RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Lingkungan (sub tema: Tata Tertib di Sekolah)

01 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 12/Lingkungan/I/ 1/ ... - ...

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Lingkungan

Subtema : Tata Tertib di Sekolah

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

1.1 Memberi contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah

2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah

4.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat

1.2.4 Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah

1.2.5 Menjelaskan manfaat hidup rukun di sekolah

2.1.7 Menjelaskan manfaat tata tertib di sekolah

2.1.8 Menyebutkan contoh tata tertib di sekolah

4.2.1 Menyebutkan contoh peraturan di jalan

4.2.2 Menjelaskan manfaat peraturan di jalan

4.2.3 Menjelaskan akibat melanggar peraturan

2.

Bahasa Indonesia.

3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat

3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

4.4. Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar

6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti

3.1.3 Menyusun kata-kata menjadi kalimat

3.2.1 Membaca kalimat sederhana dengan lafal yang jelas

4.4.2 Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai

6.1.3 Menceritakan gambar seri sesuai urutan

3

Matematika

1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20

2.1 Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat)

2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang

1.3.12 Menjumlahkan dan mengurangkan 3 bilangan

1.4.3 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan

2.1.5 Menyebutkan nama-nama hari dalam seminggu secara urut

2.1.6 Melengkapi urutan nama-nama hari

2.1.7 Menghitung banyak hari dalam seminggu

2.1.8 Menyebutkan nama-nama bulan dalam setahun secara urut

2.4.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu

4

Ilmu Pengetahuan Sosial

1.2 Menceritakan pengalaman diri

1.2.4 Menceritakan pengalaman dirinya yang menyedihkan

5

Seni Budaya dan Keterampilan

4.1 Menampilkan permainan pola irama sederhana

9.1 Mengidentifikasi unsur elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam

9.2 Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan alam

9.3 Mengidentifikasi irama dan melodi sederhana

4.1.1 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang sesuai

9.1.1 Membedakan bunyi alam dan buatan

9.2.1 Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyinya

9.3.1 Menyanyikan lagu dengan nada tinggi rendah dan panjang pendek

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

1.3 Memraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri

1.3.4 Memraktikkan gerak dasar menendang bola

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana Sumber

Catatan Guru

I.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu berjudul Neng Neng Neng.

2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu.

Inti:

3. Menuliskan urutan kegiatan-kegiatan di sekolah

4. Membaca jadwal kegiatan di sekolah

5. Menyebutkan tata tertib sekolah

6. Menuliskan tata tertib sekolah.

7. Mengamati gambar anak sedang belajar bersama di kelas.

8. Menjawab pertanyaan sesuai isi gambar.

9. Menuliskan contoh-contoh hidup rukun di sekolah.

10. Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat

11. Memasangkan gambar sesuai pasangannya.

Penutup:

12. Menyanyikan lagu Bersihkan Halaman

15 menit

20 menit

10 menit

15 menit

20 menit

15 menit

15 menit

20 menit

20 menit

15 menit

10 menit

Teks lagu Neng Neng Neng

Gambar lonceng

Jadwal kegiatan sekolah

Tata tertib Sekolah

Gambar anak sedang belajar bersama di kelas.

Gambar-gambar

II.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Nama-Nama Hari.

2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu

Inti:

3. Menyebutkan urutan nama-nama hari pada kalender

4. Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.

5. Menuliskan urut-urutan hari ke dalam tabel

6. Melengkapi kalimat dengan nama-nama hari yang sesuai.

7. Menghitung jumlah hari dalam seminggu

8. Menyelesaikan soal cerita tentang hari

Penutup:

8. Mendengarkan cerita berjudul Kuda Zebra dan Kereta Api

20 menit

10 menit

35 menit

25 menit

25 menit

20 menit

20 menit

15 menit

Teks lagu Nama-nama hari

Kalender

Nama-nama hari.

Soal cerita

Cerita Kuda Zebra dan Kereta Api

III.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Nama-Nama Bulan.

2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu.

Inti:

3. Menyebutkan urutan nama bulan dalam setahun secara urut.

4. Melengkapi kalimat dengan nama-nama bulan

5. Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bulan

6. Mengamati isi tabel dan melengkapi tabel

7. Melengkapi kalimat dengan nama bulan yang benar.

Penutup:

8. Menyanyikan lagu Nama-Nama Bulan

35 menit

25 menit

25 menit

25 menit

25 menit

25 menit

15 menit

Teks lagu Nama-nama Bulan.

Nama-nama Bulan

Teks lagu Nama-nama Bulan

IV.

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu berjudul Bung Polisi Pengatur Lalu Lintas ciptaan Ibu Sud

2. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu

Inti:

3. Menceritakan gambar seri tetang tidak tertib di jalan

4. Melengkapi kaliamt dengan kata yang berhubungan dengan peraturan lalu lintas.

5. Memasangkan gambar tanda-tanda lalu lintas sesuai pasangannya.

6. Menyusun kata-kata menjadi kalimat yang benar dimulai dengan kata yang digaris bawah.

7. Membuat kalimat sesuai gambar

Penutup:

8. Menendang bola.

25 menit

20 menit

20 menit

20 menit

25 menit

25 menit

40 menit

Teks lagu Bung Polisi Pengatur Lalu Lintas.

Gambar seri.

Gambar rambu-rambu lalu lintas.

Gambar-gambar tentang lalu lintas.

Bola.

V.

Pembukaan:

1. Mendengarkan cerita Bermain bersama.

Inti:

2. Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan dengan langkah-langkah pengerjaan.

3. Menjumlahkan dan mengurangkan tiga bilangan

4. Menjumlahkan dan mengurangkan empat bilangan

Penutup:

5. Mendengarkan cerita Wini Si Beruang dan Sam si Tikus Tanah.

15 menit

50 menit

40 menit

50 menit

20 menit

Cerita Bermain Bersama.

Benda-benda di dalam kelas.

Soal cerita

Cerita Wini Si Beruang dan Sam Si Tikus Tanah.

III. Penilaian

No

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Pend. Kewarganegaraan

tertulis

Pilihan ganda
Isian singkat , Uraian terbatas

Soal terlampir

2.

Bhs Indonesia

tertulis

Isian Singkat /melengkapi kalimat

Soal terlampir

3.

Matematika

tertulis

Isian singkat / melengkapi kalimat

Uraian terbatas,

Soal terlampir

4.

IPS

Tertulis

Uraian terbatas

Soal terlampir

5.

SBK

Kinerja

skala penilaian

Format penilaian terlampir

6.

Penjaskes

kinerja

skala penilaian

Format penilaian terlampir

Format Penilaian

Mata Pelajaran : SBK

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang sesuai .

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Vokal

Ritme

Ekspresi

Format Penilaian

Mata Pelajaran : Penjaskes

Teknik Penilaian : Kinerja

Indikator : Mempraktikkan gerak dasar menendang bola

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai Akhir

Tekhnik

Kekuatan fisik

...................., .................... 20...

Mengetahui,

Kepala Sekolah, Guru Kelas I

________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi