Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 10/Lingkungan/I/ 1/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Lingkungan
Subtema : Kegunaan Benda-benda di Sekolah
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | 1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah | 1.3.2 Membandingkan sikap rukun dan tidak rukun di rumah 1.3.4 Mengidentifikasi penyebab hidup tidak rukun 1.3.5 Menjelaskan akibat hidup tidak rukun |
2. | Bahasa Indonesia | 1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa 1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita 2.3 Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana 3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat 3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar 4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar | 1.1.2 Mencari kata-kata baru dengan bunyi yang sama 1.1.3 Membaca kata-kata yang bunyinya sama 1.3.1 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita 1.3.2 Menyebutkan watak tokoh-tokoh dalam cerita 2.3.2 Menebak nama benda sesuai ciri-cirinya 2.3.3 Mendeskripsikan nama sesuai ciri-cirinya 3.1.3 Menyusun kata-kata menjadi kalimat 3.2.2 Membaca teks pendek dengan suara nyaring 4.3.4 Menulis kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung 4.4.2 Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai |
3 | Ilmu Pengetahuan Alam | 3.1 Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan 3.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya 3.3. Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar | 3.1.4 Mencari persamaan dari beberapa benda 3.1.5 Mencari perbedaan dari beberapa benda 3.2.1 Mengubah bentuk benda dengan berbagai macam cara 3.2.2 Menjelaskan cara mengubah bentuk benda 3.2.3 Mengelompokkan benda-benda yang mudah dan sulit diubah bentuknya 3.3.1 Menyebutkan benda-benda yang ada dilingkungan sekolah 3.3.2 Menyebutkan fungsi dari benda-benda di lingkungan sekolah 3.3.3 Menjelaskan cara merawat benda 3.3.4 Mendemonstrasikan cara menggunakan benda |
4 | Seni Budaya dan Keterampilan | 4.2 Mengekspresikan diri melalui vokal 10.2 Memeragakan dinamika sederhana | 4.2.2 Menyanyikan salah satu lagu wajib nasional 10.2.1 Menyanyikan lagu dengan memperhatikan keras lembutnya (dinamik) |
5 | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 6.1 Memraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab, dan toleransi | 6.1.1 Melakukan permainan sederhana tanpa alat secara berkelompok |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu berjudul Kembali ke Sekolah ciptaan A.T. Mahmud. 2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu. Inti: 3. Mengamati gambar benda-benda di kelas, kemudian mendata kegunaan benda-benda tersebut 4. Menuliskan kegunaan benda-benda di kelas ke dalam tabel 5. Mengamati gambar benda kemudian mendeskripsikan benda berdasarkan cirri-ciri benda tersebut dengan menyebutkan bentuk, bahan, warna, dan kegunaannya. 6. Menjelaskan cara merawat benda. 7. Mendemonstrasikan cara menggunakan benda. Penutup: Menyanyikan lagu berjudul Bersihkan Halaman. | 25 menit 20 menit 25 menit 35 menit 15 menit 35 menit 20 menit | Teks lagu Kembali ke Sekolah. Benda-benda di kelas. Gambar-gambar benda-benda di kelas Teks lagu Bersihkan Halaman | |
II. | Pembukaan: 1. Menyanyikan kembali lagu berjudul Bersihkan Halaman ciptaan A.T. Mahmud. 2. Menjawab pertanyaan sesuai isi lagu Inti: 3. Mengamati benda-benda di luar kelas 4. Menjelaskan kegunaan benda-benda di luar kelas 5. Menuliskan nama benda dan kegunaannya ke dalam tabel 6. Menebak benda berdasarkan ciri-ciri fisiknya. 7. Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat. 8. Membaca nyaring bacaan berjudul Perpustakaan. 9. Mengucapkan kata-kata dengan diftong ai dan au 10. Mencari kata-kata yang mengandung diftong ai dan au. Penutup: 1. Mendengarkan cerita berjudul Harta di Perapian. | 20 menit 15 menit 20 menit 25 menit 20 menit 10 menit 15 menit 15 menit 20 menit 15 menit | Teks lagu Bersihkan Halaman Benda-benda di luar kelas. Bacaan Perpustakaan Cerita Harta di Perapian | |
III. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu berjudul Tukang Kayu ciptaan Pak Dal 2. Menjawab pertanyaan sesuai isi lagu Inti: 3. Menentukan persamaan dan perbedaan benda berdasarkan gambar 4. Menyebutkan perbedaan benda-benda dengan mengamati gambar 5. Menyusun kata-kata menjadi kalimat dimulai dengan kata yang tebal 6. Menulis kalimat dengan tulisan tegak bersambung. Penutup: 7. Mendengarkan cerita berjudul Si Putih dan Si Belang | 20 menit 35 menit 35 menit 30 menit 35 menit 20 menit | Teks lagu Tukang Kayu. Benda-benda di dalam kelas. Gambar benda-benda. Kata dan kalimat sederhana. Cerita Si Belang dan Si Putih | |
IV. | Pembukaan: 1. Menyanyikan kembali lagu Tukang Kayu ciptaan Pak Dal. 2. Guru memperagakan cara menebang pohon, memotong kayu, dan memukul paku Inti: 3. Mengamati kegiatan yang dilakuan guru ketika mengubah bentuk benda, misalnya memotong roti dan memotong buah. 4. Praktik mengubah pentuk benda. 5. Menjawab pertanyaan tentang perubahan benda 6. Menuliskan cara-cara perubahan bentuk benda ke dalam tabel. 7. Membuat benda dari plastisin atau tanah liat Penutup: 8. Melakukan permainan Kucing dan Tikus | 20 menit 10 menit 30 menit 10 menit 30 menit 50 menit 25 menit | Teks lagu Tukang Kayu Gunting, pisau, korek, buah, roti, kertas plastisin Teknik permainan Kucing dan Tikus. | |
V. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa Inti: 2. Praktik mematahkan sapu lidi dan lidi dengan menggunakan tangan 3. Menyebutkan benda yang mudah dan sulit diubah bentuknya dengan cara memberi tanda cek (√). pada table. 4. Menyebutkan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun melalui pegamatan gambar. 5. Mengamati gambar kemudian menuliskan tindakan yang benar sesuai gambar 6. Membaca bacaan berjudul Anak Nakal 7. Menjelaskan penyebab hidup tidak rukun Penutup: 8. Mendengarkan cerita Petak Umpet | 20 menit 20 menit 30 menit 35 menit 35 menit 20 menit 15 menit | Teks lagu Satu NUsa Satu Bangsa Sapu lidi, lidi Gambar-gambar tentang hidup rukun. Bacaan Anak Nakal Cerita Petak Umpet | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Pend. Kewarganegaraan | Tertulis | Pilihan ganda isian singkat/melengkapi kalimat | Soal terlampir |
2 | Bhs Indonesia | tertulis kinerja | isian singkat/melengkapi kalimat skala penilaian | Soal, format dan aspek penilaian, terlampir. |
3. | IPA | Tertulis Kinerja | Pilihan Ganda Isian singkat Uraian Terbatas Skala penilaian | Soal, format dan aspek penilaian, terlampir |
4. | SBK | Kinerja | skala penilaian | Format dan aspek penilaian terlampir |
5 | Penjaskes | kinerja | skala penilaian | Format dan aspek penilaian terlampir |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Membaca teks pendek dengan suara nyaring
No | Nama Siswa | Aspek penilaian | Nilai akhir | |
Lafal | Intonasi | |||
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : IPA
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Mendemonstrasikan cara menggunakan benda
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | |
Kesesuaian kegunaan benda | Cara penggunaan | |||
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Menyanyikan lagu dengan memperhatikan keras lembutnya
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Dinamika | ritme | ekspresi | |||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Penjaskes
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Melakukan permainan sederhana tanpa alat secara berkelompok
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | |
kerjasama | Sportivitas | |||
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...