RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Diri Sendiri (sub tema: Beternak)

02 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 22/Pengalaman/I/ 2/ ... - ...

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Pengalaman

Subtema : Pengalaman Beternak

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.

Bahasa Indonesia

5.1 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar

6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti

7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat

7.2 Membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat

8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung

5.1.2 Mendeskripsikan benda berdasarkan ciri-ciri fisiknya

6.1.3 Menceritakan isi gambar

seri sesuai urutan

7.1.1 Membaca teks dengan

lancar dan intonasi yang

tepat

7.2.1 Membaca puisi dengan

intonasi yang benar

7.2.2 Mendeklamasikan puisi dengan gerakan yang sesuai

8.1.1 Menuliskan kalimat sederhana dengan ejaan yang benar

8.2.1 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung

2.

Matematika

4.6 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan 2 angka

4.6.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan 2 bilangan

4.6.2 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan 3 bilangan

4.6.3 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan 2 bilangan

3.

Ilmu Pengetahuan Alam

2.3 Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan, dan lingkungan sekitar

2.3.4 Menceritakan cara merawat hewan peliharaan

2.3.5 Menceritakan cara merawat hewan peliharaan

2.3.6 Menjelaskan keuntungan merawat hewan peliharaan

4.

Ilmu Pengetahuan Sosial

2.3 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah

2.3.1 Menjelaskan ciri-ciri rumah sehat

2.3.3 Menjelaskan cara menjaga kebersihan rumah

5.

Seni Budaya dan Ketrampilan

1.1Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar

7.2 Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar

1.1.2 Menggambar benda di alam sekitar menurut rupa aslinya

7.2.1 Memilih salah satu gambar yang disukai dari beberapa gambar

6.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

1.1 Memraktikan gerak dasar jalan, lari, dan lompat dalam permainan sederhana serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri

10.1 Memraktikkan aktivitas dasar air

10.2 Mempraktikkan berbagai permainan di air dangkal disertai nilai percaya diri dan disiplin

1.1.3 Memraktikkan gerakan lari dan melompat

10.1.1 Menggerakkan anggota badan di air

10.2.1 Menangkap objek dalam air

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana Sumber

Catatan Guru

I.

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Ayamku.

Inti

2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Memelihara Ayam.

3. menjawab pertanyaan bacaan dengan lengakap.

4. Menceritakan gambar seri.

5. Menjelaskan cara merawat hewan.

6. Memasangkan gambar binatang sesuai yang dihasilkannya.

Penutup

7. Mendengarkan cerita yang berjudul Tipu Muslihat Si Kancil

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu “Ayamku”

Bacaan “Memelihara Ayam.

Gambar-gambar binatang. Buku Tematik 1E halaman139-142.

Cerita “Tipu Muslihat Si kancil”. Buku Tematik 1E halaman143-145.

II.

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Ayamku ciptaan A.T. Mahmud.

Inti

2. Membaca puisi yang berjudul Ayamku.

3. Satu per satu siswa membacakan puisi di depan kelas.

4. Melengkapi kalimat berdasarkan isi puisi.

5. Menyusun kata menjadi kalimat.

6. Membuat kalimat berdasarkan gambar.

7. Membuat kalimat berdasarkan kata.

Penutup

8. Bermain bersama “Burung Elang dan induk Ayam”.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu “Ayamku”

Puisi “Ayamku”

Gambar-gambar binatang.

Buku Tematik 1E Grasindo halaman 145-148.

III

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Kelinciku ciptaan Pak Dal.

Inti

2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Memelihara Kelinci.

3. Menjawab pertanyaan bacaan secara lengkap.

4. Menceritakan gambar seri tentang cara menyayangi binatang..

5. Memberi tanggapan tentang cara menyayangi binatang sesuai gambar.

6. Menentukan tempat untuk memelihara binatang dengan cara menarik garis.

Penutup

7. Menggambar salah satu binatang peliharaan pada buku gambar.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu “Kelinciku”

Bacaan yang berjudul Memelihara Kelinci.

Gambar seri tetang cara menyayangi binatang.

Gambar-gambar binatang. Buku Tematik 1E Grasindo halaman 151-158.

IV

Pembukaan

1. Menyanyikan lagu yang berjudul Kelinciku ciptaan Pak Kasur.

Inti

2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Sayang Kelinci.

3. Menjawab pertanyaan bacaan secara lengkap.

4. Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai.

5. Menjelaskan akibat memelihara binatang yang tidak benar.

6. Menulis kalimat dengan tulisan tegak bersambung.

Penutup

7. Mendengarkan cerita yang berjudul Bori Si Burung hantu Penukur.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu “Kelinciku”

Bacaan “ Sayang Kelinci”

Gambar tentang pemeliharaan hewan yang salah.

Buku Tematik 1E Grasindo hal. 159-162

Cerita “Bori Si Burung hantu Penukur.

Buku Tematik 1E Grasindo hal. 163-165.

V.

Pembukaan

1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Kelinciku ciptaan Pak Kasur.

Inti

2. Membaca bacaan yang berjudul Kelinci Bima.

3. Menjawab pertanyaan bacaan secara lengkap.

4. Menyelesaikan soal ceritayang terkait dengan penjumlahan tiga bilangan satu angka.

5. Menderkripsikan nama binatang berdasarkan ciri-ciri fisiknya.

6. Menyusun kata menjadi kalimat.

7. Membuat kalimat berdasarkan gambar.

Penutup

8. Mendengarkan cerita dari guru yang berjudul Ikhlas Berbuat Sesuatu.

35 menit

105 menit

35 menit

Teks lagu “Kelinciku”

Bacaan “Kelinci Bima”

Gambar-gambar binatang.

Buku Tematik 1E Grasindo halaman 166-172.

Cerita “Ikhlas berbuat Sesuatu”

Buku Tematik 1E Grasindo halaman 172-174.

III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Bahasa Indonesia

2.

Matematika

3.

Ilmu Pengetahuan Alam

4.

Ilmu Pengetahuan Sosial

5.

Seni Budaya dan Ketrampilan

6.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

...................., .................... 20...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas I

________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi