Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 01/Diri Sendiri/I/ 1/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Diri Sendiri
Subtema : Berkenalan
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | 1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa | 1.1.1 Membedakan dan mengelompokkan nama teman sekelas berdasarkan jenis kelamin |
2. | Bahasa Indonesia | 1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa 2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun 3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat 4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf 4.2. Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf | 1.1.1 Membedakan dan melafalkan bunyi bahasa 2.1.1 Mengucapkan nama lengkap dan nama panggilan 3.1.1 Membaca suku kata dengan lafal yang jelas 4.1.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf 4.2.1 Menebalkan titik-titik, garis, lengkung, dan lingkaran pembentuk huruf |
3. | Matematika | 1.1 Membilang banyak benda | 1.1.1 Membilang dan menyebutkan banyak benda 1.1.2 Menghitung banyaknya teman sekelas 1.1.3 Membaca lambang bilangan 1.1.4 Menulis lambang bilangan |
4. | Ilmu Pengetahuan Alam | 1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya | 1.1.1 Menyebutkan bagian-bagian anggota tubuh |
5. | Ilmu Pengetahuan Sosial | 1.1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat | 1.1.1 Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama diri, orangtua, dan saudara kandungnya |
6. | Seni Budaya dan Keterampilan | 4.2 Mengekspresikan diri melalui vokal | 4.2.1 Menyanyikan lagu anak-anak dengan vokal yang jelas |
7. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi, dan percaya diri 3.2 Mempraktikkan gerak keseimbangan statis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin | 1.1.1 Melakukan permainan secara berpasangan 3.2.1 Melakukan gerak keseimbangan pada garis lurus |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Anak Baru 2. Bertanya jawab tentang isi lagu. Inti: 3. Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap, nama panggilan, nama ayah dan nama ibu di depan kelas Penutup 4. Mendengarkan cerita berjudul Teman Baru. | 35 menit 125 menit 15 menit | Lagu Anak Baru Identitas diri dan teman-temannya Cerita Teman Baru | |
II | Pembukaan: 1. Menyanikan kembali lagu Anak Baru 2. Menjelaskan arti nama pada lagu Anak Baru. Inti 3. Menyebutkan nama lengkap dan menjelaskan arti nama. 4. Menirukan nama-nama yang diucapkan guru berdasarkan daftar yang ditulis. 5. Menirukan ucapan guru dalam membaca kata. 6. Mewarnai kotak huruf di bawah gambar sesuai petunjuk. 7. Membaca suku kata dan kata (penekanan huruf a, i, n, m, u, e, o) Penutup 8. Menyanyikan lagu Siapa Namamu ciptaan A.T. Mahmud. | 15 menit 35 menit 15menit 15 menit 35 menit 55 Menit 10 menit | Lagu Anak baru Identitas diri dan murid Gambar anak laki-laki dan perempuan Kartu huruf dan suku kata Lagu Siapa Namamu | |
III | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Boneka sambil menggambar. Inti: 2. Menebalkan titik-titik pembentuk huruf 3. Menyalin huruf , suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf lepas. 4. Menyalin huruf , suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf sambung. Penutup: 5. Berjalan diatas garis lurus dilanjutkan bermain si buta dan si bunting di halaman sekolah. | 20 menit 35 menit 35 menit 35 menit 45 menit | Teks lagu Boneka. Gambar boneka. Garis lurus, lengkung pembentuk huruf. Teknik permainan. Kain penutup, bola. | |
IV. | Pembukaan: 1. Menyanyikan kembali lagu berjudul Boneka Inti: 2. Membaca suku kata penekakanan huruf b,l,p,c. 3. Membaca kata berdasarkan gambar. 4. Membaca kata dan kalimat sederhana. 5. Menulis huruf. l. b. p. c dengan huruf lepas. 6. Menulis huruf, l. b, p, c, dengan tulisan sambung. Penutup 7. Mendengarkan cerita yang berjudul Salam Lima Huruf. | 10 menit 25menit 25 menit 30 menit 35 menit 35 menit 10 menit | Teks lagu Boneka. Kartu huruf Gambar-gambar Cerita yang berjudul Salam Lima Huruf. | |
V. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Mana jempol sambil menunjukkan anggota tubuh sesuai syair lagu. Inti 2. Mengamati gambar anggota tubuh. 3. Membandingkan anggota tubuhnya dengan gambar yang diamati. 4. Menyebutkan nama anggota tubuh yang ditunjukkan oleg guru pada gambar. 5. Memegang anggota tubuhnya sesuai ucapan guru. 6. Membaca kata-kata sesuai gambar. 7. Memasangkan gambar anggota tubuh dengan kata yang sesuai. 8. Menghitung banyak anggota tubuh. 9. Membaca lambang bilangan 1-10. 10. Memasangkan gambar sesuai lambang bilangan. 11. Menulis lambang bilangan 1-10. Penutup 12. Menyanyikan lagu yang berjudul Dua Mata Saya ciptaan Pak Kasur. | 20 menit 15 menit 35 menit 20 menit 15 menit 20 menit 10 menit 10 menit 15 menit 15 menit | Teks lagu mana Jempol Angota tubuh. Gambar anggota tubuh Kata-kata Bilangan dan lambangnya Teks lagu Dua Mata Saya. | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | Tertulis | Isian singkat/ melengkapi Uraian terbatas | Soal terlampir |
2. | Bahasa Indonesia | Kinerja Produk | Uraian terbatas Skala Penilan Analitik | Soal terlampir Format penilaian terlampir |
3. | Matematika | Kinerja Tertulis | Skala penilaian Isian singkat | Format penilaian terlampir Soal terlampir |
4. | Ilmu Pengetahuan Alam | Tertulis | Pilihan Ganda Isian singkat/ melengkapi Uraian terbatas | Soal terlampir |
5. | Ilmu Pengetahuan Sosial | Kinerja | Skala Penilaian | Format penilaian terlampir |
6. | Seni Budaya dan Ketrampilan | Kinerja | Skala Penilaian | Format penilaian terlampir |
7. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | Kinerja | Skala Penilaan | Format penilaian terlampir |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia dan IPS
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Mengucapkan nama lengkap dan nama panggilan
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama diri, orangtua dan saudara kandung
No | Nama Siswa | Bhs Indonesia | IPS |
Lafal | Kelengkapan nama | ||
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Teknik Penilaian : Produk
Indikator : Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk hutuf.
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Kesuaian bentuk | ketebalan | Kerapian | |||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Mengekspresikan diri melalui vokal.
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Keberanian | ekspresi | vokal | |||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Penjaskes
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Mempraktikkan gerak keseimbangan statis tanpa gerak, serta nilai percaya diri dan disiplin
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Kesimbangan | Percaya diri | kedisiplinan | |||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...