RPP Kelas 1 Format Matriks Tema Kesehatan (sub tema: Air Bersih dan Udara Sehat)

01 February, 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. : 16/Kebersihan dan Kesehatan /I/ 1/ .....- ......

Satuan Pendidikan :

Kelas : I

Tema : Kebersihan dan Kesehatan

Subtema : Air Bersih dan Udara yang Sehat

Waktu : 5 hari x 5 x 35 menit

I. Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, dan Indikator

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

1.

Pendidikan Kewarganegaraan

1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah

1.3.1 Menerapkan hidup rukun di rumah

2.

Bahasa Indonesia

1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa

1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita

3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar

6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti

1.1.4 Menceraikan kata berdasarkan suku kata

1.3.1 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita

1.3.2 Menyebutkan watak tokoh-tokoh dalam cerita

1.3.3 Melengkapi kalimat berdasarkan cerita

3.2.2 Membaca teks pendek dengan suara nyaring

4.4.3 Melengkapi kalimat berdasarkan gambar

6.1.3 Menceritakan isi gambar seri sesuai urutan

3.

Ilmu Pengetahuan Alam

1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, dan lingkungan sehat)

1.3 Membiasakan hidup sehat

2.2 Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat

1.2.7 Membedakan air kotor dan air bersih

1.2.8 Menyebutkan syarat air minum yang sehat

1.2.9 Menjelaskan akibat menggunakan air kotor

1.2.10 Membedakan udara bersih dan udara kotor

1.2.11 Menjelaskan pengaruh udara kotor bagi kesehatan

1.3.8 Menjelaskan cara menjaga kesehatan tubuh

1.3.9 Menjelaskan penyebab penyakit

2.2.1 Menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat

2.2.2 Menyebutkan ciri-ciri lingkungan tidak sehat

4.

Ilmu Pengetahuan Sosial

1.3 Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga

1.3.1 Menyebutkan bentuk kasih sayang orang tua kepada anak

5.

Seni Budaya dan Keterampilan

2.2 Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/ menyobek

2.2.1 Mengekspresikan diri melalui menggunting, menempel, dan membentuk

6.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

1.1 Memraktikan gerak dasar jalan, lari, dan lompat dalam permainan sederhana serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri

1.1.3 Memraktikkan gerakan lari dan melompat

II. Kegiatan Belajar

Hari/Tanggal

Kegiatan Belajar

Waktu

Sarana/Sumber

Catatan Guru

I

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Bangun Tidur

Inti:

2. Mengamati gambar air bersih dan air kotor kemudian menyebutkan cirri-cirinya

3. Percobaan untuk menunjukkan asal air

4. Menuliskan cirri-ciri air bersih dan air kotor ke dalam tabel

5. Menceritakan gambar berseri

6. Menjawab pertanyaan sesuai gambar

7. Mendengarkan cerita Sakit Perut dan pertanyaan berdasarkan cerita

Penutup:

8. Melengkapi kalimat

10 menit

25 menit

60 menit

45 menit

35 menit

Lagu Bangun Tidur

Gambar air bersih dan air kotorani

Berbagai tempat, misalnya got, sungai, ledeng, dan bekas cucian

Gambar seri

Cerita Skit perut

II

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Hujan dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu

Inti:

2. Mengamati gambar tentang penyebab penyakit dan menjelaskannya

3. Memasangkan gambar yang sesuai

4. Membaca bacaan Main Hujan-Hujanan dan menjawab pertanyaan bacaan

5. Menceraikan kata berdasarkan suku katanya

6. Membuat kalimat dengan kata yang telah tersedia

Penutup:

7. Bermain Berjalan dalam Becekan

35 menit

105 menit

35 menit

Lagu Hujan

Gambar, bacaan, kartu huruf, buku Tematik 1d Grasindo hal 119 – 122

Halaman sekolah,

III

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Rumahku dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi lagu

Inti:

2. Membaca bacaan Lingkungan Sehat

3. Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat

4. Mengamati gambar lingkungan sehat dan menjelaskan cirri-cirinya

Penutup:

5. Membuat origami rumah

35 menit

105 menit

35 menit

Lagu Rumahku,

Bacaan berjudul Lingkungan Sehat Gambar lingkungan Rumah

Yang bersih dan sehat

Kertas karton atau bufalo atau kertas lipat

IV

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Rumahku

Inti:

2. Mengamati gambar lingkungan sehat dan tidak sehat

3. Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat

4. Menuliskan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat ke dalam tabel

5. Menjawab pertanyaan berdasrkan gambar

6. Mewarnai gambar lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat

7. Membuat kalimat dengan kata yang sudah ditentukan

Penutup:

8. Bermain (berlari dan melompat)

20 menit

120 menit

35 menit

Lagu Rumahku

Gambar lingkungn sehat dan tidak sehat

Halaman sekolah

4 roncean tali karet yang panjangnya masing-masing

2 meter

V

Pembukaan:

1. Menyanyikan lagu Anak Sehat

Inti:

2. Membaca bacaan berjudul Jalil Sakit

3. Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan

4. Menjelaskankan gambar berseri

5. Menceritakan gambar

Penutup:

6. Mendengarkan cerita Oma Ami pencinta Lingkungan

20 menit

125 menit

30 menit

Lagu Anak Sehat

Bacaan Jalil Sakit

Gambar seri

Roncean tali karet panjan 2 meter

Cerita berjudul

Oma Ami pencinta Lingkunga


III. Penilaian

No.

Mata Pelajaran

Penilaian

Keterangan

Bentuk

Teknik

1.

Pend. Kewarganegaraan

tertulis

isian singkat

terlampir pada RPP sub tema kebersihan tubuh

2.

Bhs Indonesia

kinerja

tertulis

skala penilaian

isian singkat/melengkapi kalimat

terlampir pada RPP sub tema kebersihan tubuh

3.

IPA

tertulis

isian singkat, uraian terbatas, pilihan ganda

terlampir pada RPP sub tema kebersihan tubuh

4.

IPS

kinerja

skala penilaian

Format dan aspek penilaian terlampir

5.

SBK

produk

skala penilaian

Format dan aspek penilaian terlampir

6.

Penjaskes

kinerja

skala penilaian

Format dan aspek penilaian terlampir

……………………., ………20….

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Kelas 1

__________________ __________________


2 comments

dit said...

semoga sukses...!
www.asetfinansial.com/halal

2 February 2010 at 06:53

Post a Comment

Jika berkenan, tinggalkan comment anda di sini!!! Terima kasih...

Terbanyak Dikunjungi