Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 12/Lingkungan/I/ 1/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Lingkungan
Subtema : Tata Tertib di Sekolah
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | 1.1 Memberi contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah 2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah 4.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat | 1.2.4 Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah 1.2.5 Menjelaskan manfaat hidup rukun di sekolah 2.1.7 Menjelaskan manfaat tata tertib di sekolah 2.1.8 Menyebutkan contoh tata tertib di sekolah 4.2.1 Menyebutkan contoh peraturan di jalan 4.2.2 Menjelaskan manfaat peraturan di jalan 4.2.3 Menjelaskan akibat melanggar peraturan |
2. | Bahasa Indonesia. | 3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat 3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 4.4. Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar 6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti | 3.1.3 Menyusun kata-kata menjadi kalimat 3.2.1 Membaca kalimat sederhana dengan lafal yang jelas 4.4.2 Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai 6.1.3 Menceritakan gambar seri sesuai urutan |
3 | Matematika | 1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20 2.1 Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat) 2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang | 1.3.12 Menjumlahkan dan mengurangkan 3 bilangan 1.4.3 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan 2.1.5 Menyebutkan nama-nama hari dalam seminggu secara urut 2.1.6 Melengkapi urutan nama-nama hari 2.1.7 Menghitung banyak hari dalam seminggu 2.1.8 Menyebutkan nama-nama bulan dalam setahun secara urut 2.4.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu |
4 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 1.2 Menceritakan pengalaman diri | 1.2.4 Menceritakan pengalaman dirinya yang menyedihkan |
5 | Seni Budaya dan Keterampilan | 4.1 Menampilkan permainan pola irama sederhana 9.1 Mengidentifikasi unsur elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam 9.2 Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan alam 9.3 Mengidentifikasi irama dan melodi sederhana | 4.1.1 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang sesuai 9.1.1 Membedakan bunyi alam dan buatan 9.2.1 Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyinya 9.3.1 Menyanyikan lagu dengan nada tinggi rendah dan panjang pendek |
| Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 1.3 Memraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri | 1.3.4 Memraktikkan gerak dasar menendang bola |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu berjudul Neng Neng Neng. 2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu. Inti: 3. Menuliskan urutan kegiatan-kegiatan di sekolah 4. Membaca jadwal kegiatan di sekolah 5. Menyebutkan tata tertib sekolah 6. Menuliskan tata tertib sekolah. 7. Mengamati gambar anak sedang belajar bersama di kelas. 8. Menjawab pertanyaan sesuai isi gambar. 9. Menuliskan contoh-contoh hidup rukun di sekolah. 10. Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat 11. Memasangkan gambar sesuai pasangannya. Penutup: 12. Menyanyikan lagu Bersihkan Halaman | 15 menit 20 menit 10 menit 15 menit 20 menit 15 menit 15 menit 20 menit 20 menit 15 menit 10 menit | Teks lagu Neng Neng Neng Gambar lonceng Jadwal kegiatan sekolah Tata tertib Sekolah Gambar anak sedang belajar bersama di kelas. Gambar-gambar | |
II. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Nama-Nama Hari. 2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu Inti: 3. Menyebutkan urutan nama-nama hari pada kalender 4. Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat. 5. Menuliskan urut-urutan hari ke dalam tabel 6. Melengkapi kalimat dengan nama-nama hari yang sesuai. 7. Menghitung jumlah hari dalam seminggu 8. Menyelesaikan soal cerita tentang hari Penutup: 8. Mendengarkan cerita berjudul Kuda Zebra dan Kereta Api | 20 menit 10 menit 35 menit 25 menit 25 menit 20 menit 20 menit 15 menit | Teks lagu Nama-nama hari Kalender Nama-nama hari. Soal cerita Cerita Kuda Zebra dan Kereta Api | |
III. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Nama-Nama Bulan. 2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu. Inti: 3. Menyebutkan urutan nama bulan dalam setahun secara urut. 4. Melengkapi kalimat dengan nama-nama bulan 5. Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bulan 6. Mengamati isi tabel dan melengkapi tabel 7. Melengkapi kalimat dengan nama bulan yang benar. Penutup: 8. Menyanyikan lagu Nama-Nama Bulan | 35 menit 25 menit 25 menit 25 menit 25 menit 25 menit 15 menit | Teks lagu Nama-nama Bulan. Nama-nama Bulan Teks lagu Nama-nama Bulan | |
IV. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu berjudul Bung Polisi Pengatur Lalu Lintas ciptaan Ibu Sud 2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu Inti: 3. Menceritakan gambar seri tetang tidak tertib di jalan 4. Melengkapi kaliamt dengan kata yang berhubungan dengan peraturan lalu lintas. 5. Memasangkan gambar tanda-tanda lalu lintas sesuai pasangannya. 6. Menyusun kata-kata menjadi kalimat yang benar dimulai dengan kata yang digaris bawah. 7. Membuat kalimat sesuai gambar Penutup: 8. Menendang bola. | 25 menit 20 menit 20 menit 20 menit 25 menit 25 menit 40 menit | Teks lagu Bung Polisi Pengatur Lalu Lintas. Gambar seri. Gambar rambu-rambu lalu lintas. Gambar-gambar tentang lalu lintas. Bola. | |
V. | Pembukaan: 1. Mendengarkan cerita Bermain bersama. Inti: 2. Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan dengan langkah-langkah pengerjaan. 3. Menjumlahkan dan mengurangkan tiga bilangan 4. Menjumlahkan dan mengurangkan empat bilangan Penutup: 5. Mendengarkan cerita Wini Si Beruang dan Sam si Tikus Tanah. | 15 menit 50 menit 40 menit 50 menit 20 menit | Cerita Bermain Bersama. Benda-benda di dalam kelas. Soal cerita Cerita Wini Si Beruang dan Sam Si Tikus Tanah. | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Pend. Kewarganegaraan | tertulis | Pilihan ganda
| Soal terlampir |
2. | Bhs | tertulis | Isian Singkat /melengkapi kalimat | Soal terlampir |
3. | Matematika | tertulis | Isian singkat / melengkapi kalimat Uraian terbatas, | Soal terlampir |
4. | IPS | Tertulis | Uraian terbatas | Soal terlampir |
5. | SBK | Kinerja | skala penilaian | Format penilaian terlampir |
6. | Penjaskes | kinerja | skala penilaian | Format penilaian terlampir |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang sesuai .
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Vokal | Ritme | Ekspresi | |||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Penjaskes
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Mempraktikkan gerak dasar menendang bola
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | |
Tekhnik | Kekuatan fisik | |||
| | | | |
| | | | |
| | | | |
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...