Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 22/Pengalaman/I/ 2/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Pengalaman
Subtema : Pengalaman Beternak
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Bahasa Indonesia | 5.1 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar 6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti 7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat 7.2 Membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat 8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung 8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung | 5.1.2 Mendeskripsikan benda berdasarkan ciri-ciri fisiknya 6.1.3 Menceritakan isi gambar seri sesuai urutan 7.1.1 Membaca teks dengan lancar dan intonasi yang tepat 7.2.1 Membaca puisi dengan intonasi yang benar 7.2.2 Mendeklamasikan puisi dengan gerakan yang sesuai 8.1.1 Menuliskan kalimat sederhana dengan ejaan yang benar 8.2.1 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung |
2. | Matematika | 4.6 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan 2 angka | 4.6.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan 2 bilangan 4.6.2 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan 3 bilangan 4.6.3 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan 2 bilangan |
3. | Ilmu Pengetahuan Alam | 2.3 Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan, dan lingkungan sekitar | 2.3.4 Menceritakan cara merawat hewan peliharaan 2.3.5 Menceritakan cara merawat hewan peliharaan 2.3.6 Menjelaskan keuntungan merawat hewan peliharaan |
4. | Ilmu Pengetahuan Sosial | 2.3 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah | 2.3.1 Menjelaskan ciri-ciri rumah sehat 2.3.3 Menjelaskan cara menjaga kebersihan rumah |
5. | Seni Budaya dan Ketrampilan | 1.1Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar 7.2 Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar | 1.1.2 Menggambar benda di alam sekitar menurut rupa aslinya 7.2.1 Memilih salah satu gambar yang disukai dari beberapa gambar |
6. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 1.1 Memraktikan gerak dasar jalan, lari, dan lompat dalam permainan sederhana serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri 10.1 Memraktikkan aktivitas dasar air 10.2 Mempraktikkan berbagai permainan di air dangkal disertai nilai percaya diri dan disiplin | 1.1.3 Memraktikkan gerakan lari dan melompat 10.1.1 Menggerakkan anggota badan di air 10.2.1 Menangkap objek dalam air |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Ayamku. Inti 2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Memelihara Ayam. 3. menjawab pertanyaan bacaan dengan lengakap. 4. Menceritakan gambar seri. 5. Menjelaskan cara merawat hewan. 6. Memasangkan gambar binatang sesuai yang dihasilkannya. Penutup 7. Mendengarkan cerita yang berjudul Tipu Muslihat Si Kancil | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Ayamku” Bacaan “Memelihara Ayam. Gambar-gambar binatang. Buku Tematik 1E halaman139-142. Cerita “Tipu Muslihat Si kancil”. Buku Tematik 1E halaman143-145. | |
II. | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Ayamku ciptaan A.T. Mahmud. Inti 2. Membaca puisi yang berjudul Ayamku. 3. Satu per satu siswa membacakan puisi di depan kelas. 4. Melengkapi kalimat berdasarkan isi puisi. 5. Menyusun kata menjadi kalimat. 6. Membuat kalimat berdasarkan gambar. 7. Membuat kalimat berdasarkan kata. Penutup 8. Bermain bersama “Burung Elang dan induk Ayam”. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Ayamku” Puisi “Ayamku” Gambar-gambar binatang. Buku Tematik 1E Grasindo halaman 145-148. | |
III | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Kelinciku ciptaan Pak Dal. Inti 2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Memelihara Kelinci. 3. Menjawab pertanyaan bacaan secara lengkap. 4. Menceritakan gambar seri tentang cara menyayangi binatang.. 5. Memberi tanggapan tentang cara menyayangi binatang sesuai gambar. 6. Menentukan tempat untuk memelihara binatang dengan cara menarik garis. Penutup 7. Menggambar salah satu binatang peliharaan pada buku gambar. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Kelinciku” Bacaan yang berjudul Memelihara Kelinci. Gambar seri tetang cara menyayangi binatang. Gambar-gambar binatang. Buku Tematik 1E Grasindo halaman 151-158. | |
IV | Pembukaan 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Kelinciku ciptaan Pak Kasur. Inti 2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Sayang Kelinci. 3. Menjawab pertanyaan bacaan secara lengkap. 4. Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai. 5. Menjelaskan akibat memelihara binatang yang tidak benar. 6. Menulis kalimat dengan tulisan tegak bersambung. Penutup 7. Mendengarkan cerita yang berjudul Bori Si Burung hantu Penukur. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Kelinciku” Bacaan “ Sayang Kelinci” Gambar tentang pemeliharaan hewan yang salah. Buku Tematik 1E Grasindo hal. 159-162 Cerita “Bori Si Burung hantu Penukur. Buku Tematik 1E Grasindo hal. 163-165. | |
V. | Pembukaan 1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Kelinciku ciptaan Pak Kasur. Inti 2. Membaca bacaan yang berjudul Kelinci Bima. 3. Menjawab pertanyaan bacaan secara lengkap. 4. Menyelesaikan soal ceritayang terkait dengan penjumlahan tiga bilangan satu angka. 5. Menderkripsikan nama binatang berdasarkan ciri-ciri fisiknya. 6. Menyusun kata menjadi kalimat. 7. Membuat kalimat berdasarkan gambar. Penutup 8. Mendengarkan cerita dari guru yang berjudul Ikhlas Berbuat Sesuatu. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Kelinciku” Bacaan “Kelinci Bima” Gambar-gambar binatang. Buku Tematik 1E Grasindo halaman 166-172. Cerita “Ikhlas berbuat Sesuatu” Buku Tematik 1E Grasindo halaman 172-174. | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Bahasa Indonesia | | | |
2. | Matematika | | | |
3. | Ilmu Pengetahuan Alam | | | |
4. | Ilmu Pengetahuan Sosial | | | |
5. | Seni Budaya dan Ketrampilan | | | |
6. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | | | |
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...