Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 11/Lingkungan/I/ 1/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Lingkungan
Subtema : Tata Tertib di Rumah
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | 2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah 4.1 Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah | 2.2.1 Menyebutkan tata tertib di rumah 2.2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah 2.2.3 Menjelaskan manfaat melaksanakan tata tertib di rumah 2.2.4 Menjelaskan akibat melanggar tata tertib di rumah 4.1.1 Menerapkan tata tertib di rumah 4.1.2 Menerapkan tata tertib di sekolah |
2. | Bahasa Indonesia | 3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar 6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti | 3.2.2 Membaca teks pendek dengan suara nyaring 4.4.2 Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai 4.4.3 Melengkapi kalimat berdasarkan gambar 6.1.1 Menceritakan isi gambar tunggal tentang peristiwa menyenangkan 6.1.2 Menceritakan gambar tunggal tentang peristiwa menyedihkan 6.1.3 Menceritakan isi gambar seri sesuai urutan |
3 | Matematika | 2.1 Menentukan waktu (pagi,siang, malam), hari, dan jam (secara bulat) 2.2 Menentukan lama suatu kejadian berlangsung 2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang | 2.1.1 Membedakan kegiatan yang dilakukan pada waktu pagi, siang, atau malam 2.1.2 Membaca jam yang ditunjukkan oleh jarum jam analog 2.1.3 Menulis waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog 2.1.4 Menggambar jarum jam sesuai waktu yang ditentukan 2.2.1 Menghitung lama suatu kegiatan 2.2.2 Membandingkan lama suatu kegiatan 2.4.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu |
4 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 1.2 Menceritakan pengalaman diri 2.1 Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga | 1.2.1 Menyebutkan pengalaman dirinya yang menyenangkan 1.2.2 Menceritakan pengalaman dirinya yang menyenangkan 1.2.3 Menyebutkan pengalaman dirinya yang menyedihkan 1.2.4 Menceritakan pengalaman dirinya yang menyedihkan 2.1.1 Menyebutkan peristiwa penting yang dialami dalam keluarga 2.1.2 Menceritakan salah satu peristiwa penting dalam keluarga |
5 | Seni Budaya dan Keterampilan | 4.3 Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia 10.1 Menampilkan permainan pola irama dan melodi sederhana | 4.3.1 Menyanyikan lagu anak-anak sambil bertepuk sesuai irama 10.1.1 Menunjukkan kesesuaian tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan |
| Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 1.3 Memraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri | 1.3.3 Memraktikkan gerak dasar mendribel bola |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Kring Kring Kring ciptaan Pak Kasur. 2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu. Inti: 3. Membaca nyaring bacaan Hadiah Ulang Tahun. 4. Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan. 5. Mengamati gambar pengalaman menyenangkan dan menceritakan isi gambar 6. Menuliskan cerita pengalaman yang menyenangkan Penutup: 7. Menyanyikan lagu Ulang tahun | 25 menit 20 menit 20 menit 40 menit 50 menit 20 menit | Lagu Kring,Kiring, Kring. Bacaan Hadiah Ulang tahun Gambar-gambar pengalaman menyenangkan. Lagu Ulang Tahun | |
II. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu berjudul Jangan Menangis Adik ciptaan Ibu Sud. 2. Menjawab pertanyaan sesuai isi lagu Inti: 3. Membaca nyaring bacaan berjudul Mainan Tono Rusak 4. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan 5. Mengamati dan menceritakan gambar 6. Menceritakan pengalaman yang menyedihkan Penutup: 7. Menyanyikan lagu Jangan Menangis Adik | 35 menit 20 menit 35 menit 15 menit 50 menit 20 menit | Teks lagu Jangan Menangis Adik Bacaan Mainan Tono Rusak Gambar pengalaman menyedihkan Lagu Jangan Menangis Adik | |
III. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Bangun Tidur dan menjawab pertanyaan sesuai isi lagu Inti: 2. Menceritakan gambar seri tentang tata tertib di rumah. 3. Menuliskan kegiatan-kegiatan tertib di rumah 4. Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat 5. Membuat kalimat dengan kata yang telah tersedia Penutup: 6. Mendengarkan cerita berjudul Setelan Baru | 20 menit 50 menit 35 menit 20 menit 30 menit 20 meinit | Teks lagu Bangun Tidur Gambar seri kegiatan setelah bangun tidur. Cerita Setelan Baru | |
IV. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu berjudul Teka Teki ciptaan Ibu Sud. 2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu Inti: 3. Membaca jadwal kegiatan harian 4. Mengamati gambar dan menuliskan waktu yang ditunjukkan jarum jam 5. Menuliskan waktu yang ditunjukkan oleh gambar jam Pentup: 6. Mendribel bola | 25 menit 20 menit 35 menit 35 menit 60 menit | Teks lagu Teka-teki. Jadwal Kegiatan Harian. Jam dinding Gambar jam Bola | |
V. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Teka Teki ciptaan Ibu Sud. Inti: 2. Membaca jadwal kegiatan 3. Menjawab pertanyaan tentang lama kegiatan sesuai jadwal kegiatan 4. Mengamati gambar anak terlambat masuk sekolah. 5. Menjawab pertanyaan sesuai isi gambar. 6. Menyelesaikan soal cerita tentang waktu. 7. Membandingkan lama suatu kegiatan Penutup: 8. Mendengarkan cerita berjudul Roti Panggang | 35 menit 10menit 25menit 10 menit 25 menit 35 menit 25 menit 15 menit | Teks lagu Teka-teki. Jadwal kegiatan harian. Gambar anak terlambat masuk sekolah. Cerita Roti panggang | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Pend. Kewarganegaraan | tertulis | Pilihan ganda
| Soal terlampir |
2. | Bhs | Kinerja tertulis | Skala penilaian Isian Singkat/melengkapi kalimat | Format penilaian terlampir Soal terlampir |
3. | Matematika | tertulis | Isian singkat, Uraian terbatas, | Soal terlampir |
4. | IPS | Tertulis Kinerja | Pilihan ganda Isian Singkat Uraian terbatas skala penilaian | Soal terlampir Format penilaian terlampir |
5. | SBK | Kinerja | skala penilaian | Format penilaian terlampir |
6. | Penjaskes | kinerja | skala penilaian | Format penilaian terlampir |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Membaca teks pendek dengan suaran nyaring
No | Nama Siswa | Aspek penilaian | Nilai akhir | |
Lafal | Intonasi | |||
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : IPS
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Menceritakan salah satu peristiwa penting dalam keluarga
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | |
Kelengkapan ceritera | Orisinilitas cerita | |||
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Produk
Indikator : Menyanyikan lagu anak-anak sambil bertepuk sesuai irama
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | |
Irama | Keseresaian tepukan | |||
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Penjaskes
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Mempraktikkan gerak dasar mendribel bola
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | |
Tekhnik | Kekuatan fisik | |||
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...