RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Lingkungan (sub tema: Ciri-ciri Benda)

01 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 09/Lingkungan/I/ 1/ ... - ...

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Lingkungan

Subtema : Ciri-ciri Benda

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.

Bahasa Indonesia

1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana

2.3 Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana

2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai

4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas

1.2.1 Melaksanakan tugas sesuai perintah atau petunjuk guru

2.3.2 Menebak nama benda sesuai ciri-cirinya

2.3.3 Mendeskripsikan nama benda sesuai ciri-cirinya

2.4.1 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat

2.4.2 Mendeklamasikan puisi dengan gerakan yang sesuai

4.5.1 Menulis puisi anak dengan huruf lepas

2.

Matematika

3.1 Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok,prisma, tabung, bola, dan kerucut)

3.2 Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya

3.1.1 Menyebutkan macam-macam bangun ruang

3.1.2 Menghitung banyaknya sisi bangun ruang

3.1.3 Menghubungkan titik-titik untuk menggambar bangun ruang

3.1.4 Mengelompokkan benda berdasarkan bentuknya

3.1.5 Menggunting melipat dan membentuk macam-macam bangun ruang

3.2.1 Mengurutkan beberapa benda dari yang terbesar atau yang terkecil

3

Ilmu Pengetahuan Alam

3.1 Mengidentifikasi bentuk benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan

3.1.1 Mengidentifikasi benda berdasarkan warnanya

3.1.2 Mengidentifikasi benda berdasarkan baunya

3.1.3 Mengidentifikasi benda berdasarkan kasar halusnya

4

Seni Budaya dan Keterampilan

1.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar

1.1.1 Menyebutkan unsur rupa pada benda di alam sekitar

5

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

1.3 Memraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri

1.3.2 Memraktikkan gerak menggulirkan bola

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana Sumber

Catatan Guru

I.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Lihat Kawanku (nada lagu Lihat Kebunku) tentang bentuk-bentuk benda sambil menunjuk benda sesuai syair

Inti:

2. Mnyebutkan nama bangun ruang dan banyak sisinya

3. Mengisi tabel tentang nama-nama bangun ruang

4. Mengelompokkan benda-benda berdasarkan bentuknya

Penutup:

5. Membentuk bangun balok.

25 menit

30 menit

30 menit

30 menit

50 menit

Teks lagu Lihat Kawanku

Bangun-bangin ruang.

Benda-benda dalam kelas

Benda-benda yang berbentuk bangun rauang

Gambar bangun-bangun ruang

Jaring-jaring balok

II.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu yang berjudul berjudul Gajah ciptaan A.T. Mahmud.

2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu

Inti:

3. Mengamati gambar berbagai hewan kemudian membandingkan besar kecilnya

4. Mengerjakan soal-soal tentang perbandingan besar dan kecilnya benda

5. Menghubungkan titik-titik membentuk bangun ruang

Penutup:

6. Bermain membentuk berbagai benda

30 menit

30 menit

25 menit

50 menit

40 menit

Teks lagu Gajah.

Gambar-gambar benda.

Benda-benda di dalam kelas.

Benda-benda berbentuk bangun ruang.

III.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu berjudul Pelangi ciptaan A.T. Mahmud.

Inti:

2. Membaca syair lagu pelagi dengan gaya membaca puisi.

3. Menjawab pertanyaan sesuai isi lagu.

4. Menuliskan syair lagu Pelangi dengan huruf lepas pada buku tulis.

5. Mewarnai bentuk bangun ruang sesuai petunjuk.

6. Menyebutkan warna berbagai buah dan bunga kemudian mewarnainya sesuai dengan warna aslinya.

7. Mengelompokkan benda berdasarkan warnanya kemudian menuliskannya dalam tabel

Penutup:

8. Mewarnai gambar pemandangan.

10 menit

25 menit

15 menit.

25 menit

25 menit

20 menit

20 menit

35 menit

Teks lagu Pelagi.

Bangun-bangun ruang.

Gambar bangun ruang.

Macam-macam buah dan bunga.

Gambar macam-macam buah dan bunga

Gambar sketsa pemandangan.

IV.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu berjudul Nama-nama Bau ciptaan Pak Kasur.

Inti:

2. Praktik membau untuk menyebutkan benda-benda dengan cara mencium

3. Menyebutkan bau bermacam-macam benda

4. Mengamati gambar anak melewati tempat sampah dan menjawab pertanyaan tentang gambar tersebut untuk menjelaskan cara menghindari bau tak sedap

5. Menebak nama benda berdasarkan ciri-cirinya.

6. Menyebutkan ciri-ciri benda berdasarkan gambar.

Penutup:

7. Menggulirkan bola.

20 menit

30 menit

20 menit

20 menit

15 menit

20 menit

50 menit

Teks lagu Nama-nama Bau

Benda-benda( jeruk, bawang merah, bawang putih, parfum, sampo, minyak kayu outih, bunga melati, durian, udang, ikan, telor, air putih.

Gamba-gambar.

Bola

V.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu berjudul Lihat Kawanku.

Inti:

2. Praktik meraba untuk membekan benda yang kasar dan yang halus.

3. Menyebutkan benda kasar atau halus.

4. Mengelompokkan benda-benda di sekitar sekolah berdasarkan kasar halusnya, kemudian menuliskannya di dalam tabel

5. Mengamati gambar benda dan menjelaskan fungsi kasar halus benda tersebut.

Penutup:

6. Mendengarkan cerita berjudul Lomba Menangkap Belut

25 menit

45 menit

20 menit

30 menit

25 menit

20 menit

Teks lagu Lihat Kawanku.

Baenda-benda kasar dan halus ( Keset, handuk, kaca, plastic, kertas).

Gambar-gambar.

Cerita Lomba Menangkap Belut.

III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Bahasa Indonesia

Tertulis

Kinerja

Pilihan ganda

Isian singkat

Skala Penilaian

Soal Terlampir

Format Penilaian terlampir

2

Matematika

Tertulis

Kinerja

Produk

Isian singkat/melengkapi

Uraian terbatas

Skala Penilaian

Holistik

Soal Terlampir

Format Penilaian terlampir

3.

Ilmu Pengetahuan Alam

Tertulis

Pilihan ganda

Isian singkat / melengkapi

Soal Terlampir

4.

Seni Budaya dan Ketrampilan

Produk

Analitik

Format Penilaian terlampir

5

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Kinerja

Skala Penilaan

Format Penilaian terlampir


Format Penilaian

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Membaca puisi debgan lafal dan intonasi yang tepat

No

Nama Siswa

Aspek penilaian

Nilai akhir

Lafal

Intonasi

Keberanian


Format Penilaian

Mata Pelajaran : Matematika

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Mengelompokkan bebda berdasarkan bentuknya

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Ketepatan

Ketelitian

Kelengkapan

Format Penilaian

Mata Pelajaran : Matematika

Teknik Penilaian : Produk

Indikator : Menggunting, melipat, dan membentuk macam-macam bangun ruang.

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Kerapian

Kesesuaian bentuk

Waktu


Format Penilaian

Mata Pelajaran : SBK

Teknik Penilaian : Produk

Indikator : Menyebutkan unsur-unsur rupa pada benda di lam sekitar

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Komposisi warna

Keindahan

Ketepatan

Format Penilaian

Mata Pelajaran : Penjaskes

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Mempraktikan gerak menggulirkan benda

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Teknik

Kekuatan fisik

hasil

...................., .................... 20...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas I

________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi