Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 02/Diri Sendiri/I/ 1/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Diri Sendiri
Subtema : Kerukunan
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit
I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator
No | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | 1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa | 1.1.1 Membedakan dan mengelompokkan teman sekelas berdasarkan jenis kelamin 1.1.2 Menyebutkan dan mengelompokkan nama teman sekelas berdasarkan agama 1.1.3 Membedakan masing-masing agama berdasarkan tempat ibadah, pemimpin, hari raya, dan kitab suci 1.1.4 Membedakan dan mengelompokkan nama teman sekelas berdasarkan suku bangsa |
2. | Bahasa Indonesia | 1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita 3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat 3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar 6.2 Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai | 1.3.1 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita 1.3.2 Menyebutkan watak tokoh-tokoh dalam cerita 3.1.1 Membaca suku kata dengan lafal yang jelas 3.1.2 Membaca kata dengan lafal yang jelas 3.2.1 Membaca kalimat sederhana dengan lafal yang jelas 4.3.1 Menuliskan huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf lepas dan tegak bersambung 6.2.1 Membaca percakapan secara berpasangan |
3. | Matematika | 1.2 Mengurutkan banyak benda | 1.2.1 Membandingkan banyak benda 1.2.2 Membandingkan 2 bilangan 1.2.3 Mengurutkan sekelompok benda 1.2.4 Mengurutkan bilangan dari terkecil ke terbesar 1.2.5 Mengurutkan bilangan dari terbesar ke terkeci |
4. | Ilmu Pengetahuan Sosial | 1.1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat | 1.1.2 Menyebutkan alamat tempat tinggal dan manfaatnya 1.1.3 Menyebutkan agama yang dianutnya 1.1.4 Menyebutkan agama yang dianut dalam keluarganya 1.1.5 Menyebutkan agama-agama yang ada di Indonesia 1.1.6 Mempelajari berbagai perayaaan keagamaan |
5. | Seni Budaya dan Keterampilan | 2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif 4.4 Melafalkan lagu anak-anak | 2.1.1 Mewarnai gambar dengan warna yang sesuai 4.4.1 Menyanyikan salah satu lagu anak-anak |
6. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | 3.1 Mempraktikkan gerak keseimbangan statis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin | 3.1.1 Melakukan permainan secara berpasangan untuk melatih keseimbangan |
II. Kegiatan Belajar
Hari / Tanggal | Kegiatan Belajar | Waktu | Sarana Sumber | Catatan Guru |
I. | Pembukaan: 1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Dua Mata Saya. Inti 2. Membaca, suku kata, kata dan kalimat sederhana penekanan huruf d dan h. 3. Melengkapi kalimat sederhana sesuai gambar. 4. Menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung. 5. Menuliskan kembali kata-kata yang diucapkan oleh guru. Penutup 6. Menyanyikan lagu yang berjudul Irdam Temanku ciptaan A.T. Mahmud | 35 menit 35 menit 35 menit 35 menit 35 menit | Teks lagu Dua Mata Saya. Kartu huruf, suku kata dan kata. Ganbar-gambar Teks Lagu Irdam Temanku | |
II. | Pembukaan: 1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Irdam Temanku. Inti 2. Melengkapi kalimat berdasarkan gambar untuk menjelaskan perbedaan jenis kelamin. 3. Menuliskan nama teman-teman sekelas berdasarkan jenis kelamin 4. Menirukan percakapan yang diperankan/diucapkan guru. 5. Bermain mencari alamat dengan mewarnai jalan sesuai alamat yang dituju. 6. Menunjukkan jalan menuju sekolah. Penutup 7. Menggambar jalan menuju sekolah. | 35 menit 35 menit 35 menit 35 menit 35 menit 35 menit | Teks Lagu Irdam Temanku Gambar anak laki-laki dan anak perempuan. Anak-anak di dalam kelas. Komik Gambar jalan Gambar sekolah dan rumah | |
III. | Pembukaan: 1. Mendengarkan cerita dari guru yang berjudul Beribadah. 2. Bertanya jawab tentang isi cerita. Inti 3. Mewarnai jalan menuju tempat ibadah dengan warna yang berbeda. 4. Memasangkan gambar pemimpin ibadah sesuai pasangannya. 5. Menulis kalimat sederhana dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung. Penutup. 6. Mewarnai gambar anak sedang berdoa. | 35 menit 35 menit 35 menit 35 menit 35 menit | Cerita Beribadah Gambar tempat-tempat ibadah dan pemimpin ibadah. Kalimat sederhana. Gambar anak sedang berdoa. | |
IV. | Pembukaan: 1. Mendengarkan cerita dari guru yang berjudul Lebaran. 2. Bertanya jawab tentang isi cerita. Inti 3. Menentukan kitab suci suatu agama dengan cara menarik garis. 4. Menentukan hari raya suatu agama dengan cara menarik garis. Penutup 5. Bermain Si Buta dan Si Pincang. | 35 menit 35 menit 35 menit 35 menit 35 menit | Cerita tentang Lebaran Kitab suci suatu agama. Pengalaman anah saat merayakan hari raya agamanya. Teknik permainan. | |
V. | Pembukaan: 1. Menyanyikan lagu Satu, Dua, Tiga. Empat ciptaan Pak Kasur. Inti 2. Membandingkan sekelompok benda. 3. Mewarnai kotak kata sesuai gambar untuk menunjukkan lebih banyak , lsama banyak, atau lebih sedikit 4. Mengurutkan banyak benda dari yang paling sedikit dan sebaiknya. 5. Mengurutkan gambar dari yang paling sedikit dan sebaliknya, 6. Mengurutkan lambang bilangan dari yang paling kecil dan sebaliknya. 7. Melengkapi table sesuai urutannya. Penutup 8. mendengarkan cerita yang berjudul Sepatu Bot Agus. | 35 menit 35 menit 35 menit 35 menit 35 menit | Teks llagu Satu, Dua, Tiga, Empat. Benda-benda dalam kelsa (Kelereng) Bilangan 1-10 Cerita Sepatu Bot Agus. |
III. Penilaian
No | Mata Pelajaran | Penilaian | Keterangan | |
Bentuk | Teknik | |||
1. | Pendidikan Kewarganegaraan | Tertulis Kinerja | Pilihan Ganda Isian singkat Uraian terbatas Skala Penilaian | Soal terlampir Format penilaian terlampir |
2. | Bahasa Indonesia | Tertulis Kinerja | Isian singkat Melengkapi kalimat Uraian terbatas Skala Penilaian | Soal terlampir Format penilaian terlampir |
3. | Matematika | Tertulis | Pilihan ganda Isian singkat | Soal terlampir |
5. | Ilmu Pengetahuan Sosial | Tertulis Kinerja | Pilihan ganda Isian Uraian terbatas Skala Penilaian | Soal terlampir Format penilaian terlampir |
6. | Seni Budaya dan Ketrampilan | Produk Kinerja | Analitik Skala Penilaian | Format penilaian terlampir |
7. | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | Kinerja | Skala Penilaan | Format penilaian terlampir |
Format Penilaian
Mata Pelajaran : PKn
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Mendata teman sekelas berdasarkan laki-laki dan [erempuan
No | Nama Siswa | Aspek Penilana | |
Kelengkapan | Kebenaran | ||
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Membaca kata dengan lafal yang jelas
No | Nama Siswa | Aspek penilaian | Nilai akhir | ||
Lafal | Intonasi | Kebenaran | |||
Mata Pelajaran : IPS
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Melakukan permainan mencari jalan dengan car mewarnai
No | Nama Siswa | Aspek Penilana | |
Kerapian | Kebenaran | ||
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Menyanyikan salah satu lagu anak-anak
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Keberanian | ekspresi | vokal | |||
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Produk
Indikator : Mewarnai gambar anak yang sedang berdoa
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Kerapian | Komposisi warna | Kesesuaian | |||
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Penjaskes
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Melakukan permainan secara berpasangan untuk melatih keseimbangan
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Nilai Akhir | ||
Kerjasama | Percaya diri | kedisiplinan | |||
...................., .................... 20...
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________
0 comments
Post a Comment
Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...