Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 15/Kebersihan dan Kesehatan /I/ 1/ .....- ......
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Kebersihan dan Kesehatan
Subtema : Olah Raga
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator | |
1. | Bahasa Indonesia | 3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar 5.1 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar | 3.2.2 Membaca teks pendek dengan suara nyaring 4.3.4 Menulis kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung 4.3.5 Menulis huruf kapital dengan benar 5.1.1 Menebak nama benda-benda berdasarkan ciri-ciri fisiknya 5.1.2 Mendeskripsikan benda-benda berdasarkan ciri-ciri fisiknya |
|
2 | Matematika | 2.3 Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya | 2.3 3 Mengukur panjang benda dengan alat ukur tak baku 2.3.4 Membandingkan hasil pengukuran beberapa benda |
|
3. | Ilmu Pengetahuan Alam | 1.3 Membiasakan hidup sehat | 1.3.3 Menyebutkan macam-macam olahraga 1.3.4 Menjelaskan akibat tidak berolahraga secara teratur 1.3.8 Menjelaskan cara menjaga kesehatan tubuh |
|
4. | Seni Budaya dan Keterampilan | 4.1 Menampilkan permainan pola irama sederhana | 4.1.1 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang sesuai |
|
5. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 2.2 Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi berjalan 6.2 Memraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, atau menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama toleransi dan tanggung jawab | 2.2.1 Melakukan baris berbaris sesuai aba-aba 6.2.1 Melakukan gerak memutar dengan alat sederhana 6.2.3 Melakukan gerak menekuk dengan alat sederhana 6.2.5 Melakukan salah satu permainan tradisional |
|
II. Kegiatan Belajar
Hari/Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana/Sumber | Catatan Guru |
I | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Gerak Jalan Inti: 2. Mengukur benda dengan jengkal dan melengkapi tabel 3. Mengukur benda dengan hasta dan melengkapi tabel Penutup: 4. Menyanyikan lagu Gerak Jalan | 35 menit 120 menit 20 menit | Lagu Gerak Jalan Gambar anak sedang mengukur dengan jengkal tangan Benda-benda dalam kelas Lagu Gerak Jalan | |
II | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Gerak Jalan Inti: 2. Mengukur benda-benda di sekitar dengan depa 3. Menuliskan hasil pengukuran ke dalam tabel 4. Membandingkan hasil pengukuran Penutup: 4. Mendengarkan cerita | 20 menit 125 menit 30 menit | Lagu Gerak Jalan Benda-benda di sekitar kelas, tangan Cerita berjudul Lebah Bebe dan Pekerjaannya | |
III | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Gerak Jalan Inti: 2. Mengukur tempat-tempat di sekitar sekolah dengan langkah kaki Menuliskan hasil pengukuran ke dalam tabel 3. Membandingkan hasil pengukuran Penutup: 4. Bermain engklek | 25 menit 35 menit 80 menit 35 menit | Lagu Gerak Jalan Halaman sekolah Tempat-tempat di sekitar sekolah Pecahan genteng sebagai gaco, kapur untuk membuat lapangan dan bintang Halaman sekolah | |
IV | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Jago Kasti Inti: 2. Membaca bacaan berjudul Bermain Kasti 3. Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan 4. Mengamati gambar berbagai jenis olah raga dan menyebutkannya 5. Menyebutkan alat-alat olah raga dan memasangkan gambar alat olah raga dengan keterangannya 6. Menebak alat olah raga berdasarkan deskripsi 7. Mendeskripsikan alat olah raga berdasarkan gambar Penutup: 8. Gerak jalan | 35 menit 105 menit 35 menit | Lagu Jago Kasti Bacaan berjudul Bermain Kasti Gambar anak-anak sedang melakukan berbagai olah raga Gambar berbagai peralatan olah raga Halaman sekolah | |
V. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Senam Inti: 2. Membaca bacaan Olahraga Penting bagi Kesehatan kemudian menjawab pertanyaan bacaan 3. Menulis huruf besar tegak bersambung, penekanan huruf K, G, Y, J 4. Menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung sesuai contoh Penutup: 5. Menyanyi lagu Senam | 25 menit 120 menit 30 menit | Lagu Senam Bacaan berjudul Olahraga Penting bagi Kesehatan Contoh tulisan sambung Cerita Aurelly Rose Krisli Meraih Prestasi Sejak Dini | |
III. Penilaian
No. | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Bhs Indonesia | tertulis | Isian singkat/melengkapi kalimat | Soal terlampir pada RPP Sub tema kebersihan tubuh |
2. | Matematika | kinerja tertulis | skala penilaian isian siangkat | Format dan aspek penilaian terlampir Soal terlampir pada RP Sub tema kebersihan tubuh |
3. | IPA | tertulis | skala penilaian isian siangkat | Soal terlampir pada RPP Sub tema kebersihan tubuh |
4. | SBK | kinerja | skala penilaian | Format dan aspek penilaian terlampir |
5. | Penjaskes | kinerja | skala penilaian | Format dan aspek penilaian terlampir |
……………………., ………20….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas 1
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...