Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 05/Keluarga/I/ 1/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Keluarga
Subtema : Makan Bersama
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | 1.2 Memberi contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah 2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah | 1.2.1 Saling membantu dalam meyelesaikan pekerjaan rumah tangga 1.2.2 Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah 2.1.4 Membedakan perbuatan tertib dan tidak tertib 2.1.5 Menjelaskan pentingnya peraturan di rumah 2.1.6 Menjelaskan akibat melanggar peraturan di rumah |
2. | Bahasa Indonesia | 1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita 3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat 4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar | 1.3.1 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita 1.3.2 Menyebutkan watak tokoh-tokoh dalam cerita 3.1.1 Membaca suku kata dengan lafal yang jelas 3.1.2 Membaca kata dengan lafal yang jelas 4.3.1 Menuliskan huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf lepas dan tegak bersambung |
3 | Matematika | 1.1 Membilang banyak benda 1.2 Mengurutkan banyak benda 1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 4.3 Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan | 1.1.1 Membilang dan menyebutkan banyak benda 1.1.2 Menghitung banyaknya teman sekelas 1.1.3 Membaca lambang bilangan 1.1.4 Menulis lambang bilangan 1.1.5 Menulis nama bilangan 1.2.3 Mengurutkan sekelompok benda 1.2.4 Mengurutkan bilangan dari terkecil ke terbesar 1.2.5 Mengurutkan bilangan dari terbesar ke terkecil 1.2.7 Melengkapi urutan bilangan 1.3.1 Menjumlahkan 2 kumpulan benda 1.3.3 Menjumlahkan 2 bilangan 1 angka dan 2 angka 1.3.6 Menggunakan sifat pengelompokan untuk mempermudah penjumlahan 4.3.1 Menyebutkan nilai tempat suatu bilangan 2 angka |
4 | Ilmu Pengetahuan Alam | 1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat) | 1.2.1 Mengelompokkan makanan sehat menurut jenisnya 1.2.2 Menjelaskan kegunaan makanan bagi tubuh 1.2.3 Menjelaskan akibat makan makanan tidak sehat |
5 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 1.1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat 2.1 Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga | 1.1.7 Menjelaskan hubungan kekerabatan 1.1.8 Menjelaskan kedudukan masing-masing anggota keluarga 2.1.3 Menjelaskan makanan pokok berbagai suku 2.1.4 Mengenal ritual makan bersama pada berbagai suku |
| Seni Budaya dan Keterampilan | 10.3 Mengekspresikan diri melalui vokal, alat musik atau sumber bunyi sederhana | 10.3.1 Mengekspresikan diri melalui lagu |
| Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 6.3 Memraktikkan gerak dasar menangkap objek berbagai ukuran dalam permainan sederhana, dan kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab 11.3 Memraktikkan pemanfaatan makanan dan minuman yang baik | 6.3.1 Memraktikkan gerak melempar benda ke objek tertentu 11.3.1 Makan makanan sehat secara bersama-sama dengan sopan |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Sayang Kakek ciptaan Pak Kasur. 2. Bertanya jawab tentang isi lagu. Inti 3. Mendengarkan cerita tentang Kedatangan Kakek. 4. Mengamati dan membaca gambar silsilah keluargakakaek 5. Melengkali kalimat berdasrkan gambar. 6. Memasangkan gambar tentang keluarga. 7. Membaca suku karta, kata dan kalimat sederhana penekanan huruf ng dan ny. 8. Menceraikan kata menurut suku katanya. 9. Menuliskan kembali kalimat sederhana yang diucapkan guru. Penutup 10. Mendengarkan cerita yang berjudul Jangan Bawa Pulang Masalah | 15 menit 15 menit 35 menit 10 menit 15 menit 20 menit 25 menit 20 menit 20 menit | Teks lagu Sayang Kakaek Cerita Kedatangan Kakek. Gambar Silsilah keluarga Kakek Kartu huruf, suku kata, kata, dan kalimat sedehana. Cerita Jangan Bawa Pulang Masalah. | |
II. | Pembukaan: 1. Menyanyikan yang berjudul Makanan Sehat versi lagu Sayang Semua ciptaan Pak Kasur. 2. Bertanya jawab isi lagu. Inti 3. Mendengarkan cerita yang berjudul Makan Bersama 4. Menyebutkan makana Sehat. 5. Membaca bacaan sedehan yang berjudul Cerota kakek. 6. Menjawab pertanyaan bacaan dengan singkat. 7. Menjelaskan kegunaan makanan. 8. Menjelaskan akibat jika jurang makan. 9. Mengelompokkan makana berdasarkan jenisnya dengan cara mengisi table. Penutup 10. Mewarnai gambar makana sehat. | 15 menit 20 menit 15 menit 20 menit 15 menit 20 menit 20 menit 15 menit 35 menit | Teks lagu Makanan Sehat. Cerita Makan Bersama. Gambar makan sehat. Teks bacaan Cerita kakek. Tabel jenis-jenis makanan. Gambar sketsa makanan sehat. | |
III. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu yang berjudul makan jangan bersuara ciptaan Pak Kasur. 2. Bertanya jawab tentang isi lagu. Inti 3. Mendengarkan cerita yang berjudul Tata Tertib di Rumah. 4. Bertanya jawab tentang isi cerita. 5. Menuliskan aturan-aturan yang berlaku di rumah. 6. Membedakan perbuatan tertib dan tidak tertib dengan memberi tanda cek (√) pada tabel. 7. Menuliskan akibat melanggar peraturan di rumah. 8. Mwmbaca, kata dan kalimat sederhana penekanan huruf f dan v. 9. Menuliskan kembali kalimat sederhana yang diucapkan guru. 10. Menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan tulisan lepas dan tulisan tegak bersambung. ( Huruf f dan v ) Penutup 11. Menyanyikan kembali lagu Makan jangan Bersuara. | 10 menit 10 menit 15 menit 20 menit 25 menit 15 menit 15 menit 20 menit 35 menit 10 menit | Teks lagu Makan Jangan Bersuara. Cerita tata tertib di rumah. Table perbuatan baik dan tidak baik. Kartu huruf f dan v. Kata dan kalimat sederhana. Teks lagu Makan Jangan Bersuara | |
IV. | Pembukaan: 1. Bermain bola keranjang. Inti 2. Membaca lambang bilangan 11-20. 3. Menuliskan nama bilangan 1-20 4. Menghitung banyak benda. 5. Menggambar banyak benda. 6. Membandingkan 2 bilangan dengan tanda lebih kecil (<), lebih besar (>) atau sama dengan (=). 7. Mengurutkan bilangan dari yang terkecil. 8. Mengurutkan bilangan dari yang terbesar. Penutup 9. Mendengarkan dongeng yang berjudul Willi dan Balonnya. | 35 menit 15 menit 25 menit 20 menit 35 menit 15 menit 20 menit 10 menit | Teknik permainan, bola Lambang bilangan 11-20. Benda-benda di kelas. Gambar-gambar. Dongeng Willi dan Balonnya | |
V. | Pembukaan: 1. Membaca komik. Inti 2. Menentukan nilai tempat suatu bilangan. 3. Menjumlahkan 2 kumpulan benda. 4. Menjumlahkan 2 bilangan satu angka. 5. Menjumlahkan 2 bilangan 2angka dan 1 angka. Penutup 6. Mendengarkan cerita. | 35 menit 25 menit 30 menit 35 menit 35 menit | Komik Benda-benda di dalam kelas. Gambar-gambar. Dongeng. | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | Tertulis | Pilihan Ganda Isian singkat / melengjapi kalimat Uraian terbatas | Soal terlampir |
2. | Bahasa Indonesia | Tertulis Kinerja | Isian singkat / melengkapi kalaiamt Skala Penilaian | Soal terlampir Format penilaian tetlampir |
3. | Matematika | Tertulis | Isian singkat/melengkapi | Soal terlampir |
4. | Ilmu Pengetahuan Alam | Tertulis | Pilihan ganda Isian singkat / melengkapi Uraian terbatas | Soal terlampir |
5 | Ilmu Pengetahuan Sosial | Tertulis Kinerja | Pilihan ganda Isian singkat / melengkapi Uraian Skala Penilaian | Soal terlampir Format penilaian tetlampir |
5. | Seni Budaya dan Ketrampilan | Kinerja | Skala Penilaian | Format penilaian tetlampir |
6. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | Kinerja | Skala Penilaan | Format penilaian tetlampir |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Membaca kata dengan lafal yang jeklas
No | Nama Siswa | Aspek penilaian | Nilai akhir | ||
Lafal | Intonasi | Keberanian | | ||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : IPS
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Mengenal ritual makan bersama pada berbagai suku ( Mewarnai gambra ritul tumpeng).
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Komposisi warna | Kesesuaiana | Kerapian | |||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Mengekspresikan diri melalui lagu.
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Keberanian | ekspresi | vokal | |||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Penjaskes
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Mempraktikan gerak melempar benda ke objek tertentu
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Ketangkasan | Keberania | Banyaknya bola | |||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...