Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 06/Keluarga/I/ 1/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Keluarga
Subtema : Membersihkan Rumah
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | 1.2 Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan sekolah | 1.2.1 Saling membantu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga 1.2.2 Menyebutkan contoh hidup rukun 1.2.3 Menjelaskan manfaat hidup rukun di rumah |
2. | Bahasa Indonesia | 1.3 Menyebutkan tokoh- tokoh dalam cerita 3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat 3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar 6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti | 1.3.1 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita 1.3.2 Menyebutkan watak tokoh-tokoh dalam cerita 3.1.1 Membaca suku kata dengan lafal yang jelas 3.1.2 Membaca kata dengan lafal yang jelas 3.2.1 Membaca kalimat sederhana dengan lafal yang jelas 3.2.2 Membaca teks pendek dengan suara nyaring 4.3.1 Menulis huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf lepas dan tegak bersambung 4.3.2 Membuat kalimat berdasarkan kata 4.3.3 Menuliskan kembali kalimat sederhana yang didiktekan guru 6.1.3 Menceritakan isi gambar seri sesuai urutan |
3 | Matematika | 1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20 | 1.3.3 Menjumlahkan 2 bilangan 1 angka dan 2 angka 1.3.4 Menjumlahkan 2 bilangan 2 angka 1.3.5 Menjumlahkan 3 bilangan secara berturut-turut 1.4.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan |
4 | Ilmu Pengetahuan Alam | 1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat) | 1.2.4 Menjelaskan cara-cara menjaga kesehatan tubuh 1.2.5 Menjelaskan guna air dalam kehidupan sehari-hari 1.2.6 Menghemat air 1.2.12 Menjelaskan guna pakaian |
5 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 1.4 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga | 1.4.3 Menjelaskan peran anggota keluaga dalam merawat rumah |
| Seni Budaya dan Kesenian | 11.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkat tinggi rendah | 11.3.1 Memilih gerak tari yang disukai |
| Pendidikan Jasmani Kesehatan | 1.1 Memraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri 1.3 Memraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi, dan percaya diri | 1.1.2 Melakukan permainan sederhana tanpa alat secara berkelompok 1.3.1 Memraktikkan gerak dasar lempar tangkap bola |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Selamat Tidur Ayu ciptaan A.T Mahmud. 2. Menjawab pertanyaan tentang isi lagu. Inti: 3. Mendengarkan cerita berjudul Kasih Sayang Ayah dan Ibu 4. Menyanyikan lagu berjudul Ayah Bunda 5. Mengisi tabel tentang kasih sayang orang tua 6. Mengamati gambar seri tentang bentuk kasih sayang anak terhadap orang tua dan mengurutkannya menjadi cerita yang benar. 7. Membaca kata dengan penekanan huruf q dan z 8. Menulis huruf q dan z dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung 9. Menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung, penekanan huruf q dan z Penutup: 1. Menyanyikan lagu Ayah Bunda. | 20 menit 10 menit 10 menit 20 menit 40 menit 15 menit 20 menit 25 menit 15 menit | Teks lagu Selamat Tidur Ayu. Gambar-gambar bentuk kasih sayang anak terhadap orang tua, Teks lagu Ayah Bunda. | |
II. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu berjudul Membuang Sampah ciptaan A.T. Mahmud. 2. Menjawab pertanyaan tentang isi lagu. Inti: 3. Mendengarkan cerita tentang Membersihkan Rumah. 4. Menjawab pertanyaa sesuai isi cerita 5. Membuat kalimat sederhana berdasarkan gambar. 6. Membuat kalimat berdasarkan kata-kata yang tersedia. 7. Menuliskan kembali kalimat sederhana yang didiktekan guru. Penutup 8. Menyanyikan kembali lagu Membuang Sampah. | 25 menit 35 menit 20 menit 30 menit 30 menit 15 menit 20 menit | Teks lagu Membuang Sampah Cerita Gambar-gambar tentang kerja bakti membersihkan rumah. Kalimat sederhana Teks lagu Membuang sampah | |
III. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu berjudul Betapa Segar Sehabis Mandi. 2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu. Inti: 3. Mengamati gambar tentang menjaga kesehatan tubuh. 4. Menceritakan gambar-gambar yang diamati. 5. Menuliskan hal-hal yang dibutuhkan agar tumbuh sehat. 6. Menjelaskan guna air dengan mengamati gambar. 7. Mengamati gambar untuk menyebutkan jenis-jenis pakaian. 8. Menuliskan kegunaan pakaian. 9. Membaca nyaring bacaan berjudul Baju Ulang Tahu 10. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan Penutup: 11. Membuat model baju dari kertas origami. | 20 menit 20 menit 20 menit 20 menit 20 menit 20 menit 20 menit 20 menit 15 menit | Teks lagu Betapa segar Sehabis mandi. Gambar-gambar cara menjaga kesehatan tubuh. Gambar-gambar penggunan air. Gambar-gambar jenis pakaian. Bacaan Baju Ulang Tahun Kertas lipat | |
IV. | Pembukaan: 1. Membaca komik percakapan tentang penjumlahan. Inti: 2. Menjumlahkan dua bilangan 2 angka dan 1 angka dengan cara bersusun panjang 3. Menjumlahkan dua bilangan 2 angka dan 1 angka dengan cara bersusun pendek 4. Menjumlahkan tiga bilangan 1 angka Penutup: 5. Bermain menjala ikan. | 35 menit 35 menit 35 menit 35 menit 35 menit | Komik percakapan tentang penjumlahan Benda-benda di sekitar, Halaman yang sudah digaris dengan pembatas ukuran 10 m x 8 m,. | |
V. | Pembukaan: 1. Membaca cerita berjudul Berlibur Inti: 2. Menyelesaikan soal cerita dua bilangan dengan langkah pengerjaan 3. Menyelesaian soal cerita tiga bilangan dengan langkah pengerjaan Penutup: 4. mendengarkan cerita berjudul Batu Menangis | 35 menit 55 menit 60 menit 25 menit | Cerita tentang penjumlahan, gambar benda-benda, buku Soal cerita, Cerita Batu Menangis | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | Tertulis | Pilihan Ganda Isian singkat / melengjapi kalimat | Soal terlampir |
2. | Bahasa Indonesia | Tertulis Kinerja | Isian singkat / melengkapi kalaiamt Skala Penilaian | Soal terlampir Format penilaian terlampir |
3. | Matematika | Tertulis | Isian singkat/melengkapi Uraian terbatas | Soal terlampir |
4. | Ilmu Pengetahuan Alam | Tertulis | Pilihan ganda Isian singkat / melengkapi Uraian terbatas | Soal terlampir |
5 | Ilmu Pengetahuan Sosial | Tertulis | Isian singkat Uraian | Soal terlampir |
5. | Seni Budaya dan Ketrampilan | Kinerja | Skala Penilaian | Format penilaian terlampir |
6. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | Kinerja | Skala Penilaan | Format penilaian terlampir |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Membaca teks pendek dengan suara nyaring
No | Nama Siswa | Aspek penilaian | Nilai akhir | ||
Lafal | Intonasi | Keberanian | | ||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Memilih gerak tari yang disukai
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Kesesuaian | ekspresi | keberania | |||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Penjaskes
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Melakukan permainan sederhan tanpa alat secara berkelompok
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Ketangkasan | Kerjasama | Keberanian | |||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...