RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Diri Sendiri (sub tema: Kebersihan Tubuh)

01 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 17/Kebersihan dan Kesehatan /I/ 1/ .....- ......

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Kebersihan dan Kesehatan

Subtema : Kebersihan Tubuh

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.

Bahasa Indonesia

2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai

3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat

3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar

4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas

6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti

2.4.1 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat

2.4.2 Mendeklamasikan puisi dengan gerakan yang sesuai

3.1.3 Menyusun kata-kata menjadi kalimat

3.2.2 Membaca teks pendek dengan suara nyaring

4.3.4 Menulis kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung

4.3.5 Menulis huruf kapital dengan benar

4.5.1 Menulis puisi anak dengan huruf lepas

6.1.1 Menceritakan isi gambar tunggal tentang peristiwa menyenangkan

2.

Matematika

1.4 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20

1.4.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan

3.

Ilmu Pengetahuan Alam

1.3 Membiasakan hidup sehat

1.3.8 Menjelaskan cara menjaga kesehatan tubuh

4.

Ilmu Pengetahuan Sosial

1.3 Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga

1.3.1 Menyebutkan bentuk kasih sayang orang tua kepada anak

5.

Seni Budaya dan Keterampilan

1.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar

1.1.2 Menggambar benda di alam sekitar menurut rupa aslinya

6.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

1.1 Memraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan lompat dalam permainan sederhana serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi, dan percaya diri

5.2 Mengenal pentingnya imunisasi

6.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, atau menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi, dan tanggung jawab.

1.1.2 Melakukan permainan sederhana tanpa alat secara berkelompok

5.2.1 Menceritakan gambar anak yang sedang diimunisasi

5.2.2 Menjelaskan pentingnya imunisasi

6.2.4 Memindahkan bola ke obyek tertentu


II. Kegiatan Belajar

Hari/Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana/Sumber

Catatan Guru

I

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Makan Jangan Bersuara dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu

Inti:

2. Praktik mencuci tangan dengan benar

3. Membaca bacaan Sakit Perut

4. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan

5. Menulis huruf besar tegak bersambung, penekanan huruf C, A, E, J

6. Menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung

Penutup:

7. Mendengarkan cerita Tupai dan Ikan Gabus

35 menit

35 menit

70 menit

35 menit

Lagu makan Jangan BersuaraAir, Tempat cuci tangan, kain pengering

Bacaan, buku

Cerita Tupai dan Ikan Gabus

II

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Jikaku Sembuh Kembali dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu

Inti:

2. Membaca bacaan Tono Sakit

3. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan

4. Mengamati dan menceritakan gambar tentang anak sakit

5. Membuat kalimat berdasarkan gambar yang diamati

6. Menyelesaikan soal cerita

PenutuP

7. Menggambar mobil

35 menit

105 menit

35 menit gambar

Lagu Jikaku Sembuh Kembali,

Bacaan Tono Sakit

ambar

Bola, keranjang,

contoh gambar

III

Pembukaan:

1. Menyanyikan Lagu Jikaku Sembuh Kembali

Inti:

2. Membaca nyaring bacaan berjudul Adik Pulang

3. Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai

4. Menulis dengan huruf tegak bersambung dan penggunaan huruf besar dan titik dengan benar

5. Menyelesaikan soal cerita

Penutup:

6. menyanyikan lagu Jikaku Sembuh Kembali

35 menit

120 menit

20 menit

Lagu Jikaku Sembuh Kembali

Bacaan Adik Pulang

Lagu Jikaku Sembuh Kembali

IV

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Satu, Dua, Tiga, dan Empat dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu

Inti:

2. Membaca bacaan Gara-Gara Kucing

3. Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan

4. Menceritakan gambar seri

5. Memasangkan gambar yang sesuai

6. Mendeskripikan benda

Penutup:

8. Bermain bola keranjang

35 menit

105 menit

35 menit

Lagu Satu, Dua, Tiga, dan Empat, buku

Bacaan, gambar, informasi obat-obatan di rumah

Bola dan keranjang

V.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Anak Sehat dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu

Inti

2. Membaca puisi

3. Menyalin puisi

4. Melengkapi kalimat

5. Menceritakan gambar

6. menyusun kata

Penutup:

7. Bermain Burung Elang dan Induk Ayam

35 menit

105 menit

35 menit

Lagu Anak Sehat

Syair lagu, buku Tematik

Halaman sekolah


III. Penilaian

No.

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Bhs Indonesia

tertulis

isian singkat, uraian terbatas, pilihan ganda

Soal terlampir

2.

Matematika

tertulis

isian siangkat

Soal terlampir

3.

IPA

tertulis

isian singkat, uraian terbatas, pilihan ganda

Soal terlampir

4.

IPS

tertulis

Isian singkat

Soal terlampir

5.

SBK

produk

skala penilaian

Format dan aspek penilaian terlampir

6.

Penjaskes

kinerja

skala penilaian

Format dan aspek penilaian terlampir

……………………., ………20….

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Kelas 1

__________________ __________________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi