RPP Kelas 1 Tema Diri Sendiri (sub tema: Berkenalan)

01 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 01/Diri Sendiri/I/ 1/ ... - ...

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Diri Sendiri

Subtema : Berkenalan

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa

1.1.1 Membedakan dan mengelompokkan nama teman sekelas berdasarkan jenis kelamin

2.

Bahasa Indonesia

1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa

2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun

3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat

4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf

4.2. Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf

1.1.1 Membedakan dan melafalkan bunyi bahasa

2.1.1 Mengucapkan nama lengkap dan nama panggilan

3.1.1 Membaca suku kata dengan lafal yang jelas

4.1.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf

4.2.1 Menebalkan titik-titik, garis, lengkung, dan lingkaran pembentuk huruf

3.

Matematika

1.1 Membilang banyak benda

1.1.1 Membilang dan menyebutkan banyak benda

1.1.2 Menghitung banyaknya teman sekelas

1.1.3 Membaca lambang bilangan

1.1.4 Menulis lambang bilangan

4.

Ilmu Pengetahuan Alam

1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya

1.1.1 Menyebutkan bagian-bagian anggota tubuh

5.

Ilmu Pengetahuan Sosial

1.1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat

1.1.1 Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama diri, orangtua, dan saudara kandungnya

6.

Seni Budaya dan Keterampilan

4.2 Mengekspresikan diri melalui vokal

4.2.1 Menyanyikan lagu anak-anak dengan vokal yang jelas

7.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi, dan percaya diri

3.2 Mempraktikkan gerak keseimbangan statis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin

1.1.1 Melakukan permainan secara berpasangan

3.2.1 Melakukan gerak keseimbangan pada garis lurus

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana Sumber

Catatan Guru

I

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Anak Baru

2. Bertanya jawab tentang isi lagu.

Inti:

3. Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap, nama panggilan, nama ayah dan nama ibu di depan kelas

Penutup

4. Mendengarkan cerita berjudul Teman Baru.

35 menit

125 menit

15 menit

Lagu Anak Baru

Identitas diri dan teman-temannya

Cerita Teman Baru

II

Pembukaan:

1. Menyanikan kembali lagu Anak Baru

2. Menjelaskan arti nama pada lagu Anak Baru.

Inti

3. Menyebutkan nama lengkap dan menjelaskan arti nama.

4. Menirukan nama-nama yang diucapkan guru berdasarkan daftar yang ditulis.

5. Menirukan ucapan guru dalam membaca kata.

6. Mewarnai kotak huruf di bawah gambar sesuai petunjuk.

7. Membaca suku kata dan kata (penekanan huruf a, i, n, m, u, e, o)

Penutup

8. Menyanyikan lagu Siapa Namamu ciptaan A.T. Mahmud.

15 menit

35 menit

15menit

15 menit

35 menit

55 Menit

10 menit

Lagu Anak baru

Identitas diri dan murid

Gambar anak laki-laki dan perempuan

Kartu huruf dan suku kata

Lagu Siapa Namamu

III

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Boneka sambil menggambar.

Inti:

2. Menebalkan titik-titik pembentuk huruf

3. Menyalin huruf , suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf lepas.

4. Menyalin huruf , suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf sambung.

Penutup:

5. Berjalan diatas garis lurus dilanjutkan bermain si buta dan si bunting di halaman sekolah.

20 menit

35 menit

35 menit

35 menit

45 menit

Teks lagu Boneka.

Gambar boneka.

Garis lurus, lengkung pembentuk huruf.

Teknik permainan.

Kain penutup, bola.

IV.

Pembukaan:

1. Menyanyikan kembali lagu berjudul Boneka

Inti:

2. Membaca suku kata penekakanan huruf b,l,p,c.

3. Membaca kata berdasarkan gambar.

4. Membaca kata dan kalimat sederhana.

5. Menulis huruf. l. b. p. c dengan huruf lepas.

6. Menulis huruf, l. b, p, c, dengan tulisan sambung.

Penutup

7. Mendengarkan cerita yang berjudul Salam Lima Huruf.

10 menit

25menit

25 menit

30 menit

35 menit

35 menit

10 menit

Teks lagu Boneka.

Kartu huruf

Gambar-gambar

Cerita yang berjudul Salam Lima Huruf.

V.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Mana jempol sambil menunjukkan anggota tubuh sesuai syair lagu.

Inti

2. Mengamati gambar anggota tubuh.

3. Membandingkan anggota tubuhnya dengan gambar yang diamati.

4. Menyebutkan nama anggota tubuh yang ditunjukkan oleg guru pada gambar.

5. Memegang anggota tubuhnya sesuai ucapan guru.

6. Membaca kata-kata sesuai gambar.

7. Memasangkan gambar anggota tubuh dengan kata yang sesuai.

8. Menghitung banyak anggota tubuh.

9. Membaca lambang bilangan 1-10.

10. Memasangkan gambar sesuai lambang bilangan.

11. Menulis lambang bilangan 1-10.

Penutup

12. Menyanyikan lagu yang berjudul Dua Mata Saya ciptaan Pak Kasur.

20 menit

15 menit

35 menit

20 menit

15 menit

20 menit

10 menit

10 menit

15 menit

15 menit

Teks lagu mana Jempol

Angota tubuh.

Gambar anggota tubuh

Kata-kata

Bilangan dan lambangnya

Teks lagu Dua Mata Saya.

III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

Tertulis

Isian singkat/ melengkapi

Uraian terbatas

Soal terlampir

2.

Bahasa Indonesia

Kinerja

Produk

Uraian terbatas

Skala Penilan

Analitik

Soal terlampir

Format penilaian terlampir

3.

Matematika

Kinerja

Tertulis

Skala penilaian

Isian singkat

Format penilaian terlampir

Soal terlampir

4.

Ilmu Pengetahuan Alam

Tertulis

Pilihan Ganda

Isian singkat/ melengkapi

Uraian terbatas

Soal terlampir

5.

Ilmu Pengetahuan Sosial

Kinerja

Skala Penilaian

Format penilaian terlampir

6.

Seni Budaya dan Ketrampilan

Kinerja

Skala Penilaian

Format penilaian terlampir

7.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Kinerja

Skala Penilaan

Format penilaian terlampir

Format Penilaian

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia dan IPS

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Mengucapkan nama lengkap dan nama panggilan

Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama diri, orangtua dan saudara kandung

No

Nama Siswa

Bhs Indonesia

IPS

Lafal

Kelengkapan nama

Format Penilaian

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Teknik Penilaian : Produk

Indikator : Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk hutuf.

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Kesuaian bentuk

ketebalan

Kerapian

Format Penilaian

Mata Pelajaran : SBK

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Mengekspresikan diri melalui vokal.

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Keberanian

ekspresi

vokal

Format Penilaian

Mata Pelajaran : Penjaskes

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Mempraktikkan gerak keseimbangan statis tanpa gerak, serta nilai percaya diri dan disiplin

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Kesimbangan

Percaya diri

kedisiplinan

...................., .................... 20...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas I

________________ _______________


0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi