RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Keluarga (sub tema: Membersihkan Rumah)

01 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 06/Keluarga/I/ 1/ ... - ...

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Keluarga

Subtema : Membersihkan Rumah

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

1.2 Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan sekolah

1.2.1 Saling membantu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga

1.2.2 Menyebutkan contoh hidup rukun

1.2.3 Menjelaskan manfaat hidup rukun di rumah

2.

Bahasa Indonesia

1.3 Menyebutkan tokoh- tokoh dalam cerita

3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat

3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar

6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti

1.3.1 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita

1.3.2 Menyebutkan watak tokoh-tokoh dalam cerita

3.1.1 Membaca suku kata dengan lafal yang jelas

3.1.2 Membaca kata dengan lafal yang jelas

3.2.1 Membaca kalimat sederhana dengan lafal yang jelas

3.2.2 Membaca teks pendek dengan suara nyaring

4.3.1 Menulis huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf lepas dan tegak bersambung

4.3.2 Membuat kalimat berdasarkan kata

4.3.3 Menuliskan kembali kalimat sederhana yang didiktekan guru

6.1.3 Menceritakan isi gambar seri sesuai urutan

3

Matematika

1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20

1.3.3 Menjumlahkan 2 bilangan 1 angka dan 2 angka

1.3.4 Menjumlahkan 2 bilangan 2 angka

1.3.5 Menjumlahkan 3 bilangan secara berturut-turut

1.4.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan

4

Ilmu Pengetahuan Alam

1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)

1.2.4 Menjelaskan cara-cara menjaga kesehatan tubuh

1.2.5 Menjelaskan guna air dalam kehidupan sehari-hari

1.2.6 Menghemat air

1.2.12 Menjelaskan guna pakaian

5

Ilmu Pengetahuan Sosial

1.4 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga

1.4.3 Menjelaskan peran anggota keluaga dalam merawat rumah

Seni Budaya dan Kesenian

11.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkat tinggi rendah

11.3.1 Memilih gerak tari yang disukai

Pendidikan Jasmani Kesehatan

1.1 Memraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri

1.3 Memraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi, dan percaya diri

1.1.2 Melakukan permainan sederhana tanpa alat secara berkelompok

1.3.1 Memraktikkan gerak dasar lempar tangkap bola

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana Sumber

Catatan Guru

I.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Selamat Tidur Ayu ciptaan A.T Mahmud.

2. Menjawab pertanyaan tentang isi lagu.

Inti:

3. Mendengarkan cerita berjudul Kasih Sayang Ayah dan Ibu

4. Menyanyikan lagu berjudul Ayah Bunda

5. Mengisi tabel tentang kasih sayang orang tua

6. Mengamati gambar seri tentang bentuk kasih sayang anak terhadap orang tua dan mengurutkannya menjadi cerita yang benar.

7. Membaca kata dengan penekanan huruf q dan z

8. Menulis huruf q dan z dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung

9. Menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung, penekanan huruf q dan z

Penutup:

1. Menyanyikan lagu Ayah Bunda.

20 menit

10 menit

10 menit

20 menit

40 menit

15 menit

20 menit

25 menit

15 menit

Teks lagu Selamat Tidur Ayu.

Gambar-gambar bentuk kasih sayang anak terhadap orang tua,

Teks lagu Ayah Bunda.

II.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu berjudul Membuang Sampah ciptaan A.T. Mahmud.

2. Menjawab pertanyaan tentang isi lagu.

Inti:

3. Mendengarkan cerita tentang Membersihkan Rumah.

4. Menjawab pertanyaa sesuai isi cerita

5. Membuat kalimat sederhana berdasarkan gambar.

6. Membuat kalimat berdasarkan kata-kata yang tersedia.

7. Menuliskan kembali kalimat sederhana yang didiktekan guru.

Penutup

8. Menyanyikan kembali lagu Membuang Sampah.

25 menit

35 menit

20 menit

30 menit

30 menit

15 menit

20 menit

Teks lagu Membuang Sampah

Cerita

Gambar-gambar tentang kerja bakti membersihkan rumah.

Kalimat sederhana

Teks lagu Membuang sampah

III.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu berjudul Betapa Segar Sehabis Mandi.

2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu.

Inti:

3. Mengamati gambar tentang menjaga kesehatan tubuh.

4. Menceritakan gambar-gambar yang diamati.

5. Menuliskan hal-hal yang dibutuhkan agar tumbuh sehat.

6. Menjelaskan guna air dengan mengamati gambar.

7. Mengamati gambar untuk menyebutkan jenis-jenis pakaian.

8. Menuliskan kegunaan pakaian.

9. Membaca nyaring bacaan berjudul Baju Ulang Tahu

10. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan

Penutup:

11. Membuat model baju dari kertas origami.

20 menit

20 menit

20 menit

20 menit

20 menit

20 menit

20 menit

20 menit

15 menit

Teks lagu Betapa segar Sehabis mandi.

Gambar-gambar cara menjaga kesehatan tubuh.

Gambar-gambar penggunan air.

Gambar-gambar jenis pakaian.

Bacaan Baju Ulang Tahun

Kertas lipat

IV.

Pembukaan:

1. Membaca komik percakapan tentang penjumlahan.

Inti:

2. Menjumlahkan dua bilangan 2 angka dan 1 angka dengan cara bersusun panjang

3. Menjumlahkan dua bilangan 2 angka dan 1 angka dengan cara bersusun pendek

4. Menjumlahkan tiga bilangan 1 angka

Penutup:

5. Bermain menjala ikan.

35 menit

35 menit

35 menit

35 menit

35 menit

Komik percakapan tentang penjumlahan

Benda-benda di sekitar,

Halaman yang sudah digaris dengan pembatas ukuran 10 m x 8 m,.

V.

Pembukaan:

1. Membaca cerita berjudul Berlibur

Inti:

2. Menyelesaikan soal cerita dua bilangan dengan langkah pengerjaan

3. Menyelesaian soal cerita tiga bilangan dengan langkah pengerjaan

Penutup:

4. mendengarkan cerita berjudul Batu Menangis

35 menit

55 menit

60 menit

25 menit

Cerita tentang penjumlahan, gambar benda-benda, buku

Soal cerita,

Cerita Batu Menangis

III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

Tertulis

Pilihan Ganda

Isian singkat / melengjapi kalimat

Soal terlampir

2.

Bahasa Indonesia

Tertulis

Kinerja

Isian singkat / melengkapi kalaiamt

Skala Penilaian

Soal terlampir

Format penilaian terlampir

3.

Matematika

Tertulis

Isian singkat/melengkapi

Uraian terbatas

Soal terlampir

4.

Ilmu Pengetahuan Alam

Tertulis

Pilihan ganda

Isian singkat / melengkapi

Uraian terbatas

Soal terlampir

5

Ilmu Pengetahuan Sosial

Tertulis

Isian singkat

Uraian

Soal terlampir

5.

Seni Budaya dan Ketrampilan

Kinerja

Skala Penilaian

Format penilaian terlampir

6.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Kinerja

Skala Penilaan

Format penilaian terlampir

Format Penilaian

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Membaca teks pendek dengan suara nyaring

No

Nama Siswa

Aspek penilaian

Nilai akhir

Lafal

Intonasi

Keberanian

Format Penilaian

Mata Pelajaran : SBK

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Memilih gerak tari yang disukai

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Kesesuaian

ekspresi

keberania


Format Penilaian

Mata Pelajaran : Penjaskes

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Melakukan permainan sederhan tanpa alat secara berkelompok

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Ketangkasan

Kerjasama

Keberanian

...................., .................... 20...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas I

________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi