Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 29/Tempat /I/ 2/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Tempat
Subtema : Aturan di Masyarakat
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | 4.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat | 4.2.3 Menjelaskan akibat melanggar peraturan 4.2.4 Menyebutkan contoh-contoh aturan yang berlaku di masyarakat 4.2.5 Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat |
2. | Bahasa Indonesia | 6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti 6.2 Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai 7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat 8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung | 6.1.1 Menceritakan isi gambar tunggal tentang peristiwa menyenangkan 6.2.1 Membaca percakapan secara berpasangan 6.2.2 Memerankan percakapan secara berpasangan 7.1.1 Membaca teks dengan lancar dan intonasi yang
8.1.1 Menuliskan kalimat sederhana dengan ejaan yang benar |
3. | Matematika | 4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan 2 angka 4.5 Menggunakan sifat operasi pertukaran dan pengelompokan | 4.4.6 Menjumlahkan 3 bilangan secara berturut-turut 4.5.1 Menggunakan sifat operasi pengelompokan untuk mempermudah penghitungan |
4. | Ilmu Pengetahuan Sosial | 2.2 Mendeskripsikan letak rumah | 2.2.3 Menyebutkan benda-benda yang ada di dalam setiap ruangan |
5. | Seni Budaya Dan Keterampilan | 8.2 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel | 8.2.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni dengan teknik menempel |
6. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 2.1 Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi berdiri | 2.1.2 Mendemonstrasikan sikap baris-berbaris dalam posisi berdiri |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan : 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Mari Bertamasya ciptaan Ibu Sud. Inti : 2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Bekal Tamasya. 3. Menjawab pertanyaan sesuai bacaan secara lengkap. 4. Melengkapi kalimat dengan kata yang berhubungan dengan ruangan-ruangan dalam rumah. 5. Melengkapi kalimat dengan kata tanya “di mana”. 6. Membuat kalimat dengan kata tanya “di mana”. 7. Memasangkan gambar benda-benda di rumah sesuai tempatnya. Penutup : 8. Mendengarkan cerita dari guru yang berjudul “Ke Taman Ria”. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “ Mari Bertamasya”. Bacaan “ Bekal tamasya”. Gambar benda-benda di rumah. Gambar ruangan-ruangan dalam rumah. Buku Tematik 1G halaman 82-87. Cerita “Ke Taman Ria”. Buku Tematik 1G Grasindo halaman 88-89. | |
II. | Pembukaan : 1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Mari Bertamasya ciptaan Ibu Sud. Inti : 2. Membaca dan menghafalkan percakapan yang berjudul Berangkat Tamasya. 3. Memerankan percakapan bersama temannya di depan kelas. 4. Mengurangkan tiga bilangan dua angka secara berturut-turut. Penutup ; 5. Melakukan baris berbaris di halaman sekolah. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Mari Bertamasya”. Teks percakapan “Berangkat Tamasya”. Buku Tematik 1G Grasindo halaman 90-95. | |
III | Pembukaan : 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Bus Kota ciptaan A.T. Mahmud. Inti : 2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Bus Kota. 3. Melengkapi kalimat berdasarkan bacaan. 4. Menceritakan gambar seri tentang pengalaman berkunjung ke suatu tempat. 5. Menyebutkan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat dengan memilih dan menanggapi gambar yang menunjukkan kegiatan di tempat umum.. Penutup : 6. Membuat bis mainan dengan menggunakan kotak odol atau kotak sabun. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Bus Kota” Bacaan “Bus Gambar-gambar kegiatan di tempat umum. Buku Tematik 1G Grasindo halaman 97-104. Kotak odol, kertas warna, gunting, lem dan uang logam. | |
IV | Pembukaan : 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Kereta Apiku ciptaan Ibu Sud. Inti : 2. Mengurutkan gambar seri tentang kegiatan di stasiun. 3. Menuliskan cerita berdasarkan gambar yang telah diurutkan. 4. Menjrlaskan tujuan antre di tempat umum berdasarkan gambar. 5. Menjelaskan akibat tidak antre. 6. Mengurangkan tiga bilangan secara berturut-turut Penutup : 7. Mendengarkan cerita dari guru yang berjudul Perjalanan Kepiting Kecil. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Kereta Apiku” Gambar seri kegiatan di stasiun. Gambar tentang antre di loket. Gambar seri kegiatan di Planetarium. Buku Tematik 1G Grasindo halaman 106-112. Cerita “Perjalana Kepiting Kecil” Buku Tematik 1G Grasindo halaman 112 – 115. | |
V. | Pembukaan : 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Nasehat Ibu ciptaan A.T. Mahmud. Inti : 2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Masuk Planetarium. 3. Melengkapi kalimat berdasarkan bacaan. 4. Mengamati gambar tentang akibat tidak mematuhi aturan. 5. Menjelaskan akibat dari tidak mematuhi aturan. Penutup : 6. Mendengarkan cerita yang berjudul sandiwara Boneka. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Nasehat Ibu”. Bacaan Masuk Planetarim. Gambar-gambar akibat tidak mematuhi aturan. Buku Tematik 1G Grasindo halaman 116-120. Cerita “Sandiwara Boneka” Buku Tematik 1G Grasindo halaman 120-122. | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | | | |
2. | Bahasa Indonesia | | | |
3. | Matematika | | | |
4. | Ilmu Pengetahuan Sosial | | | |
5. | Seni Budaya Dan Keterampilan | | | |
6. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | | | |
...................., .................... 200...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...