RPP Kelas 1 Tema Diri Sendiri (sub tema: Kerukunan)

01 February, 2010


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. : 02/Diri Sendiri/I/ 1/ ... - ...
Satuan Pendidikan :
Kelas : I
Tema : Diri Sendiri
Subtema : Kerukunan
Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.
Pendidikan Kewarganegaraan
1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
1.1.1 Membedakan dan mengelompokkan teman sekelas berdasarkan jenis kelamin
1.1.2 Menyebutkan dan mengelompokkan nama teman sekelas berdasarkan agama
1.1.3 Membedakan masing-masing agama berdasarkan tempat ibadah, pemimpin, hari raya, dan kitab suci
1.1.4 Membedakan dan mengelompokkan nama teman sekelas berdasarkan suku bangsa
2.
Bahasa Indonesia
1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
6.2 Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai
1.3.1 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
1.3.2 Menyebutkan watak tokoh-tokoh dalam cerita
3.1.1 Membaca suku kata dengan lafal yang jelas
3.1.2 Membaca kata dengan lafal yang jelas
3.2.1 Membaca kalimat sederhana dengan lafal yang jelas
4.3.1 Menuliskan huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf lepas dan tegak bersambung
6.2.1 Membaca percakapan secara berpasangan
3.
Matematika
1.2 Mengurutkan banyak benda
1.2.1 Membandingkan banyak benda
1.2.2 Membandingkan 2 bilangan
1.2.3 Mengurutkan sekelompok benda
1.2.4 Mengurutkan bilangan dari terkecil ke terbesar
1.2.5 Mengurutkan bilangan dari terbesar ke terkeci
4.
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat
1.1.2 Menyebutkan alamat tempat tinggal dan manfaatnya
1.1.3 Menyebutkan agama yang dianutnya
1.1.4 Menyebutkan agama yang dianut dalam keluarganya
1.1.5 Menyebutkan agama-agama yang ada di Indonesia
1.1.6 Mempelajari berbagai perayaaan keagamaan
5.
Seni Budaya dan Keterampilan
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
4.4 Melafalkan lagu anak-anak
2.1.1 Mewarnai gambar dengan warna yang sesuai
4.4.1 Menyanyikan salah satu lagu anak-anak
6.
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
3.1 Mempraktikkan gerak keseimbangan statis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
3.1.1 Melakukan permainan secara berpasangan untuk melatih keseimbangan

