Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 23/Energi/I/ 2/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Energi
Subtema : Tenaga Manusia
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Bahasa Indonesia | 1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa 6.2 Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai 7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat 8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. | 1.1.4 Menceraikan kata-kata berdasarkan suku katanya 6.2.1 Membaca percakapan secara berpasangan 7.1.1 Membaca teks dengan lancar dan intonasi yang tepat 8.1.1 Menuliskan kalimat sederhana dengan ejaan yang benar 8.1.3 Menulis kalimat dengan tegak bersambung dan ejaan yang benar |
2. | Matematika | 4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan 2 angka | 4.4.1 Menjumlahkan 2 bilangan 2 angka |
3. | Ilmu Pengetahuan Alam | 1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat) 4.2 Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (baterai, per/ pegas, dorongan tangan, dan magnet) | 1.2.2 Menjelaskan kegunaan makanan bagi tubuh 1.2.3 Menjelaskan akibat makan makanan tidak sehat 4.2.1 Menjelaskan penyebab benda bergerak 4.2.2 Menjelaskan manfaat tenaga manusia 4.2.3 Mendata alat-alat yang digerakkan oleh tenaga manusia |
4. | Seni Budaya dan Keterampilan | 8.2 Mengekpresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel | 8.2.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni dengan teknik melipat, menggunting, dan menempel |
5. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 8.2 Memraktikkan gerakan peregangan dan pelemasan dalam kegiatan pemanasan sederhana dengan benar serta nilai disiplin 12.2 Mengenal makanan sehat | 8.2.1 Menirukan gerakan peregangan dan pelemasan dalam kegiatan pemanasan sederhana 12.2.1 Menjelaskan manfaat makanan 12.2.2 Menjelaskan akibat kurang makan 12.2.3 Menyebutkan macam-macam makanan sehat |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Neng NengNeng ciptaan Pak Kasur. Inti 2. Membaca nyaringbacaan yang berjudul Bel Sekolah. 3. Mmenjawab pertanyaan bacaan dengan lengkap. 4. Menentukan persamaan kata. 5. Mengisi teka-teki silang 6. Menyalin kalimat dengant ulisan tegak bersambung dan huruf kapital yang tepat. Penutup 7. Mendengarkan ceritadari guruyangberjudulTut Tut sedang Bicara. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu yang berjudul Neng Neng Neng. Buku Tematik 1 F Grasindo halaman 2. Teks bacaan. Tekateki Buku Tematik 1 F Grasindo halaman 3-6. Cereita ”Tut Tut sedang Bicara. Buku Tematik 1 F Grasindo halaman 6-7. | |
II. | Pembukaan 1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Neng NengNeng ciptaan Pak Kasur. Inti 2. Memberi warna pada lingkaran gambar-gambar yang menggunakan tenaga manusia. 3. Menuliskan manfaat tenaga manusia. 4. Menuliskan alat-alat rumah tangga yang digerakkan dengan tenaga manusia. 5. Melengkapi kalimat sesuai gambar. 6. Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung dan menggunakan huruf kapital yang tepat. Penutup 7. Berolahraga bersama di lapangan dengan saling mendorong secara berpasangan. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu ”Neng Neng Neng” Buku Tematik 1 F Grasindo halaman10. Benda-benda di sekitar. Alat-alat rumah tangga Gambar-gambar Buku Tematik 1 F Grasindo halaman10-16 | |
III | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Empat Sehat Lima Sempurna dengan lagu Sayang Semua ciptaan Pak Kasur. Inti 2. Menjelaskan manfaat makanan melalui pengamatan gambar. 3. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Jagung Bakar. 4. Melengkapi kalimat berdasarkan bacaan. Penutup 5. Bermain bersaman mengipas balon. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu yang berjudul Empat Sehat Lima Sempurna. Gambar-gambar tentang anak yang kuat dan anak yang kurang tenaga. Teks bacaan ”Jagung Bakar” Buku Tematik 1 F Grasindo halaman 17-20. Balon dan kipas Teknik permainan Buku Tematik 1 F Grasindo halaman 20. | |
IV | Pembukaan 1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Empat Sehat Lima Sempurna dengan lagu Sayang Semua ciptaan Pak Kasur. Inti 2. Membaca bacaan yang berjudul Memasak. 3. Menjawab pertanyaan bacaan dengan lengkap. 4. Menceraikan kata menurut suku katanya. 5. Menjumlahkan dua bilangan dua angka dengan cara bersusun panjang 6. Menjumlahkan dua bilang dua angka dan satu angka dengan cara bersusun panjang. Penutup 7. Mendengarkan cerita yang berjudul Bona Tidak Suka Matematika. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teka lagu ”Empat Sehat Lima Sempurna”. Teks bacaan ”Memasak”. Buku Tematik 1 F Grasindo halaman21-26. Cerita ”Bona Tidak Suka Matematika”. Buku Tematik 1 F Grasindo halaman 26-29. | |
V. | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Nasihat Ibu ciptaan AT. Mahmud. Inti 2. Membaca bacaan yang berjudul Membantu Ibu. 3. Menjawab pertanyaan bacaan dengan lengkap. 4. Membuat kalimat berdasarkan gambar. 5. Membuat kalimat berdasarkan kata. 6. Menjumlahkan dua bilangan dua angka dengan cara bersusun pendek. 7. Menjumlahkan dua bilangan dua angka dengan cara mendatar. Penutup 8. Membuat lampion dari kertas karton ataukertas buffalo. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu ” Nasihat Ibu. Buku Tematik 1 F Grasindo halaman 30. Teks bacaan ” Membantu Ibu” Gambar-gambar. Buku Tematik 1 F Grasindo halaman30-35. Kertas karton atau kertas buffalo, lem, gunting. Teknik membuat lampion. Buku Tematik 1 F Grasindo halaman 35-36. | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Bahasa Indonesia | | | |
2. | Matematika | | | |
3. | Ilmu Pengetahuan Alam | | | |
4. | Seni Budaya dan Keterampilan | | | |
5. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | | | |
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...