Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 09/Lingkungan/I/ 1/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Lingkungan
Subtema : Ciri-ciri Benda
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Bahasa Indonesia | 1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana 2.3 Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana 2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai 4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas | 1.2.1 Melaksanakan tugas sesuai perintah atau petunjuk guru 2.3.2 Menebak nama benda sesuai ciri-cirinya 2.3.3 Mendeskripsikan nama benda sesuai ciri-cirinya 2.4.1 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat 2.4.2 Mendeklamasikan puisi dengan gerakan yang sesuai 4.5.1 Menulis puisi anak dengan huruf lepas |
2. | Matematika | 3.1 Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok,prisma, tabung, bola, dan kerucut) 3.2 Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya | 3.1.1 Menyebutkan macam-macam bangun ruang 3.1.2 Menghitung banyaknya sisi bangun ruang 3.1.3 Menghubungkan titik-titik untuk menggambar bangun ruang 3.1.4 Mengelompokkan benda berdasarkan bentuknya 3.1.5 Menggunting melipat dan membentuk macam-macam bangun ruang 3.2.1 Mengurutkan beberapa benda dari yang terbesar atau yang terkecil |
3 | Ilmu Pengetahuan Alam | 3.1 Mengidentifikasi bentuk benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan | 3.1.1 Mengidentifikasi benda berdasarkan warnanya 3.1.2 Mengidentifikasi benda berdasarkan baunya 3.1.3 Mengidentifikasi benda berdasarkan kasar halusnya |
4 | Seni Budaya dan Keterampilan | 1.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar | 1.1.1 Menyebutkan unsur rupa pada benda di alam sekitar |
5 | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 1.3 Memraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri | 1.3.2 Memraktikkan gerak menggulirkan bola |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Lihat Kawanku (nada lagu Lihat Kebunku) tentang bentuk-bentuk benda sambil menunjuk benda sesuai syair Inti: 2. Mnyebutkan nama bangun ruang dan banyak sisinya 3. Mengisi tabel tentang nama-nama bangun ruang 4. Mengelompokkan benda-benda berdasarkan bentuknya Penutup: 5. Membentuk bangun balok. | 25 menit 30 menit 30 menit 30 menit 50 menit | Teks lagu Lihat Kawanku Bangun-bangin ruang. Benda-benda dalam kelas Benda-benda yang berbentuk bangun rauang Gambar bangun-bangun ruang Jaring-jaring balok | |
II. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu yang berjudul berjudul Gajah ciptaan A.T. Mahmud. 2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu Inti: 3. Mengamati gambar berbagai hewan kemudian membandingkan besar kecilnya 4. Mengerjakan soal-soal tentang perbandingan besar dan kecilnya benda 5. Menghubungkan titik-titik membentuk bangun ruang Penutup: 6. Bermain membentuk berbagai benda | 30 menit 30 menit 25 menit 50 menit 40 menit | Teks lagu Gajah. Gambar-gambar benda. Benda-benda di dalam kelas. Benda-benda berbentuk bangun ruang. | |
III. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu berjudul Pelangi ciptaan A.T. Mahmud. Inti: 2. Membaca syair lagu pelagi dengan 3. Menjawab pertanyaan sesuai isi lagu. 4. Menuliskan syair lagu Pelangi dengan huruf lepas pada buku tulis. 5. Mewarnai bentuk bangun ruang sesuai petunjuk. 6. Menyebutkan warna berbagai buah dan bunga kemudian mewarnainya sesuai dengan warna aslinya. 7. Mengelompokkan benda berdasarkan warnanya kemudian menuliskannya dalam tabel Penutup: 8. Mewarnai gambar pemandangan. | 10 menit 25 menit 15 menit. 25 menit 25 menit 20 menit 20 menit 35 menit | Teks lagu Pelagi. Bangun-bangun ruang. Gambar bangun ruang. Macam-macam buah dan bunga. Gambar macam-macam buah dan bunga Gambar sketsa pemandangan. | |
IV. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu berjudul Nama-nama Bau ciptaan Pak Kasur. Inti: 2. Praktik membau untuk menyebutkan benda-benda dengan cara mencium 3. Menyebutkan bau bermacam-macam benda 4. Mengamati gambar anak melewati tempat sampah dan menjawab pertanyaan tentang gambar tersebut untuk menjelaskan cara menghindari bau tak sedap 5. Menebak nama benda berdasarkan ciri-cirinya. 6. Menyebutkan ciri-ciri benda berdasarkan gambar. Penutup: 7. Menggulirkan bola. | 20 menit 30 menit 20 menit 20 menit 15 menit 20 menit 50 menit | Teks lagu Nama-nama Bau Benda-benda( jeruk, bawang merah, bawang putih, parfum, sampo, minyak kayu outih, bunga melati, durian, udang, ikan, telor, air putih. Gamba-gambar. Bola | |
V. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu berjudul Lihat Kawanku. Inti: 2. Praktik meraba untuk membekan benda yang kasar dan yang halus. 3. Menyebutkan benda kasar atau halus. 4. Mengelompokkan benda-benda di sekitar sekolah berdasarkan kasar halusnya, kemudian menuliskannya di dalam tabel 5. Mengamati gambar benda dan menjelaskan fungsi kasar halus benda tersebut. Penutup: 6. Mendengarkan cerita berjudul Lomba Menangkap Belut | 25 menit 45 menit 20 menit 30 menit 25 menit 20 menit | Teks lagu Lihat Kawanku. Baenda-benda kasar dan halus ( Keset, handuk, kaca, plastic, kertas). Gambar-gambar. Cerita Lomba Menangkap Belut. | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Bahasa Indonesia | Tertulis Kinerja | Pilihan ganda Isian singkat Skala Penilaian | Soal Terlampir Format Penilaian terlampir |
2 | Matematika | Tertulis Kinerja Produk | Isian singkat/melengkapi Uraian terbatas Skala Penilaian Holistik | Soal Terlampir Format Penilaian terlampir |
3. | Ilmu Pengetahuan Alam | Tertulis | Pilihan ganda Isian singkat / melengkapi | Soal Terlampir |
4. | Seni Budaya dan Ketrampilan | Produk | Analitik | Format Penilaian terlampir |
5 | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | Kinerja | Skala Penilaan | Format Penilaian terlampir |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Membaca puisi debgan lafal dan intonasi yang tepat
No | Nama Siswa | Aspek penilaian | Nilai akhir | ||
Lafal | Intonasi | Keberanian | | ||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Matematika
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Mengelompokkan bebda berdasarkan bentuknya
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Ketepatan | Ketelitian | Kelengkapan | |||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Matematika
Teknik Penilaian : Produk
Indikator : Menggunting, melipat, dan membentuk macam-macam bangun ruang.
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Kerapian | Kesesuaian bentuk | Waktu | |||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Produk
Indikator : Menyebutkan unsur-unsur rupa pada benda di lam sekitar
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Komposisi warna | Keindahan | Ketepatan | |||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Penjaskes
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Mempraktikan gerak menggulirkan benda
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Teknik | Kekuatan fisik | hasil | |||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...