Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 17/Kebersihan dan Kesehatan /I/ 1/ .....- ......
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Kebersihan dan Kesehatan
Subtema : Kebersihan Tubuh
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator | |
1. | Bahasa Indonesia | 2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai 3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat 3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar 4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas 6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti | 2.4.1 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat 2.4.2 Mendeklamasikan puisi dengan gerakan yang sesuai 3.1.3 Menyusun kata-kata menjadi kalimat 3.2.2 Membaca teks pendek dengan suara nyaring 4.3.4 Menulis kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung 4.3.5 Menulis huruf kapital dengan benar 4.5.1 Menulis puisi anak dengan huruf lepas 6.1.1 Menceritakan isi gambar tunggal tentang peristiwa menyenangkan |
|
2. | Matematika | 1.4 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20 | 1.4.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan |
|
3. | Ilmu Pengetahuan Alam | 1.3 Membiasakan hidup sehat | 1.3.8 Menjelaskan cara menjaga kesehatan tubuh |
|
4. | Ilmu Pengetahuan Sosial | 1.3 Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga | 1.3.1 Menyebutkan bentuk kasih sayang orang tua kepada anak |
|
5. | Seni Budaya dan Keterampilan | 1.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar | 1.1.2 Menggambar benda di alam sekitar menurut rupa aslinya |
|
6. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 1.1 Memraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan lompat dalam permainan sederhana serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi, dan percaya diri 5.2 Mengenal pentingnya imunisasi 6.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, atau menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi, dan tanggung jawab. | 1.1.2 Melakukan permainan sederhana tanpa alat secara berkelompok 5.2.1 Menceritakan gambar anak yang sedang diimunisasi 5.2.2 Menjelaskan pentingnya imunisasi 6.2.4 Memindahkan bola ke obyek tertentu |
|
II. Kegiatan Belajar
Hari/Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana/Sumber | Catatan Guru |
I | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Makan Jangan Bersuara dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu Inti: 2. Praktik mencuci tangan dengan benar 3. Membaca bacaan Sakit Perut 4. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan 5. Menulis huruf besar tegak bersambung, penekanan huruf C, A, E, J 6. Menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung Penutup: 7. Mendengarkan cerita Tupai dan Ikan Gabus | 35 menit 35 menit 70 menit 35 menit | Lagu makan Jangan BersuaraAir, Tempat cuci tangan, kain pengering Bacaan, buku Cerita Tupai dan Ikan Gabus | |
II | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Jikaku Sembuh Kembali dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu Inti: 2. Membaca bacaan Tono Sakit 3. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan 4. Mengamati dan menceritakan gambar tentang anak sakit 5. Membuat kalimat berdasarkan gambar yang diamati 6. Menyelesaikan soal cerita PenutuP 7. Menggambar mobil | 35 menit 105 menit 35 menit gambar | Lagu Jikaku Sembuh Kembali, Bacaan Tono Sakit ambar Bola, keranjang, contoh gambar | |
III | Pembukaan: 1. Menyanyikan Lagu Jikaku Sembuh Kembali Inti: 2. Membaca nyaring bacaan berjudul Adik Pulang 3. Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai 4. Menulis dengan huruf tegak bersambung dan penggunaan huruf besar dan titik dengan benar 5. Menyelesaikan soal cerita Penutup: 6. menyanyikan lagu Jikaku Sembuh Kembali | 35 menit 120 menit 20 menit | Lagu Jikaku Sembuh Kembali Bacaan Adik Pulang Lagu Jikaku Sembuh Kembali | |
IV | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Satu, Dua, Tiga, dan Empat dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu Inti: 2. Membaca bacaan Gara-Gara Kucing 3. Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan 4. Menceritakan gambar seri 5. Memasangkan gambar yang sesuai 6. Mendeskripikan benda Penutup: 8. Bermain bola keranjang | 35 menit 105 menit 35 menit | Lagu Satu, Dua, Tiga, dan Empat, buku Bacaan, gambar, informasi obat-obatan di rumah Bola dan keranjang | |
V. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Anak Sehat dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu Inti 2. Membaca puisi 3. Menyalin puisi 4. Melengkapi kalimat 5. Menceritakan gambar 6. menyusun kata Penutup: 7. Bermain Burung Elang dan Induk Ayam | 35 menit 105 menit 35 menit | Lagu Anak Sehat Syair lagu, buku Tematik Halaman sekolah | |
III. Penilaian
No. | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Bhs Indonesia | tertulis | isian singkat, uraian terbatas, pilihan ganda | Soal terlampir |
2. | Matematika | tertulis | isian siangkat | Soal terlampir |
3. | IPA | tertulis | isian singkat, uraian terbatas, pilihan ganda | Soal terlampir |
4. | IPS | tertulis | Isian singkat | Soal terlampir |
5. | SBK | produk | skala penilaian | Format dan aspek penilaian terlampir |
6. | Penjaskes | kinerja | skala penilaian | Format dan aspek penilaian terlampir |
……………………., ………20….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas 1
__________________ __________________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...