Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 21/Pengalaman/I/ 2/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Pengalaman
Subtema : Pengalaman Berkebun
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Bahasa Indonesia | 5.1 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar 6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti 7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat 7.2 Membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat 8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung 8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung | 5.1.2 Mendeskripsikan benda berdasarkan ciri-ciri fisiknya 6.1.3 Menceritakan isi gambar seri sesuai urutan 7.1.1 Membaca teks dengan lancar dan intonasi yang tepat 7.2.1 Membaca puisi dengan intonasi yang benar 8.1.1 Menuliskan kalimat sederhana dengan ejaan yang benar 8.1.3 Menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung dan ejaan yang benar 8.1.4 Menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung 8.2.1 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung |
2. | Matematika | 4.6 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan 2 angka | 4.6.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan 2 bilangan |
3. | Ilmu Pengetahuan Alam | 2.3 Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan, dan lingkungan sekitar | 2.3.1 Merawat tanaman agar tumbuh subur 2.3.2 Menjelaskan cara merawat tanaman agar tumbuh subur 2.3.3 Menjelaskan keuntungan merawat tanaman |
4. | Seni Budaya dan Ketrampilan | 4.5 Menyanyikan lagu anak-anak secara individul, kelompok maupun klasikal | 4.5.1 Menyanyikan salah satu lagu anak-anak secara individu di depan kelas |
5. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 1.1 Memraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi, dan percaya diri 6.3 Memraktikkan gerak dasar menangkap objek berbagai ukuran dalam permainan sederhana dan kerjasama, toleransi, kejujuran, dan tanggung jawab | 1.1.3 Mempraktikkan gerakan lari dan melompat 6.3.1 Memraktikan gerak melempar benda ke objek tertentu |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan 1. Mendengarkan cerita tentang pengalaman Bima berkebun di rumah kakek. Inti 2. Menceritakan gambar seri dengan bahasa anak sendiri. 3. Menjelaskan cara merawat tanaman. 4. Menyanyikan lagu anak-anak secara individu di depan kelas. 5. Melengkapi kalimat berdasar kata yang tepat. 6. Membuat kalimat dengan kata yang tepat. Penutup 7. Mendengarkan cerita yang berjudul “Berkebun Yuk” | 35 menit 105 menit 35 menit | Cerita pengalaman Bima. Buku Tematik 1E halaman102 Gambar-gambar. Buku Tematik 1E halaman103-106 Cerita “Berkebun Yuk” Buku Tematik 1E halaman 106-108. | |
II. | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Menanam Jagung ciptaan Ibu Sud. Inti 2. Membaca nyaring teks pendek yang berjudul Menanam Jagung. 3. Melengkapi kalmat sesuai isi bacaan. 4. Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung. 5. Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan penjumlahan 3 bilangan satu angka. Penutup 6. Bermain bola keranjang
| 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu Menanam Jagung. Buku Tematik 1E halaman 108-109. Teks bacaan Menanam jagung. Buku Tematik 1E halaman 109-112 Bola tennis, keranjang Teknik permaianan. Buku Tematik 1E halaman 113. | |
III | Pembukaan 1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Menanan Jagung. Inti 2. Membaca nyaring teks pendek yang berjudul Menanan di Pot. 3. Menjawabpertanyaan sesuai isi bacaan. 4. Praktik merawat tanaman 5. Menceritakan gambar seri tentang cara menanam. Penutup 6. Membaca puisi yang berjudul Tanamanku. 7. Menyalin puisi dengan tulisan tegak bersambung. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu Menananm Jagung. Bacaan yang berjudul Menanan di Pot. Pot, pupuk, tanah, benih atau bibit tanaman, sarung tanagn Gambar-gambar Buku Tematik 1E halaman116-118 Puisi “Tanamanku” Buku Tematik 1E halaman118. | |
IV | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu yang berjudul “Buah Apa Itu” ciptaan Pak Kasur. Inti 2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Berkebun. 3. Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan secar lengkap. 4. Menyebutkan nama dan kegunaan benda-benda / alat untuk berkebun. 5. Membuat kalimat berdasarkan gambar. 6. Menentukan hasil kebun dengan melengkapi tabel. 7. Menebak nama buah atau tanaman berdasarkan ciri-ciri fisiknya. 8. Menuliskan kalimat dengan menyebutkan ciri-ciri dari gambar. Penutup Mendengarkan cerita yang berjudul Bungan Mawar untuk Ibu. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Buah Apa Itu” Bacaan yang berjudul Berkebun. Pot, sabit. Gembor. Cangkul gunting rumput. Gambar-gambar alat-alat untuk berkebun. Buku Tematik 1E halaman121-127. Cerita “Bunga mawar untuk Ibu” Buku Tematik 1E hal 128-129. | |
V. | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Lihat Kebunku. Inti 2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Bunga Mawar. 3. Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan dengan lengkap. 4. Menebak nama tanaman berdasarkan ciri-ciri fisiknya. 5. Membuat kalimat sesuai gambar. 6. Menjelaskan keuntungan merawat tanaman. 7. Menuliskan kembali kalimat yang didiktekan guru. Penutup Mendengarkan cerita yang berjudul Pohon Si Kaya Manfaat. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu Lihat Kebunku. Bacaan “ Bunga Mawar” Bunga melati, mawar. Gambar-gambar Buku Tematik 1E halaman 130-134. Cerita “Pohin Si Kaya Manfaat”. Buku Tematik 1E halaman 135-136. | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Bahasa Indonesia | | | |
2. | Matematika | | | |
3. | Ilmu Pengetahuan Alam | | | |
4. | Seni Budaya dan Ketrampilan | | | |
5. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | | | |
6. | | | | |
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...