II. Kegiatan Belajar

Hari / Tanggal
Kegiatan Belajar
Waktu
Sarana Sumber
Catatan Guru
I.
Pembukaan:
1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Dua Mata Saya.
Inti
2. Membaca, suku kata, kata dan kalimat sederhana penekanan huruf d dan h.
3. Melengkapi kalimat sederhana sesuai gambar.
4. Menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung.
5. Menuliskan kembali kata-kata yang diucapkan oleh guru.
Penutup
6. Menyanyikan lagu yang berjudul Irdam Temanku ciptaan A.T. Mahmud
35 menit
35 menit
35 menit
35 menit
35 menit
Teks lagu Dua Mata Saya.
Kartu huruf, suku kata dan kata.
Ganbar-gambar
Teks Lagu Irdam Temanku
II.
Pembukaan:
1. Menyanyikan kembali lagu yang berjudul Irdam Temanku.
Inti
2. Melengkapi kalimat berdasarkan gambar untuk menjelaskan perbedaan jenis kelamin.
3. Menuliskan nama teman-teman sekelas berdasarkan jenis kelamin
4. Menirukan percakapan yang diperankan/diucapkan guru.
5. Bermain mencari alamat dengan mewarnai jalan sesuai alamat yang dituju.
6. Menunjukkan jalan menuju sekolah.
Penutup
7. Menggambar jalan menuju sekolah.
35 menit
35 menit
35 menit
35 menit
35 menit
35 menit
Teks Lagu Irdam Temanku
Gambar anak laki-laki dan anak perempuan.
Anak-anak di dalam kelas.
Komik
Gambar jalan
Gambar sekolah dan rumah
III.
Pembukaan:
1. Mendengarkan cerita dari guru yang berjudul Beribadah.
2. Bertanya jawab tentang isi cerita.
Inti
3. Mewarnai jalan menuju tempat ibadah dengan warna yang berbeda.
4. Memasangkan gambar pemimpin ibadah sesuai pasangannya.
5. Menulis kalimat sederhana dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung.
Penutup.
6. Mewarnai gambar anak sedang berdoa.
35 menit
35 menit
35 menit
35 menit
35 menit
Cerita Beribadah
Gambar tempat-tempat ibadah dan pemimpin ibadah.
Kalimat sederhana.
Gambar anak sedang berdoa.
IV.
Pembukaan:
1. Mendengarkan cerita dari guru yang berjudul Lebaran.
2. Bertanya jawab tentang isi cerita.
Inti
3. Menentukan kitab suci suatu agama dengan cara menarik garis.
4. Menentukan hari raya suatu agama dengan cara menarik garis.
Penutup
5. Bermain Si Buta dan Si Pincang.
35 menit
35 menit
35 menit
35 menit
35 menit
Cerita tentang Lebaran
Kitab suci suatu agama.
Pengalaman anah saat merayakan hari raya agamanya.
Teknik permainan.
V.
Pembukaan:
1. Menyanyikan lagu Satu, Dua, Tiga. Empat ciptaan Pak Kasur.
Inti
2. Membandingkan sekelompok benda.
3. Mewarnai kotak kata sesuai gambar untuk menunjukkan lebih banyak , lsama banyak, atau lebih sedikit
4. Mengurutkan banyak benda dari yang paling sedikit dan sebaiknya.
5. Mengurutkan gambar dari yang paling sedikit dan sebaliknya,
6. Mengurutkan lambang bilangan dari yang paling kecil dan sebaliknya.
7. Melengkapi table sesuai urutannya.
Penutup
8. mendengarkan cerita yang berjudul Sepatu Bot Agus.
35 menit
35 menit
35 menit
35 menit
35 menit
Teks llagu Satu, Dua, Tiga, Empat.
Benda-benda dalam kelsa (Kelereng)
Bilangan 1-10
Cerita Sepatu Bot Agus.

III. Penilaian

No
Mata Pelajaran
Penilaian
Keterangan
Bentuk
Teknik
1.
Pendidikan Kewarganegaraan
Tertulis
Kinerja
Pilihan Ganda
Isian singkat
Uraian terbatas
Skala Penilaian
Soal terlampir
Format penilaian terlampir
2.
Bahasa Indonesia
Tertulis
Kinerja
Isian singkat
Melengkapi kalimat
Uraian terbatas
Skala Penilaian
Soal terlampir
Format penilaian terlampir
3.
Matematika
Tertulis
Pilihan ganda Isian singkat
Soal terlampir
5.
Ilmu Pengetahuan Sosial
Tertulis
Kinerja
Pilihan ganda
Isian
Uraian terbatas
Skala Penilaian
Soal terlampir
Format penilaian terlampir
6.
Seni Budaya dan Ketrampilan
Produk
Kinerja
Analitik
Skala Penilaian
Format penilaian terlampir
7.
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kinerja
Skala Penilaan
Format penilaian terlampir


Format Penilaian
Mata Pelajaran : PKn
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Mendata teman sekelas berdasarkan laki-laki dan [erempuan
No
Nama Siswa
Aspek Penilana
Kelengkapan
Kebenaran
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Membaca kata dengan lafal yang jelas
No
Nama Siswa
Aspek penilaian
Nilai akhir
Lafal
Intonasi
Kebenaran
Mata Pelajaran : IPS
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Melakukan permainan mencari jalan dengan car mewarnai
No
Nama Siswa
Aspek Penilana
Kerapian
Kebenaran
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Menyanyikan salah satu lagu anak-anak
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Nilai Akhir
Keberanian
ekspresi
vokal
Format Penilaian
Mata Pelajaran : SBK
Teknik Penilaian : Produk
Indikator : Mewarnai gambar anak yang sedang berdoa
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Nilai Akhir
Kerapian
Komposisi warna
Kesesuaian
Format Penilaian
Mata Pelajaran : Penjaskes
Teknik Penilaian : Kinerja
Indikator : Melakukan permainan secara berpasangan untuk melatih keseimbangan
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Nilai Akhir
Kerjasama
Percaya diri
kedisiplinan
...................., .................... 20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Kelas I
________________ _______________

0 comments

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi