sehari -hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurang an bilangan paling besar 99 6.1.1 Menyebutkan macam-macam segitiga 6.1.2 Menjelaskan pengertian segi tiga 6.1.3 Menggambar macam-macam bentuk segitiga 6.1.4 Menyebutkan benda-benda di sekitar yang berbentuk segitiga 6.1.5 Menyebutkan macam-macam segiempat 6.1.6 Menjelaskan pengertian segi empat 6.1.7 Menggambar macam-macam segiempat 6.1.8 Mendata benda-benda di seki tar yang berbentuk segiempat 6.1.9 Mendata benda-benda di seki tar yang berbentuk lingkaran 6.1.10 Menjiplak lingkaran 6.2.1 Mengelompokkan bangun da tar menurut bentuknya |
| Seni Budaya dan Keterampilan | 7.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar | 7.1.1 Menyebutkan warna benda di alam sekitar sesuai aslinya |
| Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 11.2 Mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani yang menyenangkan di lingkungan sekolah, dan nilai disiplin, kerjasama, dan pola hidup sehat | 11.2.1 Menerapkan hidup sehat di sekolah dengan cara operasi semut |
II. Kegiatan Belajar
Hari/Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana/Sumber | Catatan Guru |
I | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Ke Gunung. Inti: 2. Membaca cerita bergam bar. 3. Menjawab pertanyaan se suai isi cerita. 4. Melengkapi kalimat de ngan lawan kata. 5. Menjumlahkan dan me ngurangkan bilangan. Penutup: 6. Mendengarkan cerita Jam Mendung. | 35 menit 105 menit 35 menit | Lagu Ke Gunung, buku Tematik 1h Grasindo hal 34 Cerita Bergambar, buku Tematik 1h Grasindo hal 35-40 Cerita Jam Men dung, buku Tematik 1h Grasindo hal 41-43 | |
II | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Ke Gunung dan menjawab pertanyaan sesuai isi lagu. Inti: 2. Membaca Gunung Mele tus dengan lancar dan intonasi yang baik. 3. Menjawab pertanyaan de ngan lengkap dan sesuai isi cerita. 4. Membuat kalimat berda sarkan kata. 5. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengu rangan. Penutup: 6. Melakukan operasi semut. | 35 menit 105 menit 35 menit | Lagu Ke Gunung, buku Tematik 1h Grasindo hal 44 Bacaan, kata, soal cerita, Buku Tematik 1h hal 44-49 Halaman, tempat sampah | |
III | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Ke Gunung dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu Inti: 2. Mengamati macam-ma cam segitiga. 3. Membuat segitiga dengan kertas lipat. 4. Menebalkan gambar segiti Ga dengan pensil warna. 5. Menggambar segitiga de ngan menghubungkan titik-titik. 6. Menyebutkan benda-ben da yang berbentuk segi tiga. Penutup: 7. Mewarnai gambar dengan warna yang sesuai. | 35 menit 105 menit 35 menit | Lagu Ke Gunung, buku Tematik 1h Grasindo hal 50 Gambar bangun segitiga, benda berbentuk segitiga, buku Tematik 1h Grasindo hal 50-53 Gambar sketsa, pensil warna, Tematik hal 54 | |
IV | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Rotiku dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu. Inti: 2. Mengamati gambar ma cam-macam segiempat. 3. Menggambar segiempat dengan cara menebalkan dan menghubungkan titik-titik dengan garis. 4. Membentuk segiempat menggunakan kertas warna. 5. Menyebutkan benda seki tar yang berbentuk segi empat. Penutup: 6. Mendengarkan cerita 300 Tael Perak. | 35 menit 105 menit 35 menit | Lagu Rotiku, buku Tematik 1h Grasindo hal 55 Gambar bangun datar, kertas warna,benda sekitar, buku Tematik 1h Grasindo hal 55-59 Cerita 300 Tael Perak, buku Tematik 1h hal 60-62 | |
V | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Rotiku Inti: 2. Mengamati benda-benda dan gambar berbentuk lingkaran. 3. Menjiplak benda berben tuk lingkaran. 4. Mengelompokkan gambar bangun datar menurut bentuknya. 5. Menulis dan memasang kan nama bangun datar. Penutup: 6. Mendengarkan cerita Berperahu. | 35 menit 105 menit 35 menit | Lagu Rotiku, buku Tematik 1h Grasindo hal 63 Bacaan, gambar , buku Tematik 1h Grasindo hal 63-68 Cerita Berperahu Buku Tematik 1h Grasindo hal 68-70 | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Bahasa Indonesia | | | |
2. | Matematika | | | |
3. | Seni Budaya dan Keterampilan | | | |
4. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | | | |
5. | | | | |
6. | | | | |
...................., .................... 200...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...