Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 28/Tempat /I/ 2/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Tempat
Subtema : Tempat Berbelanja
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Bahasa Indonesia | 3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti 6.3 Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana 7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat 8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung | 3.2.1 Membaca kalimat sederhana dengan lafal yang jelas 6.1.1 Menceritakan isi gambar tunggal tentang peristiwa menyenangkan 6.3.2 Mengungkapkan perasaan tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana 7.1.1 Membaca teks dengan lancar dan intonasi yang tepat 8.1.1 Menuliskan kalimat sederhana dengan ejaan yang benar 8.1.2 Menggunakan tanda baca titik dan tanda tanya dalam kalimat 8.1.3 Menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung dan ejaan yang benar |
2. | Matematika | 4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan 2 angka 4.6 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan 2 angka | 4.4.3 Mengurangkan 2 bilangan 2 angka 4.4.4 Mengurangkan 2 bilangan 2 angka dan 1 angka 4.6.3 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan 2 bilangan |
3. | Ilmu Pengetahuan Sosial | 2.1 Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga | 2.1.2 Menceritakan salah satu peristiwa penting dalam keluarga |
4. | Seni Budaya dan Keterampilan | 3.2 Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia 7.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar | 3.2.1 Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia 7.1.1 Menyebutkan warna benda di alam sekitar sesuai aslinya
|
5. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 8.1 Memraktikkan gerak lantai sederhana, serta nilai percaya diri, dan disiplin | 8.1.1 Melakukan gerak dasar senam lantai |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Ke Pekan ciptaan Pak Kasur. Inti: 2. Membaca bacaan yang berjudul Ikut ke Pasar 3. Menjawab pertanyaan bacaan dengan lengkap. 4. Mengamati gambar tentang berbelanja ke pasar tradisional. 5. Melengkapi kalimat berdasarkan gambar. 6. Mengurangkan dua bilangan dua angka dan satu angka. Pentup: 7. Mendengarkan cerita dari guru yang berjudul Harta Karun dari Kota | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Ke Pekan” Bacaan “Ikut ke Pasar” Gambar tentang suasana pasar tradisional. Buku Tematik 1G Grasindo halaman 41-47. Cerita “Harta Karun dari Buku Tematik 1G Grasindo halaman 47-51. | |
II. | Pembukaan: 1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Ke Pekan ciptaan Pak Kasur. Inti: 2. Membaca bacaan yang berjudul Ke Supermarket. 3. Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai. 4. Menceritakan gambar seri tentang berbelanja di supermarket. 5. Menuliskan cerita berdasarkan gambar seri. 6. Mengurangkan 2 bilangan 2 angka. Penutup: 7. Melakukan gerak sit up. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Ke Pekan”. Bacaan Ke Supermarket. Gambar seri berbelaja ke supermarket. Buku Tematik 1G Grasindo halaman 52-59. | |
III | Pembukaan : 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Jual Buah-buahan ciptaan Pak Dal. Inti : 2. Mengamati ganbar pasar tradisional dan pasar modern. 3. Membedakan pasar tradisional dan pasar moderen dengan memberi warna. 4. Menuliskan perbedaan pasar tradisional dan pasar modern 5. Menuliskan contoh pasar tradisional. 6. Menuliskan contoh pasar modern. 7. Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan penguranga. Penutup : 8. Mewarnai gambar pasar tradisional. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Jual Buah-buahan. Gambar pasar tradisional dan pasar modern Buku Tematik 1G Grasindo halaman 61-65 | |
IV | Pembukaan : 1. Menyanyikan lagu yang berjudul Suara Mobilku ciptaan IGTKI Pusat. Inti : 2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Pulang Belanja. 3. Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat. 4. Melengkapi kalimat dengan kata tanya “kapan” dan “berapa”. 5. Membuat kalimat dengan kata tanya “kapan” dan “berapa”. 6. Menyempurnakan kalimat dengan kata yang tepat. 7. Menulis kalimat dengan tulisan tegak bersambung. Penutup : 8. Mendengarkan cerita dari guru yang berjudul Pemarah. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu”Suara Mobil. Bacaan ”Pulang Belanja”. Buku Tematik 1G Grasindo halaman 66-70. Cerita “Pemarah” Buku Tematik 1G Grasindo halaman 71-74. | |
V. | Pembukaan : 1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Suara Mobilku ciptaan IGTKI Pusat. Inti : 2. Membaca nyaring bacaan yang berjudul Mogok. 3. Mengungkapkan perasaan suka atau tidak suka tentang suatu kejadian. 4. Mengungkapkan perasaan suka atau tidak suka berdasrkan ganbar yang diamati. 5. Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan pengurangan dua bilangan. Penutup : 6. Bermain bersama menangkap bola. | 35 menit 105 menit 35 menit | Teks lagu “Suara Mobilku” Bacaan “Mogok”. Gambar-gamabar. Buku Tematik 1G Grasindo halaman79-80. Bola | |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Bahasa Indonesia | | | |
2. | Matematika | | | |
3. | Ilmu Pengetahuan Sosial | | | |
4. | Seni Budaya dan Keterampilan | | | |
5. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | | | |
6. | | | | |
...................., .................... 200...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...