Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 25/Energi/I/ 2/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Energi
Subtema : Energi Baterai dan Magnet
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | 3.2 Melaksanakan hak anak di rumah dan disekolah | 3.2.3 Menjelaskan akibat tidak menggunakan haknya dengan penuh tanggung jawab |
2. | Bahasa Indonesia | 7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat 8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung | 7.1.1 Membaca teks dengan lancar dan intonasi yang tepat 8.1.1 Menuliskan kalimat sederhana dengan ejaan yang benar 8.1.3 Menuliskan kalimat dengan huruf tegak bersambung dan ejaan yang benar |
3. | Matematika | 4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan 2 angka 4.5 Menggunakan sifat operasi pertukaran dan pengelompokan 4.6 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka | 4.4.2 Menjumlahkan 2 bilangan 2 angka dan 1 angka 4.5.1 Menggunakan sifat operasi pengelompokan untuk mempermudah penghitungan 4.6.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan 2 bilangan |
4. | Ilmu Pengetahuan Alam | 4.2 Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (baterai, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet) | 4.2.1 Menjelaskan penyebab benda bergerak 4.2.5 Mendata alat-alat yang menggunakan baterai sebagai sumber energi 4.2.6 Mengelompokkan benda-benda yang dapat dan tidak dapat ditarik magnet 4.2.7 Menjelaskan kegunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari |
5. | Seni Budaya dan Keterampilan | 10.4 Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib | 10.4.1 Menyanyikan salah satu lagu wajib |
6. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 7.2 Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam posisi bergerak | 7.2.1 Berjalan dengan posisi tubuh tegak |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Teka teki ciptaan Ibu Sud. Inti 2. Mengamati benda-benda yang menggunakan baterai dan menyebutkan namanya. 3. Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat. 4. Menjumlahkan dua bilangan dua angka dengan cara mendatar. Penutup 5. Mendengarkan cerita yang berjudul Angsa yang Pandai Bernyanyi. 6. Memberi tugas kepada siswa untuk membawa mainan yang bisa bergerak atau berbunyi (Bagi yang memiliki). | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Teka-Teki. Jam, radio, remot control, baterai, mobil-mobilan, senter, dan gambar benda yang menggunakan baterai. Tematik 1 F Grasindo halaman 67-71. Cerita ” Angsa yang Pandai Bernyanyi”. | |
II. | Pembukaan 1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Teka teki ciptaan Ibu Sud. Inti 2. Bermain bersama dengan mainannya yang di bawanya. 3. Menjelaskan alasan mainan itu dapat bergerak atau berbunyi. 4. Menjelaskan akibat bila bila baterai dalam mainan itu dilepas. 5. Menjelaskan akibat bila pegas dalam mainan itu tidak diputar. 6. Mengelompokkan mainan yang menggunakan baterai dan mainan yang menggunakan pegas. 7. Melengkapi kalimat berdasarkan gambar. 8. Menjumlahkan dua bilangan dua angka. Penutup 9. Bermain “Berjalan Lurus dengan mata Tertutup” | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Teka-Teki. Alat-alat permainan yang dapat berbunyi atau bergerak. Gambar-gambar. Buku Tematik 1 F Grasindo halaman73-78. | |
III | Pembukaan 1. Mendengarkan cerita dari guru yang berjudul Tukang Jam. Inti 2. Mengamati benda-benda yang menggunakan magnet. 3. Menjelaskan manfaat magnet dengan melengkapi kalimat berdasarkan gambar. 4. Mendata benda -benda yang dapat ditarik oleh magnet berdasarkan percobaan. 5. Mendata benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet berdasarkan percobaan. 6. Menyusun kata menjadi kalimat. 7. Menjumlahkan dua bilangan dua angka. Penutup 8. Mendengarkan cerita dari guru yang berjudul Layang-Layang | 35 menit 105 menit 35 menit | Cerita “Tukang Jam” Magnet, kotak pensil, tas, sepatu, hiasan tempel ( benda-benda yang menngunakan magnet) Tematik 1 F Grasindo halaman79-84. Cerita ”Layang-Layang”. Tematik 1 F Grasindo halaman 84 - 87. | |
IV | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu wajib yang berjudul Berkibarlah Benderaku ciptaan Ibu Sud. Inti 2. Menuliskan benda-benda yang bergerak karena angin berdasarkan pengamatan gambar. 3. menjelaskan manfaat angin dalam kehidupan sehari-hari. 4. Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung. Penutup 5. Menyanyikan kembali lagu wajib yang berjudul Berkibarlah Benderaku. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Berkibarlah Benderaku”. Gambar benda yang bergera karena angin. Tematik 1 F Grasindo halaman 87-90. | |
V. | Pembukaan 1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Layang-layang ciptaan A.T. Mahmud. Inti 2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Bermain Layang-layang. 3. Menjawah pertanyaan bacaan dengan lengkap. 4. Menceritakan gambar seri. 5. Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan penjumlahan 2 bilangan 2 angka. Penutup 6. Mendengarkan cerita dari guru yang berjudul Mia Nakal. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu Layang-Layang. Bacaan”Bermain Layang-layang. Gambar seri. Tematik 1 F Grasindo halaman 91-96. Cerita “Mia Nakal” Tematik 1 F Grasindo halaman 96-98. | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | | | |
2. | Bahasa Indonesia | | | |
3. | Matematika | | | |
4. | Ilmu Pengetahuan Alam | | | |
5. | Seni Budaya dan Keterampilan | | | |
6. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | | | |
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...